Termometer – Jenis, Fungsi, Contoh Beserta Gambar Lengkap

Posted on

Gurusekolah.co.id-Pada kesempatan kali ini kita akan membahas  tentang Termometer – Jenis, Fungsi, Contoh Beserta Gambar Lengkap

Termometer

Pengertian

“Adalah alat yang dipakai untuk mengukur suhu”

Istilah dari termometer berasal dari bahasa Latin yakni thermo dan meter. thermo mempunyai makna / arti panas dan meter mempunyai makna / arti untuk mengukur. Prinsip kerja dari termometer ada bermacam-macam, yang paling umum digunakan ilah termometer air raksa.

Jenis Dan Fungsinya

Dapat dibedakan menjadi 5 jenis, yakni :

Klinis

Umumnya disebut juga dengan termometer badan. Alat ini digunakan untuk mengukur suhu badan pasien. Cairan yang dipakai untuk mengisi termometer klinis yakni air raksa.

Dinding

atau umum sering disebut juga termomter rentang skala. Termometer ini memakai cairan raksa sebagai pengisi. Ini biasanya terpasang menempel di dinding dengan posisi berdiri atau vertical.

Maksimum-Minimum

Alat ini digunakan untuk mengukur suatu suhu tertinggi dan suhu terendah pada suatu tempat. Termometer ini dapat mengukur suhu maksimum dan minimum sekaligus atau bersamaan.

Laboratorium

alat ini digunakan untuk sebagai perlengkapan praktikum di laboratorium. Bentuknya pipa panjang dan dengan cairan pengisi alkohol yang diberi warna merah.

Industri

Termometer industri digunakan untuk kegiatan industri.

Macam – Macamnya

Ada bermacam-macam termometer yang dapat dibagi menurut cara kerjanya, Berikut dibawah merupakan jenis-jenis berdasarkan cara kerjanya :

  • air raksa
  • laboratorium
  • Termokopel
  • inframerah
  • Galileo
  • Termistor
  • badan
  • bimetal mekanik
  • Sensor suhu bandgap silikon
  • alkohol

1. Air Raksa

air raksa merupakan termometer yang dibuat dari air raksa yang kemudian ditempatkan pada suatu tabung kaca. Tanda yang dikalibrasi pada tabung membuat temperatur bisa dibaca sesuai panjang air raksa itu di dalam gelas, bervariasi sesuai suhu.

Termometer Air Raksa

Untuk meningkatkan ketelitian, biasanya terdapat bohlam air raksa pada ujung termometer yang berisi sebagian besar air raksa yaitu pemuaian dan penyempitan volume. Raksa kemudian dilanjutkan ke bagian tabung yang sempit. Ruangan di antara air raksa bisa diisi atau dibiarkan kosong.

Sebagai pengganti air raksa, beberapa termometer keluarga yang mengandung alkohol dengan tambahan pewarna merah. Alat ini lebih aman dan mudah dibaca. Jenis khusus termometer air raksa, dinamakan juga termometer maksimum, bekerja dengan adanya katup pada leher tabung dekat bohlam. Ketika suhu naik, air raksa didorong ke atas melalui katup dengan gaya pemuaian. Ketika suhu turun air raksa tertahan pada katup dan tak bisa kembali ke bohlam membuat air raksa tetap di dalam tabung. Pembaca kemudian bisa membaca temperatur maksimun selama waktu yang sudah ditentukan. Untuk mengembalikan fungsinya, dan harus diayunkan dengan keras. Termometer ini mirip desain untuk medis.

2. Termokopel

Termokopel

Di dalam bidang elektronika termokopel adalah suatu alat sensor suhu yang banyak sekali digunakan untuk mengubah perbedaan suhu di dalam benda yang selanjutnya menjadi perubahan tegangan listrik (voltase). Pada termokopel yang sederhana dapat dipasang, dan mempunyai jenis konektor standar yang sama, juda dapat mengukur temperatur dalam jangkauan suhu yang cukup besar dengan batas kesalahan pengukuran yang kurang dari 1 °C.

3. Inframerah

Termometer inframerah mempunyai kemampuan untuk mendeteksi temperatur secara optik—selama objek diamati, radiasi energi sinar inframerah diukur, serta disajikan sebagai suhu.

Termometer Inframerah

Inframerah menawarkan metode dengan pengukuran suhu yang cepat dan juga akurat dengan objek dari kejauhan tanpa disentuh – situasi ideal di mana objek yang bergerak cepat, jauh letaknya, sangat panas, berada dalam lingkungan yang bahaya, dan atau adanya kebutuhan menghindari kontaminasi objek (seperti misalnya makanan, alat medis, obat-obatan, produk atau test, dll.).

4.Galileo

Termometer Galileo

Galileo atau disebut Galilea, dinamai fisikawan Italia, Galileo Galilei, merupakan termometer yang terbuat dari gelas silinder dan tertutup berisi cairan bening serta serangkaian benda yang kerapatannya sedemikian rupa hingga mereka naik atau turun sesuai perubahan suhu.

5. Termistor

Termistor

Termistor adalah suatu alat atau komponen maupun sensor elektronika yang dipakai sebagai pengukur suhu. Prinsip kerja dasar dari termistor yakni perubahan nilai tahanan (atau hambatan atau werstan atau resistance). Termistor ini adalah gabungan antara kata termo (suhu) dan resistor (alat pengukur tahanan).

Demikian penjelasan singkat dan jelas tentang yang bisa gurusekolah.co.id sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima Kasih.

Artikel Lainnya :

Related posts: