Penyakit Tulang : Macam-macam Penyakit Tulang,Gangguan dan Kelainan

Posted on

GuruSekolah.co.id – Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang Penyakit Tulang yang meliputi Macam-macam Penyakit Tulang,Gangguan dan Kelainannya lengkap

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini :

Macam-macam Gangguan Pada Tulang

Tulang pada manusia sering kali terjadi gangguan, baik yang terjadi gangguan tulang sejak lahir. Karena makanan yang telah kita konsumsi, posisi dari tubuh yang salah, terkena suatu penyakit, kecelakaann, dan lain sebagainya. Dibawah ini adalah merupakan macam-macam kelainan, gangguan tulang atau penyakit pada tulang yang akan dibahas secara lengkap dan juga jelas.

1. Gangguan Tulang Sebab Kebiasaan Posisi Tubuh Yang Salah

Kebiasaan yang kurang baik akan memengaruhi dari pertumbuhan tubuh. Sikap tubuh yang salah ketika duduk, berdiri, tidur, atau juga ketika membawa beban yang terlalu berat bisa menyebabkan gangguan pada tulang belakang atau punggung sebagai berikut ;

a. Skoliosis

Skoliosis yakni kondisi di mana tulang belakang bagian punggung menjadi bengkok ke kiri atau juga ke kanan. Penyebabnya ialah posisi duduk yang salah. Skoliosis juga bisa terkena pada seseorang yang sering membebani salah satu sisi tulang belakang, dan kebiasaan ini dilakukan selama bertahun-tahun.

b. Lordosis

Lordosis yakni kondisi di mana tulang belakang bagian punggung menjadi bengkok ke belakang. Hal itu bisa timbul, jika kita sering duduk di kursi dengan meja yang terlampau tinggi.

c. Kifosis

Kifosis ialah kondisi yang berkebalikan dari lordosis. Kifosis, yakni tulang belakang bagian dorsal perut menjadi bengkok ke depan. Hal itu bisa timbul disebabkan kebiasaan menulis yang terlalu membungkuk dalam waktu yang lama.

Contoh Gangguan pada tulang karena salah kebiasaan

2. Gangguan Tulang Karena Penyakit

Baca Juga :5 Macam Alat Pencernaan : Macam-Macam Alat Pencernaan Manusia

a. Polio

Penderita polio akan mengalami kelumpuhan sehingga lama kelamaan tulangnya akan menjadi mengecil. Penyakit polio bisa dicegah dengan menggunakan vaksin polio. Pemberian vaksin polio iini biasanya dilakukan melalui mulut pada saat anak berusia di bawah lima tahun.

b. Layuh Semu

Layuh semu timbul akibat infeksi penyakit sifilis yang terjadi pada anak semasa dalam kandungan ibunya, akibat tertular oleh ibu yang terjangkit penyakit sifilis, akibat tulang tulang anggora gerak pada bayi atau juga anak menjadi layuh atau menjadi tidak bertenaga.

c. Rakhitis

Rakitis ialah merupakan suatu penyakit yang mengakibatkan terhambatnya pada pertumbuhan tulang. Penyakit ini terjadi disebabkan penderita kekurangan vitamin D dan juga sinar matahari pada pagi hari. Orang yang menderita penyakit rakhitis mempunyai tulang yang lemah dan biasanya berbentuk X ataupun O karena tidak bisa menahan berat tubuh.

d. Kaku Sendi

Kaku sendi adalah merupakan cacat pada persendian dimana sendi tidak bisa digerakkan. Penyakit ini disebabkan oleh karena persendian terinfeksi penyakit sifilis atau juga gonorhoe sehingga minyak yang ada di sendi menjadi kering dan tidak mampu digerakkan, contohnya pada lutut yang tidak bisa dibengkokkan. Kaku sendi biasanya sering kali terjadi pada orang dewasa.

e. Kanker Tulang

Virus juga bisa merusakkan pertumbuhan sel sel tulang yang tidak dapat terkendali, sehingga di beberapa tempat pada tulang bisa tumbuh benjolan benjolan yang dapat berpindah pindah dan juga timbul rasa sakit. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian pada penderita.

f. TBC Tulang

TBC tulang ialah penyakit pada tulang diakibatkan oleh infeksi Tuberculosis yang sehingga membuat tulang menjadi rusak.

g. Osteoporosis

Osteoporosis atau bisa disebut juga tulang keropos adalah penyakit yang menyebabkan tulang mudah retak atau juga patah. Penyakit ini biasanya dapat menyerang orang lanjut usia, terutama pada perempuan. Penyebab dari osteoporosis ini ialah tubuh kekurangan zat kapur (kalsium).

h. Rikets

Rikets adalah kelainan tulang pada anak yang disebabkan defisiensi vitamin D. Tulang ini biasanya lunak dan jika berjalan maka tulang akan menjadi melengkung.

i. Osteomalasia

Osteomalasia ialah kelainan tulang kerena defisiensi vitamin D pada orang dewasa. Tulang yang kekurangan fosfor dan kalsium sehingga tulang menjadi lunak. Osteomalasia kebanyakan diderita oleh para wanita yang kurang makan padi-padian, susu, jarang terkena sinar matahari, dan juga sering melahirkan.

j. Steoporosis atau osteopenia

Kelainan tulang yang kebanyakan diderita oleh para orangtua yang sudah menopause. Kelainan ini dapat berupa menurunnya kerja sel osteoblas sebagai akibat dari penurunan produksi hormon estrogen. Tulang akhirnya menjadi rapuh dan juga mudah patah. Penyakit ini bisa diatasi dengan banyak minum susu yang mengandung kalsium tinggi.

k. Artritis

Artritis adalah gangguan tulang yang berupa peradangan pada sendi yang disebabkan keseleo, infeksi, dan juga luka sendi.

l. Mikrosefalus

Mikrosefalus adalah kelainan akibat pertumbuhan tulang-tulang tengkorak yang terhambat karena kekurangan zat kapur saat pembentukan tulang tengkorak pada waktu bayi, sehingga ukuran kepala menjadi kecil (ukurannya tidak proporsional). Akibat lebih lanjut biasanya bisa berpengaruh pada perkembangan mental.

Macam-macam Kelainan dan Gangguan pada Persendian

Gangguan persendian ada beberapa macam, yakni dislokasi, terkilir, ankilosis, dan juga artritis.

1) Dislokasi

Dislokasi terjadi jika sendi bergeser dari kedudukan semula karena ligamentum (jaringan penggantung) sobek ataupun juga tertarik.

2) Terkilir

Terkilir dapat disebabkan oleh gerakan yang tiba-tiba atau tidak biasa dilakukan sehingga ligamentum menjadi tertarik, tetapi sendi tidak mengalami pergeseran posisi. Terkilir juga menyebabkan rasa sakit yang cukup hebat dan mengalami pembengkakan.

3) Ankilosis

Ankilosis ialah suatu keadaan persendian yang tidak dapat digerakkan karena seolah-olah kedua tulang itu menyatu.

4) Artritis

Artritis ialah peradangan yang terjadi pada sendi disertai dengan rasa sakit dan kadang-kadang posisi tulang mengalami perubahan.

Gurusekolah.co.id -Demikian makalah dan ulasan tentang Penyakit Tulang yang meliputi Macam-macam Penyakit Tulang,Gangguan dan Kelainan yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat, Terima kasih.

Artikel Lainnya :

Metabolisme & Pengertian,Karbohidrat, Protein,Lemak Dan Prosesnya

Perubahan Kimia-Sifat Fisika dan Kimia Serta Contohnya Lengkap

7 Urutan Organ Pernapasan pada Manusia Dan Fungsinya

Related posts: