Pasar Oligopoli-Pengertian Ciri-Ciri Pasar Oligopoli Beserta Contohnya

Posted on

Gurusekolah.co.id-pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara detail dan lengkap tentang definisi dari Pasar Oligopoli-Pengertian Ciri-Ciri Pasar Oligopoli Beserta Contohnya lengkap.

pasar oligopoli

Pengertian pasar oligopoli

Pasar oligopoli ialah pasar yang hanya terdiri dari beberapa penjual untuk suatu barang tertentu, sehingga antara penjual yang satu dan juga dengan penjual yang lainnya dapat memengaruhi harga.

Istilah kata Oligopoli berasal dari bahasa Yunani,  yakni: Oligos Polein  yang artinya: yang menjual sedikit atau beberapa penjual.

Pasar oligopoli ialah suatu bentuk pasar yang terdapat beberapa penjual yang mana salah satu atau juga beberapa penjual bertindak sebagai pemilik pangsa pasar terbesar (price leader).

Contoh pasar oligopoli

Contoh dari pasar Oligopoli adalah misalnya: perusahaan menjual mobil dan sepeda motor, perusahaan rokok, industri telekomunikasi, dan perusahaan semen.

Ciri-ciri pasar oligopoli

Pasar oligopoli memiliki ciri-ciri berikut ini antara lain;

a) Hanya memikiki sedikit penjual, sehingga keputusan dari salah satu penjual akan memengaruhi penjual lainnya.

b) Produk-produknya memiliki standar.

c) Kemungkinan mempunyai penjual lain untuk masuk kedalam pasar masih terbuka.

d) Peran iklan begitu sangat besar dalam penjualan produk perusahaan.

Baca Juga : Perkembangan Dan Pengertian Teknologi Informasi Serta Komunikasi

Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Terbentuknya Pasar Oligopoli

1.      Efisiensi Skala Besar

Efisiensi yang skala besar di dalam efisiensi teknis (teknologi) dan efisiensi ekonomi (biaya produksi). Profit hanya dapat tercipta apabila perusahaan mampu mencapai tingkat efisiensi.

Efisiensi teknis dapat menyangkut pada penggunaan teknologi dalam proses produksi. Kemampuan dari produsen dalam menempatkan sumber daya secara optimal.

Efisiensi ekonomi yang menyangkut pada biaya produksi. Bagaimana dalam mengatur biaya pada komposisi yang tepat sehingga harga yang dipasarkan adalah harga yang bisa diterima oleh pasar dan produsen.

2.      Kompleksitas Manajemen

Perusahaan  sebaiknya memiliki kemampuan pengaturan manajemen yang cukup baik supaya mampu bertahan dalam struktur industri yang persaingannya lebih kompleks.

Tidak banyak perusahaan yang mempunyai kemampuan tersebut, sehingga dalam pasar oligopoli akhirnya hanya terdapat sekali sedikit produsen.

Macam-macam pasar oligopoli

1.       Oligopoli murni (pure oligopoly)

Menjual barang yang homogen atau sama. Biasanya banyak ditemukan dalam industri yang menghasilkan bahan mentah atau juga merupakan sebuah praktek oligopoli dimana barang yang diperdagangkan adalah barang yang bersifat sama.

Contohnya praktek oligopoli pada produk mineral dalam kemasan atau semen.

2.      Oligopoli dengan pembedaan (differentiated oligopoly).

Menjual barang berbeda motif. Barang seperti itu pada umumnya ialah barang akhir atau juga merupakan suatu bentuk praktek oligopoli dimana barang yang diperdagangkan bisa dibedakan.

Contohnya pasar sepeda motor di Indonesia yang kini dikuasai oleh beberapa merek terkenal seperti Honda, Yamaha, Suzuki.

Kelebihan dan kelemahan pasar oligopoli

Kelebihan pasar oligopoly adalah sebagai berikut :

  1. Memberi kebebasan untuk memilih bagi pembeli
  2. Mampu melakukan penelitian dan juga pengembangan  produk
  3. Lebih memperhatikan pada kepuasan konsumen sebab adanya persaingan penjual
  4. Adanya penerapan suatu teknologi baru
  5. Adanya efisiensi dalam menjalankan suatu kegiatan produksi
  6. Persaingan di antara perusahaan akan lebih memberikan keuntungan bagi para konsumen dalam hal harga dan juga kualitas barang.

Jumlah penjual yang sedikit membuat penjual bisa mengendalikan harga dalam tingkat tertentu

Baca Juga :Infrastruktur Politik : Jenis-Jenis, Dan Masalahnya di Indonesia

Kelemahan pasar oligopoly adalah sebagai berikut :

  1. Dibutuhkan investasi dan modal yang cukup besar untuk dapat memasuki pasar, sebab adanya skala ekonomis yang sudah dibuat oleh perusahaan sehingga sulit bagi para pesaing baru untuk dapat masuk ke dalam pasar.
  2. Apabila terdapat perusahaan yang mempunyai hak paten atas sebuah produk, maka tidak ada memungkinkan bagi perusahaan lain untuk bisa memproduksi barang sejenis.
  3. Perusahaan yang sudah memiliki pelanggan setia akan menyulitkan perusahaan lain untuk dapat menyainginya.
  4. Dapat timbul eksploitasi terhadap pembeli dan juga pemilik  faktor produksi
  5. Membuat ketimpangan distribusi pendapatan
Demikian lah pembahasan kali ini tentang Pasar Oligopoli dan Pengertian Ciri-Ciri Pasar Oligopoli Beserta Contohnya yang bisa Gurusekolah.co.id sampaikan semoga bermanfaat..
Artikel Lainnya :

 

Related posts: