Otonomi Daerah : Pengertian, Tujuan dan Manfaat Secara Lengkap

Posted on

Gurusekolah.co.id-Pada kesempatan kali ini kita akan membahas  tentang Otonomi Daerah : Pengertian, Tujuan dan Manfaat Secara Lengkap

otonomi daerah

Pengertian Otonomi Daerah

Otonomi daerah adalah suatu hak, wewenang, serta kewajiban bagi daerah otonom untuk mengurus dan juga mengatur sendiri semua urusan kepentingan masyarakat & pemerintahan setempat sesuai dengan peraturan yang berlaku yang telah ditetapkan dalam undang-undang.

Tujuan Otonomi Daerah

Dibawah ini adalah beberapa dari tujuan otonomi daerah dan juga implementasinya yang pada saat ini ada di Indonesia beserta dengan penjelasannya, yaitu :

  • Meningkatkan pelayanan masyarakat

Adanya Otonomi daerah, lembaga yang ada didaerah tersebut dapat melakukan pelayanan kepada masyarakat tanpa perlu menunggu perintah dari pemerintah pusat hal ini tentunya dapat memudahkan masyarakat.

  • Meningkatkan keadilan nasional

Dengan adanya pelaksanaan dari otonomi daerah yang bertujuan sebagai keadilan nasional. Hal tersebut dijalankan melalui kebijakan yang dibuat oleh pemda untuk masyarakat agar terciptanya keadilan dan juga stabilitas nasional

  • Memeratakan wilayah daerah

Dari otonomi daerah yang salah satu tujuannya sebagai pemerataan wilayah daerah. Tujuan tersebut diwujudkan melalui program dari tiap daerah dalam bentuk pembangunan agar didaerah tersebut menjadi maju dan berkembang sesuai dengan kebutuhan daerah tersebut masing – masing.

Baca Juga : Zat Aditif : Pengertian dan Contoh Jenis Bahan Kimia Pada Makanan

  • Mengembangkan kehidupan berdemokrasi

Dalam otonomi daerah struktur pemerintahan daerah perlu diatur yang mana dalam pemilihan kepala daerah dan juga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dapat dipilih melalui demokrasi yang telah diatur dalam undang – undang.

  • Memelihara hubungan yang serasi antara pusat dan daerah

Adanya otonomi daerah dapat meningkatkan dan mempererat kerjasama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Sehingga terwujudnya koordinasi dan sinergy dari pusat ke daerah. Dan kemudian keutuhan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI) bisa terus terjaga.

  • Mendorong pemberdayaan masyarakat

Otonomi daerah dapat mendorong pemberdayaan masyarakat, dimana dalam hal ini diwujudkan dalam bentuk peran aktif masyarakat di dalam pemerintahan daerah, melalui organisasi – organisasi yang dibentuk. Baik dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, kesehatan dan lain –lain.

Sebagai contoh misalnya kelompok ibu – ibu PKK, karang taruna remaja, kelompok petani, dan lainnya. Hal ini pastinya agar masyarakat itu sendiri dapat berdaya guna tinggi.

  • Menumbuhkan prakarsa & kreativitas masyarakat

Kreatifitas dalam masyarakat dapat tumbuh dengan adanya otonomi daerah. Dimana masyarakat dapat mengembangkan kreatifitasnya agar lebih maju. Dan juga dengan adanya otonomi daerah, prakarsa masyarakat dapat lebih berkembang.

  • Menumbuhkan ekonomi daerah

Dampak yang positif yang ditimbulkan dari adanya otonomi daerah yakni ekonomi daerah dapat lebih maju dan meningkat. Dengan berkembangnya ekonomi daerah ini selaras dengan tujuan nasional yakni meningkatkan pemerataan ekonomi di daerah – daerah. Ekonomi daerah yang meningkat juga dapat mendorong roda perekonomiad daerah agar semakin maju.

  • Meningkatkan peran serta masyarakat

Peran serta masyarakat sangat penting dalam otonomi daerah. Masyarakat dapat mengembangkan kreatifitas dan juga ide – ide kreatif untuk memajukan daerah. Peran serta masyarakat tersebut diwujudkan dalam bentuk ikut serta dalam organisasi yang ada didaerah.

  • Mengembangkan peran dan fungsi DPRD

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) merupakan lembaga daerah yang sangat berpengaruh langsung kepada masyarakat, sebagai penampung aspirasi masyarakat dan menyampaikan ke pemerintahan pusat. Dengan adanya otonomi daerah, peran dan fungsi DPRD dalam mengambil keputusan dan kebijakan diharapkan kemajuan daerah dapat terwujud.

Baca Juga : Simbiosis – Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi, Beserta Contoh Lengkap

Manfaat Otonomi Daerah

Manfaat yang dapat diambil dari diterapkannya otonomi daerah yakni sebagai berikut :

  • Tidak terjadi kekuasaan yang hanya ada dipusat agar pelaksanaan pemerintahan dapat berjalan dengan baik.
  • Pemerintah daerah dapat terlibat dalam pelaksanaan pemerintahan pusat sehingga kebijakan dapat dijalankan
  • Administrasi pemerintahan dapat dipermudah
  • Adanya peningkatan dari lembaga yang ada di masyarakat
  • Untuk kesejahtraan masyarakat dapat menjadi meningkat
  • Pengawasan yang dilakukan dapat menjadi lebih intens
  • Barang dan jasa yang ada didaerah dapat lebih meningkat.

Itulah penjelasan tentang  “ Otonomi Daerah : Pengertian, Tujuan dan Manfaat Secara Lengkap ” yang bisa gurusekolah.co.id sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima Kasih.

Artikel Lainnya :

ATHG :Pengertian Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan  Secara Lengkap

Fungsi Tulang Lengan Atas Beserta Cara Merawat Secara Lengkap

Kelompok Sosial : Pengertian, Syarat, Ciri, Klasifikasi, Jenis Beserta Contoh Secara Lengkap

Pseudomonas Aeruginosa – Pengertian Dan Penyebabnya Pada Manusia

Related posts: