Paragraf / Teks Eksposisi – Pengertian, Ciri, Struktur, Jenis, Beserta Contohnya Lengkap

Posted on

Gurusekolah.co.id-Pada kesempatan kali ini kita akan membahas  tentang Paragraf / Teks Eksposisi – Pengertian, Ciri, Struktur, Jenis, Beserta Contohnya Lengkap

Paragraf Eksposisi

Pengertian / Definisi Paragraf Eksposisi

Apakah kalian sudah mengetahui apa itu paragraph eksposisi ? Paragraf eksposisi ialah paragraph yang kandungan isi didalamnya memuat berbagai macam informasi. Informasi yang dipaparkan didalam sebuah paragraph bertujuan agar materi atau objek dapat dijelaskan secara padat, singkat, dan juga akurat.

Ciri – Ciri Paragraf Eksposisi

Ada beberapa ciri – ciri yang dapat kita ketahui tentang sebuah paragraph eksposisi, diantaranya antara laian :

  • Gaya penulisan yang ada didalam paragraph eksposisi bersifat mengajak dan tidak terlalu mempengaruhi pembaca
  • Bahasa yang digunakan adalah bahasa baku dan disampaikan secara jelas dan lugas
  • Isi yang dijabarkan bersifat informative
  • Isi dari paragraph tidak memaksa maupun memihak kepada kehendak dari pembacanya
  • Sifat dari paragraph karangan ini objektif tetapi tidak netral
  • Data – data yang diberikan adalah data yang akurat
  • Isi dari karangan paragraph untuk mengungkap fakta yang selanjutnya dipakai sebagai kontribusi dan konkritasi

Struktur Paragraf Eksposisi

Dibawah ini beberapa struktur dari paragraph eksposisi, ialah :

1. Tesis / Pernyataan Pendapat

Dikalangan mahasiswa/wi, tesis sudah tidak asing lagi dikarenakan tesis ini digunakan sebagai salah satu tolak ukur pada saat ujian akhir yang dijalani oleh mahasiswa/wi pascasarjana.

Tesis ialah merupakan isi dari sudut pandang seorang penulis terhadap masalah yang akan dibahas didalamnya. Bentuk dari tesis dapat berupa pertanyaan yang didalamnya diperkuat olleh pendapat atau argumentasi

Perlu kita bersama ketahui bahwa bagian dari sudut pandang tersebut sangat penting, karena memiliki tujuan agar paragraph / teks eksposisi muncul diawal paragraph. Namun dapat pula dibuat atau ditempatkan diakhir paragaraf.

2. Argumentasi

Argumentasi / pendapat ialah alas an yang dibuat sebagai bukti agar memperkuat sebuah pendapat yang ada didalam tesis. Akan tetapi, pada kehidupan sehari-hari argument dipakai seseor untuk menolak atau menyanggah sebuah pernyataan. Argument dapat bersifat pernyataan umum atau juga dari sejumlah data yang diteliti oleh para ahlinya dengan hasil yang akurat dan terjamin.

3. Penegasan Ulang

Penegasan ulang dari sebuah pendapat , merupakan kesimpulan dari sebuah tesis yang ditegaskan kembali dari pemaparan yang sudah dijelaskan didalam paragraph sebelumnya.

Baca Juga : Pengertian Seni Sastra – Ciri, Fungsi, Jenis-Jenis, Unsur & Manfaatnya Lengkap

Jenis – Jenis Paragraf Eksposisi

Ada beberapa dari jenis paragraph eksposisi, antara lain sebagai berikut :

  • Paragraf / Teks eksposisi Definisi

Paragraf eksposisi Definisi, ialah jenis dari sebuah paragraph yang isinya menjelaskan tantang penjelasan / pengertian dari sebuah topik tertentu dari sebuah pembahasan.

  • Paragraf / Teks eksposisi Proses

Paragraf eksposisi Proses, ialah rangkaian dari sebuah tahapan tentang suatu kejadian atau peristiwa dimulai dari awal sampai akhir.

  • Paragraf / Teks eksposisi Ilustrasi

Paragraf eksposisi Ilustrasi, ialah pemaparan dari sebuah paragraph yang berisikan suatu informasi atau keterangan tertentu. Didalamnya dijelaskan mengenai gambaran / keterangan singkat dari sebuah topik lain yang mempunyai kemiripan / kesamaan sifat dengan topik lainnya

  • Paragraf / Teks eksposisi Laporan

Paragraf eksposisi Laporan, ialah paragraph yang isinya menjelaskan mengenai sebuah kejadian atau sebuah penelitian

  • Paragraf / Teks eksposisi Perbandingan

Paragraf eksposisi Perbandingan, ialah suatu paragraph yang isinya adalah sebuah gagasan utama yang dipaparkan memakai perbandingan dengan sebuah paragraph lainnnya.

  • Paragraf / Teks eksposisi Pertentangan

Paragraf eksposisi Pertentangan, ialah sebuah paragraph karangan yang isi didalamnya mengenai pertentangan sesuatu hal atau pembahasan dengan isi sebuah paragraph karangan lainnnya

Contoh Paragraf Eksposisi ilustrasi

Baca Juga : Simbiosis Komensalisme – Pengertian, Penjelasan, Beserta Contohnya Lengkap

Contoh Paragraf Eksposisi

Tesis :

“Hukum  yang digunakan di indonesia semestinya telah berjalan seperti perundang – undangan yang berlaku, selanjutnya mesti di tegaskan kembali dan terus menerus kepada para pelaku kejahatan. Akan tetapi, kerap kali ketidakadilan terjadi di indonesia mengenai perihal hukum. Banyak dari beberapa orang telah dirugikan atas ketidak adilan hukum yang mana hukum seringkali tajam kebawah namun tumpul keatas”.

Argumentasi :

“Telah menjadi rahasia umum, bahwa pelaku kejahatan misalnya koruptor milyaran rupiah yang memiliki kekuasaan atau materi yang banyak mendapatkan hukuman yang cukup ringan, fasilitas yang diberikan didalam sel penjara sangat mewah. Sedangkan, sering kali kita melihat dan mendengar berita bahwa ada seorang nenek yang diduga mengambil kayu bakar hanya untuk sebagai alat masak didapur mendapatkan hukuman yang begitu berat, sampai kemudian didakwa hukuman beberapa tahun. Namun jrang sekali atau bahkan tidak pernah seorang koruptor di hajar masa atau di arak di jalan karena perbuatanya mencuri uang negara”.

Penegasan Ulang :

“Untuk itu hukum di negara kita indonesia bisa di katakan tegas untuk kalangan rakyat kecil seperti pada kasus yang pernah terjadi oleh seorang nenek Asyani. Hal ini disebabkan nenek tersebut hanya mencuri kayu. Akan tetapi hukuman yang diterima selama lima tahun di dalam sel penjara. Ini begitu menoreh hati banyak orang karena keadilan belum bisa di tegakan se adil – adilnya dengan perbandingan yang terjadi dengan kasus para koruptor. Memang pada kedua kasus tersebut bukanlah hal yang terpuji dan dicontoh, karena perbuatan mencuru adalah perbuatan yang salah di mata hukum”.

Itulah penjelasan tentang  “ Pada kesempatan kali ini kita akan membahas  tentang Paragraf / Teks Eksposisi – Pengertian, Ciri, Struktur, Jenis, Beserta Contohnya Lengkap ” yang bisa gurusekolah.co.id sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima Kasih.

Artikel Lainnya :

Etnosentrisme – Pengertian, Penyebab, Dampak Beserta Contoh Lengkap

Tugas Dan Wewenang Presiden dan Wakil Presiden Secara Lengkap

Paragraf : Pengertian dan Macam – Macamnya Lengkap

Jenis-Jenis Tanda Baca – Fungsi Beserta Contoh Penggunaannya