Perubahan Kimia-Sifat Fisika dan Kimia Serta Contohnya Lengkap

Posted on

GuruSekolah.co.id –Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang Perubahan Kimia meliputi Sifat Fisika dan Kimia Serta Contohnya Lengkap secara singkat

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini :

perubahan kimia

Berikut ini merupakan ulasan tentang mengenai sifat-sifat fisika zat, dan sifat-sifat bahan kimia, sifat fisis, sifat bahan kimia, ciri-ciri perubahan fisika, sifat asam, sifat logam, sifat-sifat air, sifat logam, sifat senyawa, ciri-ciri perubahan kimia, contoh perubahan fisika, ciri-ciri reaksi kimia, contoh perubahan kimia, sifat fisika, sifat kimia, contoh sifat fisika dan contoh sifat kimia.

Apa saja yang membedakan antara sifat fisika dan juga sifat kimia?. Berikut ini kita ulas satu persatu tentang mengenai sifat fisika kemudian selanjutya sifat kimia.

Sifat Fisika dan Kimia

Sifat ialah keadaan yang mencirikan suatu zat atau materi. Setiap zat atau materi mempunyai sifat fisika dan juga sifat kimia.

Sifat Fisika

”  Sifat fisika ialah perubahan yang dialami suatu benda tanpa membentuk suatu zat baru. Sifat ini bisa diamati tanpa harus mengubah zat-zat penyusun materi tersebut. Sifat fisika antara lain adalah wujud zat, warna, bau, titik leleh, titik didih, massa jenis, kekerasan, kelarutan, kekeruhan, kemagnetan, dan juga kekentalan”.

Baca Juga  : Magnet & 3 Cara Membuat Magnet dan Gambarnya Secara Lengkap

a. Sifat Fisika Yang Terlihat

Sifat ini bisa dilihat dan juga diamati dari ;

1) Wujud zat : padat, cair dan gas

2) Kekerasan zat : keras atau lunak

3) Warna zat : hitam, putih, merah, kuning, dan berbagai warna lainnya

4) Bau zat : harum, anyir, atau busuk, dan lain sebagainya,

5) Bentuk : bulat, empat persegi panjang, balok, kubus, bundar, persegi, segitiga, dan lain sebagainya,

6) Tetapan fisika : titik lebur, titik uap, massa jenis, titik beku, titik didih, indeks bias, dan lain sebagainya.

b. Sifat Perubahan Fisika

Sifat ini bisa dilakukan dengan memakai cara berikut ini ;

1) Melarutkan zat ; mudah larut di air atau juga tidak

2) Mengalirkan arus listrik ; dapat mengalirkan arus listrik atau juga tidak

3) Mengalirkan panas ; dapat mengalirkan panas atau juga tidak

4) Menguapkan ; mudah menguap atau juga tidak

5) Mendekatkan ke magnet; dapat ditarik magnet atau juga tidak

6) dan berbagai bentuk kegiatan fisika lain sebagainya.

Dibawah ini contoh tabel dari sifat fisika :

Sifat Kimia

 Sifat kimia zat ialah kesanggupan suatu zat untuk bisa mengadakan reaksi kimia sehingga terjadi suatu perubahan. Sifat kimia zat bisa diketahui dengan menggunakan beberapa cara.

a. Sifat Kimia dengan Pembakaran

Zat dibakar, sehingga diketahui zat itu mudah terbakar, sulit, atau juga tidak dapat dibakar. Besi, baja, garam, dan air secara kimia tidak bisa terbakar.

b. Sifat Reaksi Kimia

Suatu zat direaksikan atau dicampur dengan zat lain, sehingga diketahui dapat menghasilkan zat baru, endapan, perubahan suhu, atau juga perubahan warna.

Besi diberi cuka dan udara akan menjadi keropos bisa menimbulkan karat. Karbon dioksida diberi air kapur, maka air kapur dapat menjadi keruh dikarenakan adanya endapan kapur.

Tabel Contoh Sifat Kimia Suatu Zat

c. Sifat Kimia dari Atomnya

Setiap zat terdiri atas unsur dan setiap unsur mempunyai atom, semua atom mempunyai nomor atom dan nomor massa. Besi contohnya mempunyai nomor atom 26 dan juga nomor massa 55.

Baca Juga : Rumus deret aritmatika-Pengertian dan Rumus Serta Contoh Soalnya

Selanjutnya penjelasan lainnya mengenai tentang sifat kimia:

Mudah terbakar

Bensin ialah zat yang mudah terbakar, sehingga banyak stasiun pengisian bahan bakar menghimbau “DILARANG MEROKOK”. Dengan mengetahui sifat dari bahan yang mudah terbakar, kita akan mendapatkannya secara efektif.

Mudah membusuk

Konsekuensi reaksi kimia dalam makanan atau juga minuman, bisa merubah makanan dan minuman yang membusuk dan mengubah rasa menjadi asam. Contohnya, beras yang dibiarkan berhari-hari dengan udara menjadi basi, dan juga susu yang berubah asam.

Berkarat

Reaksi antara logam dan oksigen bisa menghilangkan objek yang berkarat. Logam, seperti misal: zat besi dan seng mempunyai sifat pengaratan yang mudah.

Mudah meledak

Interaksi dengan oksigen di alam memiliki sifat eksplosif, seperti contoh: magnesium, uranium dan natrium.

Racun

Ada beberapa zat yang mempunyai sifat kimia beracun, termasuk juga: insektisida, pestisida, fungisida, herbisida, dan rodentisida. Zat beracun ini ialah manusia untuk bisa membasmi hama, baik serangga ataupun tikus.

Gurusekolah.co.id-Demikian penjelasan singkat mengenai perubahan kimia  sifat fisika dan sifat kimia serta contoh soalnya yang bisa kami sampaikan terimakasih semoga bermanfaat.

artikel lainnya :

7 Urutan Organ Pernapasan pada Manusia Dan Fungsinya

Gradien & Pengertian,Rumus,Gradien Garis Serta Contoh Soalnya

Rumus Pemuaian-Panjang, Luas dan Volume Secara Lengkap

Related posts: