Pengertian Senam – Sejarah, Jenis-Jenis Dan Manfaat Secara Lengkap

Posted on

Gurusekolah.co.id-Pada kesempatan kali ini kita akan membahas  tentang Pengertian Senam – Sejarah, Jenis-Jenis Dan Manfaat Secara Lengkap

senam

Pengertian Senam

Senam adalah kegiatan olahraga dan atau mengolah raga yang mana anggota tubuh ikut bergerak, serta memerlukan gerakan fisik yang cepat, kuat, dan serasi.

Senam pada umumnya tergolong cabang olahraga yang mempunyai tujuan agar melatih tubuh dengan gerakan tertentu secara teratur, serasi, terencana, sadar, dan juga sistematis

Dari tujuan senam yaitu, agar kebugaran tubuh dapat meningkat baik secara jasmani ataupun rohani, serta dapat meningkatkan ketangkasan dalam keterampilan dan juga dapat membentuk mental yang baik bagi seseorang yang melakukan kegiatan senam.

Pengertian Senam Menurut Pendapat Para Ahli

Dari pengertian senam secara umum diatas, ada beberapa pengertian senam yang dijelaskan dari para ahli yang dapat kita bandingkan atau kita samakan. Mari kita bahas bersama pendapat yang mereka jelaskan. Berikut pendapatnya yang dapat kita simak dibawah ini :

  • Mahendra

Pengertian Senam yang dikemukakan oleh Mahendra, senam ialah suatu kegiatan yang utama dimana bermanfaat untuk komponen fisik dan juga kemampuan gerak agar berkembang

  • Sutrisno dan Khafadi

Senam yakni merupakan bentuk latihan fisik yang dilalukan secara sistematis dengan melibatkan beberapa gerakan yang terpilih dan terencana untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.

  • Peter H. Werner

Pengertian senam yakni merupakan salah satu latihan tubuh pada lantai atau alat yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan, kekuatan, kecepatan, kelenturan, kelincahan, koordinasi, sertra kontrol diri.

  • Margono

Senam yakni merupakan latihan tubuh yang telah dipilih dan diciptakan dengan terencana, disusun secara sistematis yang memiliki tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis.

  • Muhajir

Menurut muhajir senam merupakan suatu kegiatan yang bermanfaat untuk mengembangkan komponen fisik dan komponen gerak.

Sejarah Senam

sejarah senam

Kata Senam ini berasal dari kata Gymnastics (Inggris) dan Gymnastiek (Belanda) . Gymnastics berasal dari kata serapan Bahasa Yunani yakniGymnos yang artinya yakni telanjang. Bahasa Yunani, gymnastics di ambil dari kata gymnazein yang artinya berlatih atau melatih diri. yang mana latihan itu dibutuhkan oleh pemuda Yunani Kuno untuk menjadi warga negara yang baik sesuai degan cita-cita negara serta menjadikan penduduk negara itu sebagai manusia harmonis.

Baca Juga : Sepak Bola Indonesia: Pengertian, Sejarahnya Di Dunia Dan Indonesia

Jenis – Jenis Senam

Berikut ini adalag beberapa jenis senam, diantaranya :

1. Senam Akrobatik

Senam Akrobatik

Senam akrobatik yakni merupakan jenis senam yang mana gerakannya mengandung gerakan akrobatik. Misalnya seperti gerakan salto dan mendarat di pundak pesenam yang lain.

Senam ini memerlukan kekuatan otot, kecepatan, ketangkasan, keseimbangan tubuh, dan koordinasi motorik yang baik. Senam akrobatik biasanya di perlombakan dalam ajang event olah raga, atau dapat kita temukan pada seni bela diri.

2. Senam Artistik

Senam Artistik

Senam artistik yakni merupakan jenis senam yang paling mashur atau terkienal dan biasanya diperlombakan dalam kegiatan olimpiade olahraga. adapun jenis senam seperti ini membutuhkan alat khusus yang telah ditentukan.

Berikut ini adalah alat-alat senam artistik diantaranya;

  • Gelang-gelang
  • Palang tunggal
  • Kuda pelana
  • Kuda lompat
  • Palang bertingkat
  • Palang sejajar
  • Dan yang lainnya

Baca Juga : Bola Basket-Pengertian,Tujuan,Teknik,Peraturan dan Cara Bermain

3. Senam Aerobik Sport

Senam Aerobik Sport

Senam aerobik sport yakni merupakan pengembangan dari senam aerobik, yakni senam dengan tarian khusus yang dipadukan dengan beberapa gerakan yang tidak begitu mudah.

Terdapat unsur-unsur dari senam ini yakni :

  1. Senam ritmik
  2. Koreografi
  3. Aerobik
  4. Akrobat
  5. Dan musik

4. Senam Ritmik Sportif

Senam Ritmik Sportif

Senam ritmik sportif yakni merupakan senam irama yang diiringi oleh musik tertentu sehingga setiap gerakan tubuh disesuaikan dengan irama tersebut.

5. Senam Trampolin

Senam Trampolin

Senam trampolin yakni merupakan senam yang dilakukan di atas trampolin dengan melakukan berbagai gerakan-gerakan tertentu.

6. Senam Umum

Senam Umum

Senam umum yakni merupakan senam yang umum dilakukan oleh masyarakat dimana gerakannya mudah untuk diikuti. Senam ini biasanya menggunakan alat musik tertentu dan gerakannya menyeyuaikan irama musik tersebut.

Beberapa contoh senam umum adalah;

  • Senam sehat
  • Senam jantung
  • Senam SKJ
  • Senam pagi
  • Dan yang lainnya

Baca Juga : Ciri Negara Maju-Penjelasan Negara Maju Dan Negara Berkembang

Manfaat Senam

Senam sangat bermanfaat bagi manusia, baik secara kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani. Senam yang dilakukan secara teratur, proses penuaan dini dapat dihambat dan juga dapat menjaga tubuh agar tetap segar dan bugar. Jika melakukan kegiatan senam ini secara teratur, akan dapat membuat tubuh :

  • Kekuatan otot akan tetap kuat
  • Sendi – sendi akan menjadi lentur
  • Tubuh akan semakin lincah
  • Tubuh akan menjadi luwes atau gerak tubuh tidak kaku
  • Bentuk tubuh tetap terjaga ideal, sehat, segar dan bugar

Melakukan senam dengan teratur juga sangat bermanfaat meningkatan jumlah volume darah, melancarkan peredaran darah dalam tubuh, menyeimbangkan kadar osteoblast dan osteoclast, serta membantu meningkatkan kontrol diri.

Demikian penjelasan singkat dan jelas tentang  “Pengertian Senam – Sejarah, Jenis-Jenis Dan Manfaat Secara Lengkap” yang bisa gurusekolah.co.id sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima Kasih.

Artikel Lainnya : 

Related posts: