Tata Cara Penyembelihan Hewan

Posted on

Gurusekolah.co.id-Pada kali ini kita akan membahas materi tentang tata cara penyembelihan hewan qurban dan aqiqah lengkap dengan penjelasannya

Yukk kita lihat penjelasan di bawah ini :

tata cara penyembelihan hewan qurban

Teknik Dan Tata Cara Penyembelihan hewan qurban

Inilah di antara yang sangat penting dalam masalah fikih qurban. Untuk itu perlu diperhatikan secara serius. Penyembelihan secara syar’i disamping bernilai ibadah, juga akan menentukan halal tidaknya hewan tersebut.

Langkah-Langkahnya

Pertama

Pastikan pisau atau golok yang akan dipakai dalam keadaan yang sangat tajam. Hal ini dalam rangka meminimalisir rasa sakit pada hewan yang disembelih, mempercepat kematian dan dalam rangka mengamalkan sunnah nabi.

Kedua

Disunnahkan bagi yang berqurban untuk menyembelih hewan qurbannya sendiri, namun boleh diwakilkan kepada orang lain, Rasulullah SAW selalu turun tangan . Terkadang sisanya diwakilkan kepada ‘ali bin abi tholib’. Jika hewannya sapi dan ditanggun 7 keluarga , maka yang paling mengerti di antara mereka yang  disuruh menyembelih.

Ketiga

Penyembelih harus sehat jasmani dan rohani nya dan tau tata cara penyembelihan. dan untuk sampai ketahapan ini, perlu banyak praktek dengan menyembelih ayam, itik dan lainnya. Jika sudah siap lalu mencoba kambing jika sudah barulah ketahap sapi.

Keempat

Jika tidak bisa menyembelih, sebaiknya menyaksikan penyembelihan itu. Sebelum proses dimulai, sebaiknya panitia menghubungi para pequrban agar bisa hadir menyaksikan hewan qurban miliknya, istri dan anak-anak juga bisa di ajak yang penting sudah besar. Manfaat dari menyaksikan penyembelihan sangat banyak diantaranya adalah kepuasan lahir dan batin yang berbeda jika dibandingkan tidak menyaksikannya. Belajar dengan melihat langsung bagaimana cara menyembelih, mengenang detik-detik nabi ibrohim menyembelih anaknya, melahirkan jiwa jihad dan pengorbanan.

kelima

Hadapkan hewan qurban ke arah kiblat. Sisi badan kiri hewan berada diatas tanah. Secara umum arah kiblat adalah barat dan agak bergeser sedikit ke arah utara. maka hadapkan hewan kearah itu. tidak perlu tepat 100 %.

Keenam

Ikat kaki hewan sapi khususnya. Untuk kambing tidak harus di ikat, bisa dipegang saja. Ada juga ulama yang menganjurkan agar kaki kanan dibiarkan agar bisa meronta dan mempercepat keluarnya.

Ketujuh

Kaki kanan penyembelih menginjakkan badan hewan bagian atas (dekat dengan leher bawah) tangan kiri memegang bagian leher atau kepala.

Kedelapan

Sebelum meletakkan pisau carilah lokasi yang tepat untuk menyembelih. Raba leher hewan dekat dengan telinga. Jika ada ruang yang sepertinya tidak ada tulang maka disitulah letaknya. Biasanya dekat dengan tulang leher yang menonjol. arahnya dekat dengan kepala. Sehingga setelah mati, kepala hewan akan mudah dipisahkan dari badannya.

Penyembelih berdo’a dengan beberapa pilihan :

Pertama bismillahi Allohu akbar

Kedua bismillahi wallahu akbar Allahuma hadza minka walaka

Ketiga bismillahi wallahu akbar hadza An …  sebut nama pequrban

  • Do’a – Do’a diatas beberapa contoh sederhana dari nabi minimal baca bismillah
  • Letakkan Pisau atau golok dileher sehingga untuk menyembelih kambing bisa sekali gerak langsung selesai.
  • Ayunkan senjata atau golok dan pisau dengan kuat dan jangan hanya ditekan tapi juga digerakkan ke atas bawah.
  • Memutus empat titik yang penting yaitu : saluran tempat nafas (hulkum), saluran tempat makan, marii dan dua saluran tempat darah. Jika pada ke empat saluran itu sudah putus maka sempurnalah penyembelihannya.

Demikian dan sekian artikel dari kami semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi untuk di terapkan pada waktu musim haji terima kasih…

Artikel Lainnya :