Rumah Adat Jawa Tengah-Pakaian,Tarian dan gambarnya

Posted on

GuruSekolah.co.id-Pada kesempatan kali ini kita akan membahas materi tentang rumah adat jawa tengah kita akan membahas secara singkat pakaian,tarian dan gambarnya.

Marilah simak penjelasan berikut ini :

Penjelasan Singkat

Rumah adat jawa tengah ini telah menjadi primadona di kalangan masyarakat saat ini. Walaupun sudah jarang dijadikan tempat tinggal, Rumah Joglo kini kerap dijadikan konsep menarik untuk restoran atau hotel.

Pengunjung pun bisa langsung merasakan suasana desa di Jawa Tengah pada zaman dahulu kala.Sebetulnya, beberapa desa di Jawa Tengah masih menggunakan Rumah Joglo sebagai tempat tinggal mereka.

Apabila kalian berjalan-jalan di sebuah desa di Jawa Tengah, kalian masih dapat menjumpai rumah Joglo yang masih asli. Tetapi jumlahnya sangat sedikit sekali.

Di beberapa tempat di jawa tengah, rumah tersebut dikosongkan dan hanya digunakan untuk upacara ruwatan saja. Masyarakat sekarang lebih memilih membangun rumah dengan konsep yang lebih modern.

Pakaian Adat Jawa Tengah

Pakaian Adat Jawa Tengah, Seperti yang kalian ketahui bahwa negara Indonesia adalah negara Kepulauan yang terdiri dari beberapa banyak pulau. Pada setiap pulaunya pun memiliki ciri khas yang berbeda-beda baik dari adat istiadat maupun budaya, tak terkecuali di pulau Jawa.

Pulau Jawa sendiri adalah salah satu pulau di Indonesia yang memiliki jumlah penduduk paling padat.

Budaya yang ada di daerah Jawa Tengah pun tidak jauh berbeda dengan yang ada di daerah lainnya yakni terdiri dari beberapa elemen penyusunan yang salah satunya adalah Pakaian Adat jawa.

Mungkin sebagian dari Anda sudah pernah tahu bahkan pernah memakai Baju Adat Jawa Tengah, tetapi kebanyakan orang belum tahu apa saja Nama-nama pakaian adat yang sering di pakai oleh masyarakat setempat. Oleh sebab itu, berikut ini akan dijelaskan seperti apa pakaian adat yang berasal dari Jawa Tengah.

Nama-Nama Pakaian Adat Jawa Tengah:

  • Jawi Jangkep.
  • Kebaya.
  • Batik.
  • Kanigaran.
  • Surjan dan Beskap
  • Basahan

Tarian Adat Jawa Tengah

Tari Bambangan Cakil

250px-Bambangan_Cakil

Tarian Bambangan Cakil adalah salah satu tari klasik yang ada di Jawa Tengah. Tarian ini sebenarnya diadopsi dari salah satu adegan yang ada dalam

pementasan Wayang kulit yakni adegan Perang Kembang Tari ini menceritakan perang antara kesatria melawan raksasa.

Kesatria adalah tokoh yang bersifat halus dan lemah lembut, sedangkan Raksasa menggambarkan tokoh yang kasar dan beringas.

Tari Ebeg

rumah adat jawa tengah

Tarian Ebeg adalah bentuk kesenian tari daerah Banyumas yang menggunakan boneka kuda yang terbuat dari anyaman bambu. Tarian Ebeg ini di daerah Banyumas menggambarkan prajurit perang yang sedang menunggang Kuda.

Tari Ronggeng

rumah adat jawa tengah

Tarian Ronggeng merupakan jenis kesenian tari dari jawa, di mana pasangan saling bertukar ayat-ayat puitis saat mereka menari diiringi musik dari rebab atau biola serta gong.

Tari Emprak

rumah adat jawa tengahTarian Emprak merupakan jenis pengembangan kesenian rakyat Emprak, berupa seni peran yang mengangkat pesan moral, diiringi dengan musik yang biasanya berupa salawatan.

Tari Kridhajati

rumah adat jawa tengahTarian Kridhajati merupakan tarian khas asal kota ukir yaitu Jepara, Jawa Tengah.

Tari Tayub

 

rumah adat jawa tengahTarian Tayub (atau acara Tayuban), adalah salah satu kesenian Jawa Tengah yang mengandung unsur keindahan dan keserasian gerak. Tarian ayub mirip dengan tari Jaipong dari Jawa Barat. Unsur keindahan di ikuti dengan kemampuan penari dalam melakonkan tari yang dibawakan.

Tari Topeng Ireng

rumah adat jawa tengah

Topeng Ireng adalah satu bentuk tradisi seni pertujukan yang berasimilasi dengan budaya lokal Jawa Tengah. Topeng Ireng yang juga dikenal sebagai kesenian Dayakan ini adalah bentuk tarian rakyat kreasi baru yang merupakan hasil metamorfosis dari kesenian Kubro Siswo.

Tari Serimpi

 

rumah adat jawa tengahTarian serimpi adalah tari klasik yang berasal dari Jawa Tengah.

Bedhaya Ketawang

 

rumah adat jawa tengahBedhaya Ketawang  yaitu tarian terdiri dari kata Bedhaya dan Ketawang.

Bedhaya artinya yaitu penari wanita yang di Istana.Ketawang berasal dari kata ‘tawang’ yang berarti bintang di langit.

Tari gambyong

rumah adat jawa tengah 

Tarian Gambyong adalah tari kreasi baru dari perkembangan Tari Tayub.

Tari Bondan

mitoni6Tarian Bondan ini juga berasal dari Surakarta, Jawa Tengah. Tarian ini mengkisahkan bahwa kasih sayang ibu kepada anaknya dengan menggendong bayi dengan payung terbuka dengan hati-hati dan perhatian.

Tari prawiroguno

rumah adat jawa tengah

Tarian ini menggambarkan seorang prajurit yang sedang berlatih beladiri dengan perlengkapan senjata berupa pedang untuk menyerang musuh dan juga tameng sebagai alat untuk melindungi diri.

Tari Calung

rumah adat jawa tengah 

Tarian Calung merupakan suatu bentuk kesenian rakyat dengan menggunakan bunyi- bunyian semacam gambang yang terbuat dari bambu, dan lagu-lagu yang dibawakan adalah gending Jawa khas Banyumas.

Tari Dolalak

rumah adat jawa tengah 

Tarian dolalak ini dilakukan oleh beberapa orang penari yang berpakaian menyerupai pakaian prajurit Belanda atau Perancis tempo dulu dengan diiringi alat-alat atau bunyi-bunyian terdiri dari kentrung, rebana, kendang, kencer, dll nya.

Tari Kuda Lumping

rumah adat jawa tengah 

Tarian kuda lumping juga disebut jaran kepang atau jathilan yaitu tarian tradisional Jawa menampilkan sekelompok prajurit tengah menunggang kuda.

Itulah materi makalah lengkap tentang rumah adat jawa tengah, pakaian, nama-nama rumah adat jawa tengah beserta gambarnya yang dapat GuruSekolah.co.id sampaikan. Semoga Bermanfaat…

Baca Juga :

tujuan budi utomo

peninggalan sejarah sriwijaya

baju adat bali

peninggalan kerajaan demak

rumah adat jawa barat