Penyerbukan Silang

Posted on

Gurusekolah.co.id-Pada kesempatan kali ini kita akan membahas  tentang Pengertian Penyerbukan Atau Pembuahan Silang, Ciri Ciri Dan Contohnya Lengkap

Penyerbukan Silang

Pengertian

Definisi penyerbukan atau pemupukan – kasus serbuk sari jatuh di putik atau sering juga disebut Persia. Serbuk sari dapat berasal dari bunga sati, serta dari bunga lain, bahkan dari tanaman yang berbeda.

Penyerbukan atau pemupukan silang adalah proses ketika satu tanaman menyerbuki tanaman dari varietas lain. Dua tanaman menggabungkan bahan genetik dan biji yang diperoleh atau diperoleh sebagai hasil penyerbukan, yang akan memiliki karakteristik kedua varietas dan merupakan varietas baru.

Penyerbukan atau fertilisasi silang adalah penyerbukan yang terjadi ketika serbuk sari yang jatuh di putik putik dari bunga lain dari jenis yang sama, tetapi berbeda dari pohon.

Proses penyerbukan atau pemupukan

  • Penyerbukan atau pemupukan oleh angin

Bunga yang pemupukannya difasilitasi oleh angin memiliki karakteristik yang meliputi serbuk sari besar, kecil, kering, dan lunak, sehingga mudah diterbangkan angin.

Sebagian besar bunga kecil atau mahkota kecil, dan beberapa bahkan tidak memiliki mahkota. Contohnya adalah bunga pada tanaman herba.

  • Penyerbukan atau pemupukan oleh hewan

Bunga yang dibuahi oleh binatang memiliki ciri-ciri seperti kehadiran mahkota bunga yang besar dan menarik, warna mahkota yang cerah, emisi dari bau yang khas dan pembentukan nektar, yang dapat menarik binatang untuk diri mereka sendiri.

Kelompok bunga ini, pada umumnya, memiliki serbuk sari, yang kental dan lengket, sehingga mudah menempel pada hewan (terutama pada kaki serangga).

Misalnya, hewan yang biasanya membantu penyerbukan adalah kupu-kupu, lebah madu, kelelawar, dan sebagainya.

Baca Juga : Sistem Transportasi Tumbuhan

  • Penyerbukan atau pemupukan dengan air

Pada tanaman air, penyerbukan atau pemupukan dengan air biasanya terjadi. Ini karena hujan yang turun dapat mempengaruhi serbuk sari. Air yang sudah mengandung serbuk sari kemudian jatuh di atas alu, sehingga terjadi penyerbukan.

  • Penyerbukan atau pemupukan oleh manusia

Tanaman yang membantu penyerbukan adalah tanaman yang biasanya bermanfaat bagi kehidupan manusia, sehingga orang sering bersentuhan dengan tanaman berbunga ini. Contohnya adalah vanila dan anggrek.

Karakteristik penyerbukan atau fertilisasi silang

Karakteristik bunga atau tanaman yang melakukan penyerbukan silang meliputi:

Dari sudut pandang morfologi bunga, serbuk sari terhalang dari penyerbukan alu, misalnya, posisi benang sari di bawah alu atau pada bunga yang berbeda.

Ketika kematangan alu dan benang sari berbeda, oleh karena itu, ketika benang sari jatuh pada alu, tidak ada fusi terjadi antara sel gamet jantan dan betina. Atau alu dipersiapkan lebih awal dari benang sari, sehingga serbuk sari tanaman lain dapat menyerbunya terlebih dahulu.

Ketidakcocokan genital (ketidakmampuan). Pemupukan dengan serbuk sari yang sama tidak pernah menghasilkan pemupukan, sehingga alu harus diserbuki dengan serbuk sari dari bunga lain yang kompatibel.

Jenis bunga monoecious atau bunga jantan dan bunga betina dibagi menjadi satu tanaman. Contoh tanaman yang memiliki jenis bunga monoecious adalah tanaman jagung. Tanaman jagung memiliki bunga jantan di ujung batang dan bunga betina di ujung ketiak (batang). Serbuk sari dapat disebarkan oleh angin, sehingga ada potensi besar untuk penyerbukan silang.

Bunga yang termasuk dalam jenis timah, atau bunga jantan dan betina terpisah dan berada di tanaman yang berbeda. Contoh mudah untuk tanaman yang memiliki jenis bunga ini adalah tanaman pepaya. Tanaman pepaya biasanya memiliki satu jenis bunga dalam satu tanaman. Hanya bunga betina / bunga jantan saja, meskipun beberapa memiliki bunga jantan dan betina pada tanaman yang sama, tetapi sangat jarang tanaman dengan bunga seperti keuskupan biasanya spesies tanaman yang melakukan penyerbukan silang.

Contoh Penyerbukan Silang

Tumbuhan penyerbukan silang, di antaranya adalah

  • Pepaya

penyerbukan silang

Pohon pepaya, pada umumnya, tidak bercabang atau memiliki beberapa cabang, tumbuh hingga 5-10 m dengan daun yang membentuk spiral, mirip dengan batang pohon atas. Berbulu lima berbulu halus dengan batang panjang dan lubang di badan tengah. Bentuknya bisa dianggap atau tidak. Varietas pepaya biasanya dalam.

Pepaya atau ubi jalar adalah monoecious (satu janin dan dua rumah tangga) dengan tiga jenis kelamin: laki-laki, perempuan, dan pansy. Tumbuhan jantan dikenal sebagai “menggantung pepaya,” yang, meskipun jantan kadang-kadang bisa menghasilkan buah.

Janin steril tidak menghasilkan benih subur dan berubah menjadi bahan obat tradisional. Bunga pepaya memiliki warna yang tajam dengan batang atau duduk di batang. Bunga jantan tumbuh di batang panjang. Bunga umumnya ditemukan di daerah sekitar pucuk.

papaya jantan atau ubi jantan adalah kromosom Y primitif, yang, ternyata, dalam 10% dari total panjang tidak membedakan antara pepaya betina dan jantan dan betina dari pepaya atau pansy.

  • Salak

penyerbukan silang

Pohon palem dalam bentuk semak-semak atau hampir tidak berduri, meluncur dan berlipat ganda, berubah menjadi gumpalan padat dan kuat. Batang tersebar di bawah atau di atas tanah, membentuk, seringkali bercabang, dengan diameter 10-15.

Sebagian besar dari dua pernikahan ini, atau dioezis, berada di tongkol kompleks yang muncul di ketiak daun, batang awalnya dilapisi dengan selubung yang kemudian mengering dan runtuh menyerupai serat. Sebatang bunga jantan panjang 50-100 cm.

terdiri dari 4-12 butir, masing-masing panjang 7-15 cm, dengan banyak bunga kemerahan yang terletak di ketiak sisik timbangan. Telinga bunga betina adalah 20-30 cm panjang, batang, terdiri dari 1-3 telinga jagung, yang panjangnya mencapai 10 cm

  • Melinjo

penyerbukan silang

Melinjo adalah tanaman tahunan. Benih tidak dibungkus dengan daging, tetapi dibungkus dengan kulit luar. Batangnya kuat dan dapat digunakan sebagai bahan, satu lembar dengan ujung tumpul.

Tanaman melinjo tidak menghasilkan dan benar karena tidak termasuk tanaman berbunga. semacam buah yang sebenarnya dibungkus lapisan pulp.

Tanaman melingo tumbuh atau tumbuh selama lebih dari 100 tahun, dan setiap tanaman dapat menghasilkan meligno hingga 80-100 kg, jika tidak dipangkas atau dipangkas, pohon dapat mencapai ketinggian 25 m dari tanah.

Tanaman melinjo dapat diperbanyak secara generatif (biji) atau secara vegetatif (okulasi, okulasi, okulasi dan okulasi).

  • Bunga Matahari

penyerbukan silang

Bunga matahari – tanaman tahunan yang berasal dari Amerika tropis utara (Meksiko), tingginya dari 3 hingga 5 m, tergantung pada varietasnya. Lembar lebar. Batang biasanya ditutupi dengan rambut kasar, jarang bercabang.

  • Wortel

penyerbukan silang

Wortel adalah tanaman dua tahunan yang memiliki siklus atau umur 12-24 bulan, dan juga mengakumulasi sejumlah besar karbohidrat sehingga tanaman ini mekar di tahun kedua. Batang bunga tumbuh sekitar 1 m, dengan bunga putih

Demikian penjelasan singkat dan jelas tentang  “Pengertian Penyerbukan Atau Pembuahan Silang, Ciri Ciri Dan Contohnya Lengkap” yang bisa gurusekolah.co.id sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima Kasih.

Artikel Lainnya :