Pakaian Adat Jawa Timur-Upacara beserta Gambarnya Dan Penjelasan

Posted on
GuruSekolah.Co.id – Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang pakaian adat jawa timur,pada pembahasan kali ini meliputi upacara beserta gambar dan penjelasannya.untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini :

Pakaian Adat Jawa Timur

pakaian adat jawa timur

Penjelasannya

Indonesia adalah termasuk negara yang kaya akan suku bangsa. Perbedaan tersebut menjadi salah satu keunggulan karena mereka saling melengkapi dan saling menguatkan satu sama lain.

Perbedaan yang ada adalah perbedaan bahasa, agama, suku bangsa, adat dan istiadat, warna kulit, baju adat dan masih banyak lagi yang lainnya. Pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan salah satu budaya kita sendiri yaitu pakaian Adat Jawa Timur.

Jawa Timur memang dikenal karena budaya dan adatnya, banyak sekali warisan budaya dari leluhur yang berada di provinsi ini. Salah satunya adalah pakaian adat.

Untuk Anda yang ingin mengetahui jenis Pakaian adat jawa timur, berikut ini guruSekolah.co.id bagikan untuk Anda.

Jenis-Jenis Pakaian Adat Jawa Timur :

  • Odheng Santapan

pakaian adat jawa timur
odheng santapan

Pakaian ini bisa disebut juga sebagai perlengkapan dari pakaian adat jawa timur khususnya laki-laki karena sering digunakan pada bagian kepala.

Kain yang digunakan biasanya batik dengan motif telaga biru atau yang sering disebut juga sebagai storjoan. Bentuknya segitiga dengan ukuran yang bisa disesuaikan dengan masing-masing lingkar kepala kita.

  • Pese’an Madura

pakaian adat jawa timur
pese’an madura

Pese’an ini berupa kaos yang memiliki desain garis-garis merah dan putih dengan bawahan celana hitam yang longgar. Pakaian Adat jawa timur yang namanya sudah dikenal di masyarakat khususnya pese’an ini.

Tidak hanya di daerah Madura saja, pakaian adat yang satu ini bahkan sudah terkenal sampai ke manca negara. Material bahan yang digunakan yakni kain cina namun sekarang sudah di modifikasi menggunakan bahan kain tetoran yang secara khusus dirancang oleh masyarakat Madura sendiri.

Baca juga: Baju adat bali

  • Sarong bahan

Pakaian adat jawa timur
sarong bahan

Pakaian adat yang sering sekali digunakan disebut dengan sarong bahan. Sesuai juga dengan namanya, sarong ini terbuat dari bahan kain.

Kain yang digunakan biasanya adalah kain sutra dan juga pada bagian plekatnya menggunakan kain katun. Warna dari pakaian ini dipilih dengan warna-warna yang mencolok seperti warna kuning keemasan, merah terang atau warna yang lain.

Selain itu juga sarong memiliki warna yang sangat menarik yakni kombinasi perpaduan antara warna dasar putih dengan kotak-kotak biru dan juga hijau. Ukuran yang digunakan tentu akan disesuaikan dengan orang yang akan memakainya.

Odheng tapoghan

Pakaian adat jawa timur

Untuk Odheng tapoghan umumnya digunakan oleh para Pria, yang mana pada salah satu bagian dari baju adat Jawa Timur ini memiliki ikon bunga atau bisa juga soga.

Soga ialah lidah api yang berwarna merah menyala. Bahan yang digunakan yakni kain batik, berbentuk segitiga, biasanya diikatkan di kepala sehingga pada waktu dikenakan pada bagian atas kepala tidak akan tertutup.

Sandal atau alas kaki

pakaian adat jawa timurPada poin ke lima ini secara khusus kita akan membahas mengenai alas kaki pada pakaian adat jawa timur wanita. Sebenarnya bukan hanya wanita saja yang memakai alas kaki ini tetapi laki-laki juga.

Sandal atau alas kaki yang digunakan terbuat dari bahan kulit sapi. Alas kaki ini juga dikenal dengan sebutan terompah karena memiliki bentuk yang terbuka khususnya pada bagian ujung ketika digunakan.

Bukan hanya pada itu saja, pada alas kaki tersebut juga dilengkapi dengan penjepit yang memiliki fungsi untuk menjepit kaki.

Ikat pinggang

pakaian adat jawa timurIkat pinggang yang satu ini tentu saja ikat pinggang yang wajib digunakan pada watu mengenakan baju adat jawa timur.

Ikat pinggang yang digunakan dibuat dari bahan yang berkualitas yaitu kulit sapi yang kemudian diolah dengan cara khusus sehingga menghasilkan ikat pinggang yang kuat dan berkualitas juga.

Ikat pinggang ini disebut juga dengan sebutan sabuk katemang raja atau sering juga disebut dengan sabuk katemang kalep. Kulit sapi yang digunakan sebagai bahannya, bukan kulit sapi yang sembarangan.

Biasanya dipilih kulit sapi yang memiliki warna cenderung cokelat polos. Berbeda dengan ikat pinggang pada biasanya, ikat pinggang jawa timur ini memiliki desain yang lebar dengan bagian depan dilengkapi saku biasanya berfungsi untuk menyimpan uang. Walaupun begitu, ukurannya tetap sama dengan ikat pinggang yang sering Anda temui.

Pakaian adat jawa timur yang digunakan untuk mantenan

pakaian adat jawa timurIstilah mantenan mempunyai sinonim kata pernikahan dalam bahasa indonesia. Sesuai dengan namanya, baju adat tersebut digunakan ketika orang melaksanakan prosesi pernikahan menggunakan adat-adat jawa timur.

Pakaian adat khusus untuk acara pernikahan di jawa timur ini terdiri dari odheng atau penutup khusus untuk kepala, arloji rantai, tongkat, kain selempang dan juga masih banyak lagi.

Pakaian mantenan ini mendapatkan pengaruh dari pakaian adat yang ada di Jateng, sehingga Anda akan merasa sedikit kesusahan untuk membedakannya, dikarenakan jika dilihat sepintas saja akan terlihat sama.

Jika di daerah Jawa Tengah dan Jogja terdapat kontes berpasangan yang disebut dimas diajeng maka di Jawa Timur juga memiliki jenis kontes yang sering disebut juga dengan kontes cak dan ning. Pertunjukan baju dan busana yang digunakan tentu saja baju-baju adat yang ada di Jawa timur.

Senjata

pakaian adat jawa timur

Ada banyak sekali jenis-jenis dan macam senjata yang berasal dari jawa timur seperti lancor ayam, calo montor, paruh, gobang, takabuan, amparan,belati cap garpu, piol, sabut, celurit, clonot dan juga masih banyak lagi.

Upacara Adat di Provinsi Jawa Timur

Upacara Kasodo

pakaian adat jawa timur
upacara kasodo

Upacara Kasodo dilaksanakan setiap tahun pada bulan purnama. Dengan upacara tersebut, masyarakat Tengger memohon panen yang berlimpah atau meminta tolak bala dan kesembuhan atas semua penyakit.

Upacara ini dilakukan dengan mempersembahkan sesaji dengan cara melemparkannya ke kawah Gunung Bromo. Masyarakat Tengger lainnya harus berada di tebing kawah dan meraih atau menangkap sesaji yang dilemparkan ke dalam kawah.

Upacara Labuh Sesaji

pakaian adat jawa timur
upacara labuh sesaji
Upacara labuh sesaji adalah salah satu acara tahunan yang diselenggarakan di Telaga Sarangan. Upacara ini diadakan pada bulan Ruwah, hari Jum’at Pon.
Upacara labuh sesaji tujuannya sebagai ucapan terima kasih dari masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa. Masyarakat beranggapan Telaga Sarangan adalah hadiah dari Tuhan. Telaga tersebut dianggap mendatangkan kemakmuran bagi masyarakat Magetan dan Indonesia pada umumnya.

Itulah materi makalah lengkap tentang pakaian adat jawa timur,upacara adat beserta gambar dan penjelasannya yang dapat GuruSekolah.co.id sampaikan. Semoga Bermanfaat…

artikel lainnya :

baju adat bali

rumah adat jawa timur

rumah adat jawa tengah

rumah adat jawa barat

Related posts: