Zaman Batu-Perkembangan Kehidupan Manusia Pada Zaman Batu

Posted on

Gurusekolah.co.id-Pada kesempatan kali ini kita akan membahas  tentang zaman batu meliputi perkembangan kehidupan manusia secara singkat dan jelas

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini :

zaman batu

Pengertian

Zaman Batu merupakan zaman praaksara/prasejarah yang alat-alatnya dibuat dari batu di samping kayu dan tulang, saat itu belum dikenal adanya logam. Bukti tertua untuk zaman ini yaitu alat dari batu yang berusia sekitar 3,4 juta tahun yang lalu di Ethiopia. Sedangkan berakhirnya zaman ini dimulai saat manusia mulai mengenal teknik mengolah logam.

Secara umum, konsep pada zaman itu memiliki periode yang ambigu dan tergantung dari daerahnya. Ada sebagian wilayah yang mungkin belum berkembang seperti wilayah lainnya.

zaman batu

Zaman ini dapat dibagi menjadi  beberapa periode, antara lain:

  • Batu Tua (Paleolithikum)

Pada zaman ini masyarakatnya belum memiliki rasa estetika saat membuat alat-alat dari batu sehingga bentuknya tidak beraturan dan kasar. Mereka juga belum dapat bercocok tanam sehingga memperoleh makan dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan dari alam.

Manusia di zaman ini hidup secara nomaden atau berpindah-pindah dan secara berkelompok. Biasanya tinggal di dekat sumber air dan sudah mengenal api.

  • Batu Tengah (Mesolithikum)

Pada zaman ini alat-alat batu yang dibuat sudah memiliki bentuk yang beraturan dengan tekstur yang lebih halus. Mereka masih belum dapat bercocok tanam karena peralatan yang ada belum bisa digunakan untuk menggemburkan tanah. Manusia pada zaman ini disebut telah tinggal menetap untuk sementara waktu serta ada bukti gua yang digunakan sebagai tempat tinggal.

  • Batu Muda (Neolithikum)

Pada zaman ini disebut juga sebagai masa bercocok tanam. Saat ini alat-alat manusia sudah diasah lebih halus dan indah. Ditemukan juga pakaian yang terbuat dari kulit. Selain itu, beberapa alat yang dihasilkan misalnya kapak persegi, kapak batu, periuk belaga, dan perhiasan berupa gelang dan kalung.

  • Kebudayaan Megalith

Sebelum beralih ke zaman logam, berkembang lebih dulu kebudayaan megalith yaitu kebudayaan yang menggunakan batu-batu besar. Kebudayaan ini tetap berkembang pada zaman logam. Beberapa bukti hasil kebudayaan Megalith antara lain menhir (tugu batu), dolmen (meja batu), sarchopagus (peti mati), punden berundak, kubur batu, dan arca atau patung batu.

Itulah penjelasan singkat dan jelas yang bisa gurusekolah.co.id sampaikan semoga makalah ini dapat bermanfaat. Terima Kasih

Artikel Lainnya :