Sejarah OSIS:Pengertian,Tujuan,Fungsi Serta Perangkat Dan Lambang

Posted on

GuruSekolah.co.id – Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang sejarah osis meliputi pengertian,tujuan,fungsi serta perangkat dan lambangnya

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini :

Sejarah osis
Lambang OSIS

Penjelasan

Sejarah OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah adalah organisasi yang hampir pasti dimiliki oleh setiap sekolah di Indonesia. OSIS ialah wadah bagi siswa untuk dapat belajar dan meningkatkan kemampuan mereka dalam berorganisasi.

Sebagian dari kita pasti pernah atau masih tergabung dalam organisasi yang satu ini. Kegiatan sewaktu OSIS dulu pasti memberikan sebuah kenangan yang membekas bagi para anggotanya.

Banyak hal yang dialami dan bisa dipelajari dari mengikuti OSIS di sekolah. Artikel ini ingin membahas lebih lanjut tentang sejarah OSIS di Indonesia serta juga fungsi dan perangkatnya dalam tatanan pendidikan negara.

Sejarah OSIS

Sebelum adanya OSIS, sudah terdapat beberapa jenis organisasi di sekolah di tingkat SMP dan juga SMA. Organisasi ini mempunyai banyak bentuk yang berbeda baik yang bersifat internal ataupun eksternal. Organisasi internal artinya organisasi ini hanya dikhususkan bagi para siswa di sekolah tersebut.

Sementara organisasi eksternal berarti anggotanya berasal tidak hanya dari dalam sekolah tersebut. Masalah muncul untuk jenis organisasi eksternal ini.

Pada masa itu, sebagian organisasi eksternal ini mempunyai muatan politis dimana kendali terhadap organisasi tidak berada di dalam sekolah, melainkan oleh pihak lain yang ada di luar sekolah.

Hal ini membuat adanya loyalitas ganda bagi anggotanya. Seorang anggota organisasi yang juga siswa dari suatu sekolah pasti akan mempunyai dua aturan yang musti diikuti, yaitu aturan resmi sekolah dan aturan dari organisasi luar sekolah.

Kondisi ini mempunyai risiko dimana adanya pihak pihak yang mungkin saja memanfaatkan masa siswa sekolah untuk suatu kepentingan pribadi atau golongan tertentu.

Di antara rentang waktu tahun 1970 – 1972, Pemimpin organisasi mulai memikirkan dan juga peduli untuk bisa memupuk persatuan di antara siswa sambil untuk menghindari kemungkinan konflik antar siswa di dalam sekolah atau juga antar siswa di sekolah yang berbeda.

Dengan semangat pembinaan dan pengembangan generasi muda, kemudian dibentuk Organisasi Siswa Intra Sekolah atau sering juga disingkat OSIS. OSIS telah menjadi suatu bagian dalam sejarah negara Indonesia.

Pengertian Osis

OSIS adalah satu satunya wadah organisasi siswa yang sah di sekolah, dimana setiap sekolah mempunyai kewajiban untuk membentuk OSIS masing masing. OSIS di suatu sekolah semestinya tidak memiliki hubungan secara organisasi dengan OSIS di sekolah lain atau organisasi eksternal lain yang ada di luar sekolah.

 

Di awal berdirinya, OSIS mempuyai tujuan sebagai sarana pemerintah untuk membina para siswa agar menjadi penerus perjuangan bangsa. OSIS ialah salah satu cara pembinaan siswa yang digelar secara nasional. Pemerintah mencanangkan 4 Jalur Pembinaan Kesiswaan pada saat itu, yang terdiri atas :

  • Organisasi Kesiswaan
  • Latihan Kepemimpinan
  • Kegiatan Ekstrakulikuler
  • Kegiatan wawasan Wiyatamandala

Baca Juga : Sudut Pandang dalam Cerpen-Pengertian dan Macam-Macam Jenisnya

Tujuan Osis

Sebagai organisasi kesiswaan, OSIS mempunyai tujuan pokok awal adalah sebagai berikut:

  1. Menampung ide, kreativitas, pandangan, minat dan juga bakat siswa ke dalam wadah yang tidak terpengaruh efek negatif dari luar sekolah.
  2. Meningkatkan sikap, jiwa dan juga semangat persatuan dan kesatuan diantara para siswa, sehingga siswa bisa secara aktif mendukung proses kegiatan belajar mengajar di sekolah
  3. Sebagai sarana komunikasi, bertukar gagasan dan mengajukan pendapat yang nantinya bisa memperluas wawasan, meningkatkan kemampuan berpikir dan melatih skill pengambilan keputusan siswa

Bisa kita lihat bahwa semangat pembangunan OSIS ialah untuk membina para siswa di tingkat SMP dan SMA agar mempunyai berbagai kemampuan yang kelak bisa menjadi bekal yang cukup untuk meneruskan tampuk kepemimpinan di negara Indonesia.

Dengan adanya OSIS, diharapkan siswa dapat melakukan lebih banyak kegiatan positif di dalam sekolah dan terhindar dari pengaruh negatif yang terjadi baik saat itu ataupun di zaman modern ini.

Fungsi OSIS

Sebagai satu satunya organisasi yang ada di sekolah, OSIS tentunya mempunyai fungsi tersendiri. Fungsi OSIS bisa dijelaskan ke tiga poin sebagai berikut:

1. OSIS Sebagai Wadah

Dalam fungsinya OSIS berperan sebagai satu satunya wadah kegiatan siswa di sekolah. OSIS hadir dalam kegiatan jalur pembinaan lain di sekolah, misal kegiatan latihan kepemimpinan, ekstrakulikuler, ataupun aktivitas wiyata mandala. OSIS dan kegiatan pembinaan ini memiliki fungsi untuk mendukung tercapainya target pembinaan siswa di sekolah.

2. OSIS Sebagai Pendorong

OSIS disini berperan sebagai motivator bagi para anggotanya dan siswa lainnya di dalam lingkup sekolah. OSIS berfungsi sebagai pendorong semangat dan inisiatif siswa untuk berbuat positif dan bergerak bersama sama untukdapat  mencapai suatu tujuan.

3. OSIS Sebagai Pencegah

OSIS berfungsi sebagai lembaga pencegah pengaruh negatif baik dari internal ataupun eksternal sekolah.

Ketiga fungsi OSIS ini juga menjadi karakteristik OSIS sebagai organisasi sekolah yang digerakan oleh para siswa. OSIS memiliki suatu corak yang khas sebagai organisasi anak muda yang orientasinya ialah pembinaan anak muda lainnya dalam lingkup sekolah.

Perangkat OSIS

Sebagaimana organisasi pada umumnya, OSIS juga mempunyai perangkat sendiri masing masing. Berikut adalah perangkat OSIS :

1. Pembina OSIS

2. Perwakilan Kelas

3. Pengurus OSIS

Gurusekolah.co.id-Demikian penjelasan singkat mengenai Sejarah OSIS Pengertian, Tujuan, Fungsi Serta Perangkat Dan Lambangnya yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat…

Artikel Lainnya :

Konferensi Asia Afrika-Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Tujuan serta Isi

Peninggalan Kerajaan Kutai – Sejarah, Silsilah, Dan Masa Kejayaan

Sejarah Islam-Pengertian Dan Sejarah kebudayaan Lengkap

 

Related posts: