Sosial Budaya : Pengertian , Fungsi, Struktur, Dan Prosesnya

Posted on

GuruSekolah.co.id-Pada Kesempatan Kali Ini, Disini Akan Dijelaskan Tentang Sosial Budaya Meliputi Pengertian , Fungsi, Struktur, Dan Prosesnya Yang Ada Di Indonesia

Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya dibawah ini :

Gambar Sistem Sosial Budaya

Pengertian Sistem Sosial Budaya

Pengertian Dari Sistem Sosial Budaya Indonesia Menurut Para Ahli Budaya Ialah Sebagai Totalitas Nilai, Kode Etik, Tatanan Sosial, Dan Kita Sebagai Bangsa Indonesia Harus Mampu Mewujudkan Cara Hidup Manusia Dan Filsafat Pancasila Dari Semua Lapisan Kehidupan Berbangsa Dan Juga Bernegara. Dan Prinsip-Prinsip Dasar Yang Mempunyai Pola Tindakan, Pola Pikir, Dan Fungsi Struktur, Dan Budaya Sistem Sosial Indonesia Yang Harus Dilaksanakan Untuk Bisa Mewujudkan Nilai-Nilai Pancasila Dan UUD 1945, Transformasi Dan Pengembangan Sistem Budaya Mesti Tetap Berkepribadian Sosial Budaya Indonesia.

Pada Dasarnya, Masyarakat Indonesia Ialah Merupakan Suatu Entitas Yang Lahir Jauh Sebelum Kelahiran Masyarakat Indonesia (Resmi). Kejadian Sumpah Di Kalangan Para Pemuda Adalah Bukti Yang Jelas. Acara Ini Adalah Merupakan Kesepakatan Nasional Yang Mampu Mewujudkan Atau Dapat Membuat Masyarakat Indonesia Tahu Apa Itu Bhineka Tunggal Ika.

Pengertian Sistem Sosial Budaya

Konsensus Artinya Merupakan Perjanjian Atau Kontrak Yang Mempunyai Sifat Umum Tentang Nilai-Nilai, Norma-Norma Dan Juga Aturan Dalam Menetapkan Tujuan Dan Upaya Untuk Bisa Mencapai Peran Yang Telah Dilakukan, Serta Manfaat Tertentu Dalam Suatu Sistem Sosial. Model Perjanjian Atau Model Integrasi Yang Menekankan Norma Dan Legitimasi Elemen Mempunyai Landasan Masyarakat, Yakni Sebagai Berikut :

  1. Orang-Orang Yang Mempunyai Struktur Yang Mapan Dan Abadi
  2. Setiap Diri Dari Masyarakat Mempunyai Fungsi Masing-Masing Dalam Kelangsungan Hidup Masyarakat Sebagai Sistem Seluruh Tujuan
  3. Unsur-Unsur Dalam Masyarakat Yang Terintegrasi Dan Seimbang
  4. Kelanjutan Dari Masyarakat Berdasarkan Atas Kerjasama Dan Perjanjian Akan Saling Menghargai.

Simak Juga : Lembaga Ekonomi : Pengertian, Unsur, Ciri, Fungsi, Beserta Contohnya

Fungsi Sistem Sosial Budaya Indonesia

  • Dalam Keluarga
    Keluarga Manusia Ialah Nursery Ground. Keluarga Ialah Alami Dan Organisasi Serta Penuh Cinta.
  • Dalam Komunitas
    Organisassi Suami Ialah Kader Tanah Sosial Kemasyrakatan, Sebagai Keluarga Buatan, Kerjasama Buatan, Yang Penuh Dengan Kepentingan Yang Juga Berbeda.
  • Dalam Bangsa Dan Negara
    Dalam Kehidupan Bangsa, Organisasi Dan Pemerintah Harus Mengutamakan Untuk Kepentingan Umum.

 

Struktur Sistem Sosial Budaya Indonesia

Firth Raymond Mengemukakan Bahwa Konsep Struktur Sosial Adalah Alat Analisis Yang Diwujudkan Dalam Rangka Membantu Memahami Perilaku Hati Manusia Dari Kehidupan Sosial. Tentang Tanah Dalam Struktur Sosial Hubungan Sosial Jelas Sangat Penting Dalam Menentukan Perilaku Manusia, Hubungan Sosial, Jika Tidak Dilakukan, Maka Masyarakat Tidak Akan Terwujud Lagi.

Struktur Sosial Juga Bisa Dilihat Dari Segi Status, Peran, Nilai-Nilai, Norma-Norma, Dan Lembaga-Lembaga Hubungan Sosial Dasar. Nilai Diartikan Sebagai Mentaliatas Pembentukan Perilaku Manusia Sehingga Sejumlah Asumsi Penting, Baik, Dan Harus Dihargai.

Jadi, Perbedaan Dalam Sistem Struktur Sosial Budaya Indonesia Bisa Merujuk Pada Nilai-Nilai Yang Terkandung Pada Pancasila Yang Terdiri Dari Atas :

  • Tata Nilai

Nilai Agama, Nilai Kebenaran, Nilai Moral,

  • Tata Sosial

NKRI Ialah Negara Hukum, Semua Orang Adalah Sama Untuk Di Mata Hukum. Tata Hukum Di Indonesia Ialah Sistem Pengayoman Yang Bisa Mewujudkan Keadilan Dan Kesejahteraan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

  • Tata Laku

Dalam Mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat, Maka Tata Laku Harus Berpedoman Kepada Norma-Norma Yang Berlaku, Yakni : Norma Agama, Norma Kesusilaan / Kesopanan, Norma Adat Istiadat, Norma Hukum Setempat, Norma Hukum Negara

truktur Sistem Sosial Budaya

 

Proses Sistem Sosial Budaya Indonesia

Masyarakat Mempunyai Bentuk – Bentuk Struktural, Yang Disebut Struktur Sosial. Struktur Sosial Ialah Suami Yang Disebut Sebagai Dinamika Masyarakat Statis Dan Membentuk Proses Sosial Dan Perubahan Sosial. Masyarakat Yang Mempunyai Bentuk, Tentu Mengalami Pola Bentuk Struktural – Pola Perilaku Yang Berbeda – Berbeda Juga Dengan Situasi Yang Dihadapi Oleh Masyarakat.

Proses Sistem Sosial Sebagai Bagian Dari Budaya Indonesia Tidak Bisa Dipisahkan Dari Proses Pembangunan Nasional

Pancasila, Yang Pada Dasarnya Adalah Pengembangan Dari Seluruh Rakyat Indonesia. Jadi Pada Dasarnya, Suatu Proses Sistem Sosial Budaya Indonesia Selalu Dihubungkan Dengan Perkembangan, Di Mana Besaran Nasional Berlangsung Di Tandem Dengan Pebangunan Nasional, Bahkan Sering Kali Mendahului Pembangunan Nasional Dalam Rangka Untuk Bisa Menerima Masyarakat Update-Intensif Sebagai Hasilnya Dari Temuan Temuan Pembangunan Nasional.

Penghasilan Kena Pajak Dalam Mempersiapkan Masyarakat Untuk Dapat Menerima Pembangunan, Maka Mempersiapkan Orang Dan Masyarakat Bisa Berpartisipasi, Jantung Dari Proses Pembangunan Nasional Mempunyai Kualitas Berikut :

  • Setia Dan Taat Kepada Allah SWT
  • Akhlak Yang Mulia
  • Bekerja Keras
  • Disiplin
  • Memiliki Tanggung Jawab
  • Mandiri
  • Cerdas Dan Terampil
  • Sehat Jasmani Dan Rohani
  • Cinta Tanah Air
  • Berkebangsaan Dan Solidaritas Sosial
  • Percayalah Pada Diri Sendiri Dan Mempunyai ((Harga Diri))
  • Inovatif Dan Kreatif
  • Produktif Dan Berorientasi Masa Depan

Sekian Penjelasan Mengenai Sistem Sosial Budaya Meliputi Pengertian , Fungsi, Struktur, Dan Prosesnya Yang Ada Di Indonesia, Semoga Bisa Bermanfaat Bagi Semua Pembaca GuruSekolah.co.id

Baca Juga Artikel Lainnya :

Ideologi Sosialisme – Pengertian,Sejarah,Ciri,Dan Contoh Secara Lengkap

10 Mata Pencaharian Mayoritas Penduduk Indonesia

Contoh Seni Kriya : Pengertian, Fungsi, Macam-Macam Serta Gambarnya