Paragraf : Pengertian dan Macam – Macamnya Lengkap

Posted on

GuruSekolah.co.id – Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang paragraf pada pembahasan kali ini kita akan membahas secara singkat Pengertian dan macam – macamnya lengkap

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini :

paragrafPengertian Paragraf

Paragraf ialah sekumpulan kalimat yang terdiri atas kalimat utama dan kalimat penjelas. Paragraf menjadi bagian dan unsur penting dari sebuah karya tulis dan sastra.

Terdapat berbagai macam-macam paragraf diperhatikan dari letak kalimat utamanya atau juga menurut isinya.

Secara umum pengertian paragraf ialah karangan yang terdiri atas sejumlah kalimat dengan pikiran utama sebagai pengendaliannya dan juga pikiran penjelas sebagai pendukungnya.

Paragraf bisa juga disebut alinea. Baris pertama dari paragraf biasanya sedikit menjorok ke dalam.

Paragraf terdiri atas 1 kalimat utama mengandung  pokok pikiran utama juga beberapa kalimat penjelas yang berisi pokok pikiran penjelas yang dapat menerangkan gagasan utama paragraf.

Gagasan utama pada sebuah paragraf menjadi topik inti yang dapat dijelaskan oleh kalimat-kalimat lainnnya.

Terdapat beberapa jenis-jenis dari paragraf yang ada. Pembagian macam-macam paragraf dapat didasarkan kepada letak kalimat utamanya atau juga menurut isi dan tujuannya.

Jenis-jenis dari paragraf yang ada ini bisa kita dapat pada berbagai karya tulis dan juga sastra.

Di bawah ini akan diulas macam – macam dari paragraf dan contohnya, dibahas secara lengkap beserta pengertian dan penjelasan dari setiap kategori.

Macam-Macam Paragraf

Berikut ini adalah penjelasan macam-macam paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya, berdasarkan isinya serta berdasarkan fungsi dan juga tujuannya.

Jenis-Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat Utamanya

Ada 4 macam paragraf berdasarkan atas letak gagasan utamanya, yaitu paragraf deduktif, paragraf induktif, paragraf campuran serta paragraf ineratif.

1. Paragraf Deduktif

Pengertian paragraf deduktif ialah paragraf yang posisi gagasan pokok atau kalimat utamanya berada di awal paragraf. Paragraf ini bersifat deduksi dan dikembangkan dari pernyataan yang umum ke khusus.

Jenis paragraf deduktif dapat diawali oleh kalimat utama yang berisi pokok dari pikiran utama, kemudian dilanjutkan oleh kalimat-kalimat penjelasnya.

2. Paragraf Induktif

Pengertian paragraf induktif ialah paragraf yang posisi gagasan pokok atau juga kalimat utamanya berada di akhir paragraf. Paragraf ini bersifat induksi dan dikembangkan dari pernyataan yang khusus ke umum.

Jenis paragraf induktif dapat diawali oleh kalimat-kalimat penjelas dan kemudian diakhiri oleh kalimat utama yang berisi pokok pikiran utama dari paragraf.

3. Paragraf Campuran

Pengertian paragraf campuran ialah gabungan antara paragraf deduktif dan juga induktif. Jenis dari paragraf ini diawali oleh kalimat utama, lalu kemudian diikuti oleh beberapa kalimat-kalimat penjelasnya dan terakhir diakhiri oleh sebuah kalimat utama lagi.

Artinya terdapat dua kalimat utama yang terletak di awal paragraf dan ditegaskan kembali pada akhir paragraf. Sementara bagian tengah-tengahnya ialah kalimat-kalimat penjelasnya.

4. Paragraf Ineratif

Pengertian paragraf ineratif ialah kebalikan daripada paragraf campuran. Jenis dari paragraf ini diawali oleh kalimat-kalimat penjelas, kemudian diikuti oleh sebuah kalimat utama paragraf dan kemudian dilanjutkan kembali dengan kalimat-kalimat penjelas lainnya.

Artinya letak kalimat utama yang berisikan pokok pikiran utama paragraf ini terdapat pada bagian tengah-tengah dari sebuah paragraf.

Jenis-Jenis Paragraf Berdasarkan Isinya

Terdapat 5 macam-macam paragraf berdasarkan dari isinya, yaitu paragraf narasi, paragraf deskriptif, paragraf eksposisi, paragraf argumentasi serta paragraf persuasi.

1. Paragraf Narasi

Pengertian paragraf narasi ialah paragraf yang menceritakan sebuah cerita atau juga kejadian secara berurutan dan kronologis. Paragraf narasi dapat dibagi menjadi dua yaitu paragraf narasi kejadian untuk menceritakan sebuah kejadian serta paragraf narasi runtut cerita untuk mengembangkan urutan tindakan hingga menghasilkan sesuatu.

2. Paragraf Deskripsi

Pengertian dari paragraf deskripsi ialah paragraf yang menggambarkan suatu objek dengan kata-kata yang mampu merangsang indra pembaca. Dalam paragraf ini, penulis ingin membuat seorang pembaca seolah-olah bisa melihat, mendengar maupun merasakan apa yang sedang mereka baca.

3. Paragraf Eksposisi

Pengertian dari paragraf eksposisi ialah paragraf yang menjelaskan, menyampaikan, mengajarkan, dan menerangkan suatu topik kepada pembaca dengan maksud tujuan memberi informasi sehingga memperluas pengetahuan pembaca.

4. Paragraf Argumentasi

Pengertian dari paragraf argumentasi ialah paragraf yang menyampaikan ide, gagasan atau pendapat penulis dengan disertai bukti dan fakta yang aktual. Tujuan maksud dari paragraf argumentasi ialah untuk meyakinkan pembaca terkait ide dan pendapat tersebut benar dan terbukti.

5. Paragraf Persuasi

Pengertian dari paragraf persuasi ialah suatu bentuk paragraf yang mempunyai tujuan membujuk dan mempengaruhi pembaca agar mau berbuat sesuatu sesuai dengan yang tertera pada paragrafnya. Penulis menyertakan bukti data dan fakta untuk bisa mempengaruhi seorang pembaca.

Jenis-Jenis Paragraf Berdasarkan Fungsi dan juga Tujuannya

Terdapat 3 macam-macam paragraf berdasarkan fungsi dan juga tujuannya, yaitu paragraf pembuka, paragraf penghubung serta paragraf penutup.

1. Paragraf Pembuka

Pengertian paragraf pembuka ialah paragraf yang berada di awal sebuah karya tulis. Jenis dariparagraf pembuka berfungsi sebagai pengantar dan pengenalan isi kepada pembaca.

2. Paragraf Penghubung

Pengertian paragraf penghubung ialah paragraf yang berada di tengah-tengah sebuah karya tulis. Jenis dari paragraf penghubung berfungsi sebagai penghubung antara paragraf pembuka dan paragraf penutup.

3. Paragraf Penutup

Pengertian paragraf penutup ialah paragraf yang berada di akhir sebuah karya tulis. Jenis dari paragraf penutup berfungsi sebagai penutup sebuah karya tulis itu sendiri.

Demikian lah pembahasan kali ini tentang paragraf dan pengertian dan macam – macamnya lengkap yang bisa Gurusekolah.co.id sampaikan semoga bermanfaat..
Artikel Lainnya :