Rumah Adat Jawa Barat – keunikan,Nama Beserta Gambarnya

Posted on

GuruSekolah.co.id-Pada kesempatan kali ini kita akan membahas materi tentang rumah adat jawa barat kita akan membahas secara singkat keunikan, nama, beserta gambarnya.

Marilah simak penjelasan berikut ini :

Rumah Adat Jawa Barat

Rumah adat jawa barat– Adat pada masyarakat jawa barat lebih identik dengan sifat ramah dan sopan. Bandung adalah ibukota jawa barat yang mendapat julukan sebagai paris van java yang selalu mencuri perhatian, terutama dalam bidang pariwisata.

Pariwisata jawa barat sangat kompleks dan juga sangat unik. Dan begitu pula dengan rumah adat Jawa Barat yang mempunyai berbagai macam jenis.

Rumah Adat Jawa Barat ini adalah salah satu dari kekayaan budaya yang dimiliki oleh Indonesia.

Sehingga harus tetap dilestarikan dan juga harus diketahui oleh semua pihak atau khususnya warga Indonesia. Sebab dengan begitu rasa cinta tanah air akan terus tumbuh.

Keunikan Rumah Adat Jawab Barat

Julang ngapak Yaitu ‘burung yang sedang mengepakkan sayap’ terdapat pada atap rumah adat jawa barat
Togog anjing Yaitu ‘anjing yang sedang duduk’

Bentuk pada atap ini memiliki dua bidang atap yang berbatasan pada garis bentang segi tiga atap, bidang atap bagian depan lebih lebar dibandingkan pada atap yang berada di bagian belakang.

Sedangkan pada atap yang lainnya memiliki sisi yang sama panjang dengan batang suhunan, bahkan batang tersebut merupakan bentuk puncaknya.

Jolopong Suhunan Jolopong sering disebut juga dengan Suhunan panjang. Jolopong merupakan istilah sunda yang artinya tergolek lurus, bentuk jolopong sendiri itu merupakan bentuk yang cukup tua sebab bentuk ini terdapat bentuk atap saung.

Nama-Nama Rumah Adat Jawa Barat Dan Gambarnya

  • Imah BAdak Heuay
  • Imah Togog Anjing
  • Imah Jualang Ngapak
  • Imah Perahu Kumureb
  • Imah Capit Gunting
  • Rumah Adat Kesepuhan

Imah Badak Heuay

rumah adat jawa barat

Badak heuay juga mempunyai arti yang cukup unik, yakni seekor badak yang menguap. Keunikannya terletak pada bagian atap yang seperti badak yang menguap. saat diperhatikan dengan seksama bentuk atap bagian belakang sampai tepi, akan nampak seperti badak yang sedang menguap. Namun secara keseluruhan, desain pada atap dari rumah ini seperti tagog anjing.

Imah badak heuay ini banyak ditemui di daerah sukabumi. Bentuk desain atap pada rumah ini memang masih menjadi bentuk atap yang utama bagi masyarakat sukabumi. Oleh sebab itu rumah adat ini masih dilestarikan hingga sampai sekarang, walaupun sudah ada desain rumah minimalis yang lebih bagus, tetap tidak melupakan desain pada atap rumah badak heuay.

Imah Togog Anjing

rumah adat jawa barat

Rumah togog anjing ini memiliki arti anjing duduk. Desain pada atap rumah ini memiliki 2 lapis. Atap pada bagian atas berbentuk segitiga, lalu atap bawah menyambung dari atap atas dan menjorong sedikit pada bagian depan. Pada bagian atap bawah yang menjorong ke depan digunakan sebagai peneduh bagian teras depan. Jenis pada atap rumah ini juga disebut dengan sorondoy.

Desain dari rumah togog anjing ini dapat ditemui di daerah garut. Bentuk atap dari rumah ini sering digunakan model rumah pada masyarakat setempat. Selain itu juga terdapat tempat peristirahatan bagi yang ingin menggunakannya. Contohnya seperti hotel, villa, bungalow serta home stay juga telah mempertahankan desain rumah ini.

Imah Julang Ngapak

rumah adat jawa barat

 

Imah julang ngapak adalah burung yang menepakkan sayapnya. Begitu juga dengan desain atap dari rumah ini yang nampak seperti burung yang sedang mengepakkan sayap.

Dan pada bagian bubungan, dilengkapi dengan cagak gunting atau capit hurang. Bentuknya mempunyai fungsi mencegah air hujan yang merembes. Terutama pada bagian pertemuan antara atap.

Imah Jolopong

rumah adat jawa barat

Rumah adat Jawa Barat Jolopong ini mempunyai makna terkulai atau tegak lurus. Bentuk rumah ini sering juga ditemui di daerah garut. Namun sebagian daerah jawa barat menggunakan bentuk rumah ini. sebagian gedung pemerintahan pun juga menggunakan desain rumah ini.

Imah Perahu Kumureb

rumah adat jawa barat

Imah perahu kumureb ini juga disebut dengan imah perahu tengkurep. Dari jenis yang ada, rumah perahu tengkurep sangat jarang juga ditemukan.

Karena rumah ini memiliki suatu kelemahan, yakni mudah bocor. Sebab sebagian besar dari daerah jawa barat memiliki curah hujan cukup tinggi, membuat desain pada rumah ini sangat tidak efektif.

Tetapi ada beberapa daerah yang masih mempertahankan desain pada rumah perahu tengkurep ini. Hanya di daerah ciamis yang masih bisa ditemui rumah adat ini. Namun hanya sedikit mugkin beberapa rumah saja.

Imah Capit Gunting

rumah adat jawa barat

Imah capit gunting ini merupkan rumah adat tertua yang ada di jawa barat. Sebutan lain pada imah capit gunting ini adalah susuhunan. Kemudian ada juga sebutan lain untuk desain rumah ini, yakni undagi atau tata arsitektur.

Desain atap pada rumah ini juga menyerupai gunting atau pisau yang sedang dalam posisi menyilang. Baik pada bagian ujung atap depan maupun bagian belakang terdapat sebuah bambu. bentuk bambu tersebut membentuk huruf (x).

Rumah Adat Kasepuhan

rumah adat jawa barat

Rumah Adat Jawa Barat Kasepuhan merupakan keraton atau istana yang didirikan oleh Pangeran Cakrabuana pada tahun 1527. Rencana pembangunan dari keraton ini adalah untuk perluasan dari keraton Pakungwati. Padahal Pangeran Cakrabuana adalah putra dari Pabu Siliwangi yang merupakan raja dari Kerajaan Padjajaran.

Itulah materi makalah lengkap tentang rumah adat jawa barat, keunikan, nama rumah adat beserta gambarnya yang dapat GuruSekolah.co.id sampaikan. Semoga Bermanfaat…

Baca Juga :

tujuan budi utomo

peninggalan sejarah sriwijaya

baju adat bali

peninggalan kerajaan demak