Tujuan Budi Utomo – Sejarah, Latar Belakang, Profil, Perkembangan

Posted on

GuruSekolah.co.id – Pada kesempatan kali ini kita akan memahas tentang materi pembelajaran tujuan budi utomo.  kita akan membahas dengan singkat dari  sejarah,  latar belakang dan perkembangannya sehingga dapat dipahami dengan baik.

tujuan budi utomo

Profil Budi Utomo

budi utomo
budi utomo
  • Nama : Dr.Soetomo
  • Tanggal lahir : 30 juli 1888
  • Tempat kelahiran : Desa ngepeh, Loceret, Nganjuk,  Jawa timur
  • Wafat : 30 Mei 1938 pada umur (49) di surabaya jawa timur
  • Negara kebangsaan : Indonesia (Hindia Belanda)
  • Riwayat Pendidikan    : STOVIA (School tot opleiding van inlandsche arsen)
    Batavia- sekolah dokter untuk anak-anak pribumi Hindia Belanda  1903-1911, pada tahun 1919 s/d 1923, Dr.soetomo melanjutkan studi nya di belanda jurusan kedokteran
  • Pekerjaan : Bekerja sebagai dokter pemerintah diberbagai daerah di jawa dan sumatra sejak tahun 1911.
  • Keluarga : Dr.Soetomo menikah pada tahun 1917 dengan seorang perawat Belanda.
  • Organisasi : Pada tahun 1924 di surabaya Dr.Soetomo mendirikan indonesian study club ( Dalam bahasa Belanda indonesische studie Club atau Kelompok Studi Indonesia)
    Pada Tahun 1930 Dr.soetomo mendirikan Partai Bangsa Indonesia
    Pada Tahun 1935 Dr.soetomo mendirikan Parindra (Partai Indonesia Raya).

Penjelasan Lengkap Tentang Budi Utomo

Budi utomo adalah suatu organisasi pemuda dan pendirinya adalah Dr.soetomo dan mahasiswa STOVIA yang bernama Soeradji  serta Goenawan Mangoenkoesoemo yang didirikan pada tanggal 20 mei 1908.

Penggagasnya adalah Dr. Wahidin sudirohusodo. Organisasi ini tidak bersifat politik tetapi melainkan bersifat sosial,ekonomi, dan kebudayaan.

Gerakan berdirinya budi utomo bertujuan meraih kemerdekaan indonesia, walaupun pada saat itu organisasi ini ditujukan bagi golongan yang berpendidikan jawa saja, Saat ini tanggal berdirinya budi utomo, 20 mei diperingati sebagai hari kebangkitan nasional.

Sejarah Singkat

Pada pukul 9 pagi, bertempat salah satu ruang belajar STOVIA, Pada hari minggu 20 Mei 1908, Dr.Soetomo menjelaskan ide dan gagasannya.

Beliau menyatakan bahwa masa depan bangsa dan tanah air ada ditangan mereka. Maka terlahirlah Boedi Oetomo. Namun, para mahasiswa kedokteran menyadari bahwa tugas mereka masih banyak.

Disamping harus berorganisasi. Pada waktu itu mereka berpendapat bahwa “kaum tua” yang harus memimpin Budi utomo, dan para pemuda itu sendiri yang akan menjadi motor penggerak organisasi tersebut.

Beberapa kali sepuluh tahun pertama budi utomo mengalami pergantian pemimpin organisasi. memang para pemimpin kebanyakan berasal dari kalangan “priyayi” atau para bangsawan dari kalangan keraton, seperti Pangeran Ario Noto Dirotjo dari Keraton Pakualam, Raden Adipati Tirtokoesoemo, Serta Mantan Bupati Karanganyar,

Tujuan Budi Utomo

Tujuan yang paling utama budi utomo adalah Kemajuan yang selaras untuk bangsa dan negara, terutama dengan memajukan pengajaran, pertanian, perdagangan, peternakan, serta teknik dan industri, ilmu pengetahuan dan seni budaya bangsa indonesia.

Latar Belakang

Pada dasarnya organisasi ini dilatarbelakangi oleh 3 hal umum sebagai berikut :

  • Semakin banyaknya atau tingginya angka kesadaran masyarakat yang ingin bersatu
  • Semakin meningkatnya semangat bangsa indonesia ingin menjadi negara yang merdeka
  • Semakin banyak juga orang-orang pintar dan terpelajar di indonesia.

Perkembangan Organisasi

Pada waktu itu budi utomo mengalami fase perkembangan penting pada waktu kepemimpinan Pangeran Noto Dirotjo.

Seorang Indo-Belanda yang bernama Douwes Dekker saat itu sangat properjuangan bangsa indonesia, dengan mewujudkan terus terang kata “politik” ke dalam tindakan yang nyata.

Dengan pengaruhnya beliau pengertian mengenai ‘Tanah Air Indonesia’ sehingga makin lama bisa diterima dan masuk dalam pemahaman orang jawa.

Sehingga muncullah Indische Partij yang sangat lama dipersiapkan oleh Douwes Dekker dengan aksi persnya.

Itulah materi makalah lengkap tentang sejarah dan tujuan budi utomo yang dapat GuruSekolah.co.id sampaikan. Semoga Bermanfaat…

Related posts: