Tokoh Pergerakan Nasional

Posted on

GuruSekolah.co.id –Pada kesempatan kali ini akan membahas materi tentang tokoh pergerakan nasional dan  juga tokoh – tokoh pahlawan pergerakan nasional indonesia secara singkat dan jelas.

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini :

tokoh pergerakan nasional

1. Dr. Wahidin Sudiro khususo (1857-1917)

Wahidin Sudirohusodo adalah pendiri Budi Utomo. Wahidin Sudirohusodo (1857-1917) adalah inspirasi untuk pembentukan organisasi modern pertama priyaya Jawa.

Dia adalah lulusan sekolah kedokteran Jawa, yang juga bekerja sebagai dokter negara di Yogyakarta hingga 1899. Pada 1901, ia menjadi editor Retna Dhoemilah’s Glittering Ratna.

2. Dr. Sutomo

Sutomo adalah Ketua Budi Utomo.

3. H. Omar Said Kokroaminototo

H.O. Cokroaminoto adalah ketua Sarekat Islam (SI). Mengubah SDI ke SI tidak terlepas dari pemahaman luas Haji Oemar Said Kokroaminototo tentang SI sebagai kekuatan pendorong.

Dia adalah lulusan OSVIA yang menyulap massa tradisional orang-orang yang meramalkan bahwa dia adalah Ratu Kehakiman, “raja yang adil”, mungkin Prabu Herukakra, nama yang sama dengan Kokroaminoto yang menebus Chakra, Kokroaminoto. Ratu Adil adalah orang yang lama ditunggu-tunggu.

Tokoh - Tokoh Pergerakan Nasional

4. H. Samanhudi

H. Samanhudi adalah pendiri Islam, Sarekat Dadang.

5. H. Agus Salim

H. Agus Salim adalah tokoh terkemuka dalam sekte Islam putih.

Lihat juga: Tugas dan sejarah Budi Utomo, latar belakang, profil, pengembangan

6. Tiga serangkai, yaitu: Cipto Mangunkusumo, Douwes Dekker, serta Suwardi Suryaningrat.

Mereka adalah pendiri Indische Partij (IP)

7. R.M. Noto Suroto

Marinir Inggris Noto Suroto adalah salah satu pelopor dalam pembentukan Asosiasi Indonesia, serta manifesto politik.

Korps Marinir Inggris Noto Suroto adalah putra Pangeran Notodirojo dari keluarga Sri Pak Alam di Yogyakarta. Dia lahir pada 1888, dan ketika asosiasi itu didirikan, dia baru berusia 20 tahun.

Dia adalah seorang penulis yang terampil, tetapi juga pro-Belanda, sehingga pada tahun 1924 dia dikeluarkan dari Vereeniging Indonesia.

Penggunaan kata Indonesia pada awalnya merupakan konsep akademis murni yang dihidupkan kembali oleh Indische Vereeniging.

Mereka menggunakan nama Indonesia dan bukannya kata-kata yang dianggap menghina; Holland-India (India), dan kata yang menjengkelkan adalah “inlander” (asli).

8. Ir. Sukarno

Ir. Sukarno ia adalah pembicara yang berpengalaman, serta pelopor organisasi PNI.

9. Muhammad the Hutt

10. Sutan Sahrir

11. Muhammad Husni Tamrin

Lumut. Husni Tamrin – seorang tokoh yang dikenal karena perjuangannya di Wolsraad.

12. Muhammad Yamin

13.K.Kh. Ahmad Dahlan

K.H. Ahmad Dahlan (1868-1923) bernama Mohammed Darvis. Pada 18 November 1912, seorang pedagang batik mendirikan sebuah organisasi bernama Muhammadiya.

Pada awalnya K.Kh. A. Dahlan sendiri mengarahkan berbagai jenis pekerjaan, seperti Tablig, mengajar di sekolah-sekolah Muhammadiyah, mengarahkan membaca, dan juga mengumpulkan pakaian untuk orang miskin.

14. R.A. Kartini

Raden Ajeng Kartini adalah pejuang untuk pembebasan wanita Indonesia. Dilahirkan pada tanggal 21 April 1879, Raden Adzheng Kartini adalah keturunan bangsawan Jawa, putri Bupati Dzhepara, bernama Raden Mas Sosroningrat. Royal Academy of Kartini adalah pejuang emansipasi wanita, pikirannya terkandung dalam buku “Setelah Kegelapan Cahaya”.

15. Gaji Rudolf Supratman

16. Devi Sartika

17. Maria Valanda Maramis

Gurusekolah.co.id-Demikian pembahasan lengkap mengenai tentang Tokoh – Tokoh Pahlawan Pergerakan Nasional di Indonesia. Semoga yang telah disampaikan dapat  menambah semangat perjuangan kita sebagai penerus bangsa. Terimakasih.

Artikel Lainnya:

Sarekat Dagang Islam-Sejarah Dan Tujuan Sarekat Islam

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran Secara Lengkap

Konferensi Asia Afrika-Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Tujuan serta Isi