Tips Merawat Burung Koreak Untuk Pemula

Burung koreak atau yang lebih dikenal dengan burung hantu merupakan salah satu hewan yang cukup populer di Indonesia. Dari sekian banyak jenis burung, burung hantu bisa dibilang cukup unik. Yang mana burung hantu merupakan hewan malam yang sering dianggap memiliki nilai mistis. 

Meski demikian, hal ini tidak menghentikan niat orang untuk memelihara buruhun saja. 

Nah, berikut merupakan beberapa cara tepat merawat burung hantu. ng hantu di rumah. Burung hantu yang dipelihara di rumah hanya bisa hidup maksimal 10 tahun seperti yang dilansir dari kacer.co.id.

Cara Merawat Burung Koreak

  1. Beli Burung yang Masih Kecil

Cara memelihara burung koreak yang pertama adalah memilih burung hantu yang masih kecil. Sebab burung yang masih kecil cenderung lebih mudah dilatih dan dijinakkan. Jadi ketika sudah dewasa Anda tidak perlu memberi makan burung hantu dengan daging. Cukup dengan serangga seperti jangkrik, burung hantu peliharaan Anda dijamin merasa kenyang dan sehat. 

  1. Sediakan Perching di Kandang

Perching mampu membuat burung hantu merasa nyaman saat berada di dalam kandang. Burung hantu kecil biasanya akan membangun perching di dalam kandang. Pastikan kadang luas dan tinggi akar burung hantu tidak merasa stres. Jika sudah dewasa dan terlatih burung hantu bisa diletakkan di luar kandang hanya menggunakan perching.

  1. Jangan Dijemur di Bawah Sinar Matahari Langsung

Cara memelihara burung hantu selanjutnya adalah menghindari kontak langsung dengan sinar matahari. Burung koreak cenderung aktif di malam hari dan menggunakan waktu siang untuk beristirahat. Jadi pastikan burung hantu selalu berada di dalam kandang saat matahari sudah tinggi. Selain itu pastikan untuk tidak memandikan burung hantu saat siang hari.

  1. Selalu Tenang dan Penuh Kasih Sayang

Sama halnya dengan manusia, binatang juga memiliki perasaan. Burung hantu juga memiliki sifat yang cukup sensitif. Ketika sang pemilik kasar dan sering panik, maka burung akan ikut panik dan stres. Jadi pastikan untuk selalu tenang ketika berada di sekitarnya dan jangan lupa mengelus kepala burung hantu sesekali.

  1. Ajak Berkomunikasi

Selain memberikan kasih sayang, komunikasi juga merupakan salah satu kunci dan cara memelihara burung hantu yang tak kalah penting. Meski tidak bisa membalas namun hewan suka ketika diajak berbicara. Hal tersebut dianggap sebagai niatan baik untuk berteman. Jadi tak ada salahnya untuk mengajak burung hantu Anda berbicara dengan nada yang lembut. 

  1. Memberi Makan Secara Teratur

Burung hantu merupakan burung pemakan daging. Mereka membutuhkan makanan sehat yang bisa memenuhi kebutuhan protein di dalam tubuhnya. Hindari memberi makan daging olahan atau kemasan. Selain itu, jangan lupa beri makan burung hantu setidaknya dua kali dalam sehari dengan jumlah air yang setara dengan porsi makan.

Itu dia beberapa cara mudah merawat burung koreak. Cara merawat burung hantu memang bisa dikatakan susah. Terlebih lagi jika Anda memelihara burung hantu yang masih anakan. Mereka akan mudah stres dan mati. Jadi jangan lupa untuk menerapkan beberapa cara merawat burung hantu yang baik dan benar di atas.

You May Also Like

About the Author: Wingki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *