Sepak Bola Indonesia: Pengertian, Sejarahnya Di Dunia Dan Indonesia

Posted on

GuruSekolah.co.id-Pada Kesempatan Kali Ini kita Akan menjelaskan Tentang Sepak Bola indonesia : Pengertian, Sejarahnya Di Dunia Dan Indonesia secara Lengkap

sepak bola

Pengertian

Sepak bola terdiri atas dua suku kata yakni (Sepak) dan juga (Bola) Kata (Sepak) bisa disebut juga dengan menyepak yaitu menendang (memakai kaki), Kemudian (Bola) ialah alat untuk permainan yang mempunyai bentuk bulat yang terbuat dari karet, kulit atau juga bahan lainnya.

Jadi secara singkat dapat diartikan yaitu pengertian dari sepak bola adalah permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola kesana kemari yang dilakukan oleh pemain dengan sasaran gawang dan bertujuan memasukkan bola kedalam gawang.

Permainan sepak bola ialah permainan dalam bentuk regu, setiap regu berisi atas 11 orang dengan 1 orang sebagai penjaga gawang dan mempunyai beberapa pemain cadangan.

Permainan sepak bola ini memiliki tujuan untuk bisa memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan dan juga berusaha menjaga gawang sendiri agar tidak terjadi gol.

Permainan sepak bola tersebut dilakukan dalam 2 sesi, yang masing-masing dengan waktu sesi pertama adalah 45 menit dengan waktu istirahat diantara 2 babak tersebut 10 menit.

Jika dalam waktu 2 babak tersebut kedua tim dengan skor yang sama atau seri, maka akan diadakan penambahan waktu 2 x 15 menit. Jika penambahan waktu masih dengan skor yang sama atau seri akan selanjutnya akan dilakukan tendangan pinalti.

Dalam melakukan tendangan pinalti ini, tim akan diberikan kesempatan sebanyak lima kali untuk bisa melakukan tendangan kedalam gawang.

sepak bola

Sejarahnya Di Dunia

Sejarah sepak bola sebagai olahraga digemari sejak abad ke-2 M sampai dengan abad ke-3 M di Cina. Pada masa Dinasti Han, masyarakat menggiring bola kulit dengan cara memasukkan dalam jaring kecil yang disebut dengan Tsu Chu.

Permainan sepak bola ini juga dimainkan di Jepang dengan nama lain yakni Kemari. Pada abad ke-16 sepak bola juga banyak digemari di Italia.

Lalu selanjutnya permainan sepak bola ini banyak ditemukan di berbagai negara seperti Inggris, Meksiko, Romawi, Amerika Tengah hingga sampai Romawi Kuno.

Namun demikian, pada saat sepak bola sampai ke Inggris, pada tahun 1365 Raja Edward III melarang untuk melakukan permainan sepak bola, sebab dalam permainan sepak bola terjadi banyak kekerasan dan juga tindakan yang brutal.

Akan tetapi, pada tahun 1360 Raja Edward III telah mengizinkan kembali berlakunya permainan sepak bola. Selanjutnya permainan sepak bola tidak ada perubahan, tetap penuh dengan kekerasan dan juga tindakan brutal.

Hingga sampai pada tahun 1572, Ratu Elizabeth I kemudian melarang kembali permainan sepak bola tanpa ada kompromi dan disertai sanksi tegas kepada seluruh orang yang masih melakukan permainan sepak bola yakni dengan memenjarakan orang tersebut.

Namun pada akhirnya pada tahun 1680 larangan untuk tidak memainkan sepak bola dicabut kembali oleh Raja Charless II.

Sejarah sepak bola modern berdasarkan tahun yaitu :

  • Pada tahun 1863 terbentuk suatu asosiasi sepak bola Inggris
  • Pada tahun 1885 terdapat pertandingan sepak bola yang diluar wilayah Inggris, yakni Kanada melawan Amerika
  • Pada tahun1886 diadakan rapat pertemuan untuk pertama kali yang membahas mengenai pembentukan kelompok yakni asosiasi sepak bola dunia
  • Pada tahun 1888 terdapat wasit yang menjadi pemegang penih permainan sepak bola
  • Pada tahun 1904, dibentuk suatu Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) do Prancis yang beranggotakan Swedia, Swiss, Spanyol, Belanda, Belgia, dan juga Prancis.

Simak Juga : Materi Permainan Sepak Bola-Penjelasan DanTeknik Dasar Lengkap

Federation Internationale de Football Asociation (FIFA)

Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) didirikan pada tahun 1904 di Prancis. Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) ini mempunyai slogan “FOR THE GAME, FOR THE WORLD”.

FIFA ialah badan internasional pengatur sepak bola, FIFA juga bisa mempromosikan sepak bola, mengatur transfer pemain antar tim, memberikan gelar kepada pemain sepak bola terbaik di dunia, dan juga menerbitkan daftar peringkat dunia FIFA setiap bulannya.

Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) memberikan sebuah kode tiga huruf (Tigram FIFA) kepada para negara anggota dan negara non-anggota FIFA. Sampai pada saat ini terdapat 209 negara yang tergabung dalam FIFA. Markas Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) terletak di Zurich, Swiss.

Kompetisi terpenting yang telah diadakan oleh FIFA yakni pertandingan sepak bola seluruh dunia atau juga yang sering kita sebut piala dunia. Pada babak final piala dunia ialah tontonan yang paling digemari melebihi Olimpiade.

BBC ialah sebuah stasiun TV yang pertama kali yang sudah menayangkan acara sepak bola secara langsung pada tahun 1938 dan pada tahun 1966 dengan memakai fitur replay pada setiap pertandingan sepak bola.

Kemudian selanjutnya FIFA telah memperlebar sayapnya dengan cara mendirikan beberapa dari badan asosiasi regional yang terdiri dari beberapa negara, yakni :

  • UEFA atau juga Union of European Football Associations. Didirikan di tahun 1954 dengan 53 anggota yang menaungi meliputi dari negara-negara Eropa. Turnamen utamanya dalam UEFA ialah UEFA European Championship.
  • CAF atau juga Confederation Africaine de Football. Didirikan pada tahun 1957 dengan 53 anggotan + 2 rekan yang menaungi meliputinegara-negara Afrika. Turnamen utama ialah African Cup Of Nations.
  • AFC atau Asian Football Confederation. Didirikan pada tahun 1954 dengan 46 anggota yang menaungi meliputi negara-negara Asia. Turnamen utama dari AFC ialah Asian Cup.
  • CONMEBOL atau juga Confederación Sudamericana de Fútbol. Didirikan pada tahun 1916 dengan 10 anggota yang menaungi yakni negara-negara Amerika Selatan. Turnamen utama yaitu Copa Amerika.
  • CONCACAF atau juga Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football. Didirikan pada tahun 1961 dengan 40 anggota yang menaungi antara lain Amerika Utara, Amerika Tengah, Karibia. Turnamen utama adalah CONCACAF Gold Cup.
  • OFC atau Oceania Football Confederation. Didirikan pada tahun 1966 dengan 11 anggota + 6 rekan yang menaungi/meliputi negara-negara di Oseania. Turnamen utamanya adalah OFC Nations Cup.

Formasi yang Biasa Digunakan

  1. 4-4-2 ( yaitu  Taktik klasik, 4 pemain belakang, dan 2 Gelandang Sayap )
  2. 4-4-1-1 ( yaitu  2 Gelandang Sayap, 1 Gelandang Serang, dan 1 Striker )
  3. 4-2-4 ( yaitu dengan 2 Gelandang Sayap )
  4. 4-3-2-1 ( yaitu  3 Gelandang Tengah, 2 Gelandang Serang, dan 1 Striker )
  5. 4-3-1-2 ( yaitu  4 Back, 3 Gelandang Bertahan, 1 Penyerang, 2 Striker)
  6. 4-5-1 ( yaitu  4 Back, 2 Penyerang Sayap, 3 Gelandang, 1 Striker )
  7. 4-3-3 ( yaitu  4 Back , 3 Gelandang bertahan, 2 penyerang sayap, 1 Striker )
  8. 4-2-3-1 ( yaitu  2 Back Tengah, 2 Back Sayap, 2 Wings, 1 Penyerang, 1 Striker )
  9. 4-3-3 (  yaitu 2 Back Sayap, 2 Back Tengah, 2 Sayap, 1 Gelandang Bertahan, 3 Striker Tengah )
  10. 4-1-4-1 ( yaitu  4 Back, 1 Gelandang Bertahan, 4 Gelandang, 1 Striker )
  11. 3-4-3 ( dengan Winger )
  12. 3-5-2 ( dengan Libero atau Sweeper )
  13. 3-5-2 ( tanpa Libero atau Sweeper )

sepak bola indonesia

Sejarahnya Di Indonesia

Perkembangan di Indonesia tidak terlepas dari para pedagang dari cina yang datang tidak hanya untuk berdagang, namun juga menyebarkan sepak bola pada kita masyarakat Indonesia.

Telah tercatat bahwa pada tahun 1915 telah terdapat banyak club sepak bola yang berdiri dan kemudian didirikan oleh warga Tiong Hoa.

Pada tahun 1920 terdapat club sepak bola seperti misal UMS Jakarta dan juga Surabaya yang telah menjadi club terhebat dalam persepakbolaan di zaman Hindia Belanda.

Peristiwa penting pula dalam sejarah sepak bola indonesia yakni pada tanggal 19 April 1930 didirikan suatu organisasi PSSI atau yang disebut juga Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia yang bertugas menaungi club sepak bola yang ada di Indonesia.

Sejarah sepak bola di Indonesia tidak lepas dari seorang tokoh yaitu yang bernama Soeratin Sosrosoegondo. Beliau adalah merupakan anak seorang pribumi yang yang sudah mengikuti sekolah Teknik Tinggi Heckelenburg, Jerman. Menurutnya sepak bola ialah salah satu meningkatkan rasa Nasionalisme untuk bisa melawan Belanda.

Pada tahun 1938, Soeratin Sosrosoegondo kemudian melakikan pemutusan secara sepihak dengan NIVU, sebab beliau marah setiap kali mengikuti pertandingan sepak bola selalu saja memakai bendera NIVU atau Belanda.

Namun selanjutnya untuk beberapa waktu, sepak bola di Indonesia mengalami vakum. sebab Jepang telah berhasil mengusir Belanda dan menjajah Indonesia.

Prestasi Terbaik Timnas Di dunia Internasional

  1. Tampil pada piala dunia pada tahun 1938
  2. Semifinal Asian Games pada tahun 1954
  3. Menahan imbang Uni Soviet pada Olimpiade Melbourne pada tahun 1956
  4. Mendapat medali perunggu pada Asian Games pada tahun 1958
  5. Juara Pesta Sukan pada tahun 1972
  6. Semifinal SEA Games pada tahun 1977
  7. Juara Turnamen Merdeka pada tahun 1962
  8. Juara Turnamen Merdeka pada tahun 1969
  9. Juara Piala Raja pada tahun 1968
  10. Semifinal Asian Games pada tahun 1986
  11. Juara Piala Kemerdekaan pada tahun 1987
  12. Juara Turnamen Merdeka pada tahun 1961
  13. Memperoleh medali perak SEA Games pada tahun 1979
  14. Memperoleh medali perunggu SEA Games pada tahun 1981
  15. Semifinal SEA Games pada tahun 1985
  16. Juara SEA Games pada tahun 1987
  17. Memperoleh medali perunggu SEA Games pada tahun 1989
  18. Menjadi Juara SEA Games pada tahun 1991
  19. Semifinal SEA Games pada tahun 1993
  20. Memperoleh medali perak SEA Games pada tahun 1997
  21. Memperoleh medali perunggu SEA Games pada tahun 1999
  22. Memperoleh medali perak SEA Games pada tahun 2011
  23. Memperoleh medali perunggu SEA Games pada tahun 2013
  24. Menjadi Finalis Piala Tiger pada tahun 2000
  25. Menjadi Finalis Piala Tiger pada tahun 2002
  26. Menjadi Finalis Piala Tiger pada tahun 2004
  27. Menjadi Finalis piala AFF pada tahun 2010

Gurusekolah.co.id-Demikian Penjelasan Mengenai tentang sepak bola indonesia yaitu pengertian, sejarahnya di dunia dan indonesia secara Lengkap Semoga Apa Yang Diulas Diatas Bisa Bermanfaat Bagi Pembaca.Terimakasih.

Artikel Lainnya :

Bola Basket-Pengertian,Tujuan,Teknik,Peraturan dan Cara Bermain

Contoh Seni Kriya : Pengertian, Fungsi, Macam-Macam Serta Gambarnya

Kebugaran Jasmani : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Tujuan, Unsur Lengkap