Spora : Pengertian, Fungsi, Jenis, Dan Penjelasan Berkembangbiak

2 min read

spora 1
Gurusekolah.co.id- Pada Pembahasan kali ini kita semua akan membahas Pembahasan Mengenai Spora : Fungsi, Jenis, Dan Penjelasan Berkembangbiak Pada Tumbuhan

Pengertian

Pada tumbuhan yang berkembangbiak agar tidak mengalami kepunahan sekaligus juga untuk menjaga keseimbangan pada ekosistem. Keseimbangan ekosistem terganggu disebabkan oleh pemanfaatan tumbuhan yang tidak memperhatikan kelestarian lingkungan. Salah satu cara dalam perkembangbiakan tumbuhan adalah dengan cara spora.

Spora

Spora ialah satu atau beberapa sel (dapat berupa haploid maupun diploid) yang terbungkus oleh suatu lapisan pelindung. Sel ini dorman dan cuma tumbuh pada lingkungan yang memenuhi persyaratan tertentu, yang khas bagi setiap spesies.

Fungsinya 

Berfungsi sebagai alat persebaran (dispersi) yang mirip dengan biji, walaupun berbeda jika ditinjau dari segi anatomi dan juga evolusi.

Tumbuhan Yang Berkembangbiak Dengan Spora

Tumbuhan yang berkembangbiak dengan spora antara lain yaitu seperti paku, jamur, ganggang dan suplir. Spora terdapat pada daun tumbuhan pada bagian belakang, berbentuk serbuk dan juga disimpan di dalam kotak spora yang disebut dengan sporangium. Tumbuhan berbiji yang juga dilihat dari sudut pandang evolusi juga dapat menghasilkan spora.

Baca Juga : Struktur Sel tumbuhan – Pengertian, Jenis, Karakteristik, Dan Fungsinya

Jenis-Jenis

Dalam pengertian spora dapat berlaku umum, dalam arti tidak hanya memandang bagaimana atau oleh spesies apa ia dibentuk. Akibatnya banyak istilah yang bisa menggunakan kata ini. Dalam penggunaan istilah spora juga dapat meluas di lingkungan tumbuhan yang tidak berbiji (seperti paku-pakuan dan juga lumut-lumutan), fungi (jamur), Myxozoa dan juga bakteri.

Jenis Dan Menurut Fungsinya

  • Spora sebagai dasar alat persebaran untuk sebuah tumbuhan berpembuluh non-biji, lumut, fungi (jamur) dan Myxozoa. Spora dengan pengertian tersebut dapat disebut juga sebagai diaspora.
  • Endospora dan eksospora, adalah merupakan spora yang dibentuk oleh suatu bakteri tertentu (dari divisio firmicuta) sebagai alat pertahanan hidup pada kondisi ekstrem
  • Klamidospora (chlamydospore) mempunyai fungsi yang juga mirip dengan endospora, akan tetapi dihasilkan oleh fungi (jamur).
  • Zigospora ialah sebagai alat persebaran haploid dari fungi Zygomycota, spora ini memiliki dinding tebal dan bisa tumbuh menjadi konidium atau zigosporangium.

Ada beberapa istilah lain juga yang memakai kata spora, seperti sporozoit dan sporoblas akan tetapi sama sekali bukan spora.

spora 1

Bentuknya

Untuk bentuk spora ini serupa juga dengan biji, akan tetapi bentuknya sangat kecil sehingga tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Spora bisa dilihat dengan bantuan alat yang disebut dengan mikroskop. Spora ini juga berasal dari sel yang berubah fungsi menjadi alat perkembangbiakan.

Dalam perkemabangbiakan pada jamur yang tumbuh liar di kebun, terjadi pada saat spora jatuh ke tanah yang lembab dan subur. Spora yang jatuh tersebut selanjutnya akan berubah menjadi alat perkembangbiakan dan selanjutnya mengisap makanan, hingga pada akhirnya tumbuh menjadi tumbuhan jamur yang baru.

Jenis Dan Berdasarkan Pembentukannya

Spora yang dihasilkan dari mesiosis bisa disebut juga dengan meiospora, kemudian yang dihasilkan dari mitosis dinamakan juga dengan mitospora.

  • Contoh dari penghasil meiospora seperti paku air, rane, tumbuhan lumut, tumbuhan berbiji. Meiospora dapat menumbuhkan organisme haploid (disebut protonema pada tumbuhan lumut dan disebut dengan  protalus pada rane dan paku air), yang juga menghasilkan spermatozoid dan sel telur. Pada tumbuhan yang berbiji, meiospora bisa tumbuh menjadi sebuah serbuk sari atau pollen, dan juga membentuk kantung embrio.
  • Contoh dari penghasil mitospora seperti pada  sebagian besar paku-pakuan, sebagian besar fungsi. Pada jenis paku-pakuan, mitospora dapat tumbuh menjadi protalus yang setelah dewasa selanjutnya menjadi protalium.

Demikianlah pembahasan mengenai Fungsi, Jenis, Dan Penjelasan Berkembangbiak Pada Tumbuhan, semoga dengan adanya penjelasan tersebut bisa menambah wawasan dan pengetahuan para pembaca Gurusekolah.co.id semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. Sampai jumpa pada pembahasan lainnya.

Artikel Lainnya :