Norma Kesusilaan – Pengertian, Sumber, Ciri, Tujuan, Manfaat, Sanksi Beserta Contohnya Secara Lengkap

2 min read

norma kesusilaan

Gurusekolah.co.id-Pada kesempatan kali ini kita akan membahas  tentang Norma Kesusilaan – Pengertian, Sumber, Ciri, Tujuan, Manfaat, Sanksi Beserta Contohnya Secara Lengkap

norma kesusilaan

Pengertian Norma Kesusilaan

Pengertian dari norma kesusilaan asalnya dari dua suku kata yakni norma yang berarti aturan/pedoman dan kemudian kesusilaan yang memiliki arti perilaku atau sikap. Jadi dapat digabungkan dan jibarkan dari kedua pengertian tersebut bahwa norma kesusilaan adalah suatu aturan yang mengatur sikap atau juga perilaku manusia dalam kehidupan sosial baik secara pribadi maupun secara umum, yang sumbernya dari dalam hati nurani manusia. Istilah lain dari norma kesusilaan yaitu mores / moral.

Norma kesusilaan yang berasal dari dalam hati nurani / akhlak manusia ini,dilakukan atau dipraktikan secara berulang – ulang yang selanjutnya menjadi kebiasaan.

Perlu diingat, bahwa norma kesusilaan berbeda dengan norma kebiasaan. Memang pada praktiknya dilakukan secara berulang, akan tetapi norma kesusilaan mempunyai penekanan tindakan yang didasari dari dalam hati nurani manusiawi.

Pengertian lain norma kesusilaan adalah suatu peraturan yang sifatnya sosial yang dasarnya dari hati nurani manusia yang menjadikan akhlak seseorang baik. Norma kesusilaan diartikan juga dengan norma moral, dimana jika seseorang melanggar norma kesusilaan sering juga disebut dengan orang yang asusila atau tidak bermoral.

Baca Juga : Pengertian Norma : Ciri Dan Macam-Macam Norma Serta Contohnya

Ciri Ciri Norma Kesusilaan

Dibawah ini beberapa ciri dari norma kesusilaan, antara lain adalah :

  • Norma kesusilaan sumbernya dari dalam hati manusia.
  • Sifat dari norma kesusilaan ialah bersifat lokal didalam suatu masyarakat dan bersifat tidak abadi
  • Bagi orang yang melanggar norma kesusilaan akan memperoleh sanksi yang bersifat pribadi / individu, yakni akan dikucilkan dari masyarakat atau kelompoknya sehingga seseorang tersebut akan merasa malu dan menyesal.
  • Norma kesusilaan suatu aturan yang tidak tertulis, akan tetapi dipatuhi dan dipraktikan dalam masyarakat.

Tujuan dan Manfaat Norma Kesusilaan

Tujuan norma kesusilaan ialah agar setiap individu mempunyai rasa dan nilai kemanusiaan dan sifat akhlak yang baik yang kemudian mewujudkan keharmonisan hubungan antar manusia.

Manfaat dari norma kesusilaan antara lain yakni :

  • Agar timbul keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Alat untuk mengendalikan hubungan sosial atau kontrol sosial
  • Agar seseorang dapat membedakan perilaku mana yang baik dan mana yang buruk
  • Sebagai petunjuk manusia bagaimana cara berperilaku dan bersikap dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Dapat juga sebagai kontrol diri untuk tidak melakukan perbuatan buruk.

Sanksi Norma Kesusilaan

Sanksi yang diperoleh seseorang jika melanggar norma kesusilaan yanng bersifat individu antara lain :

  • Pengucilan dalam masyarakat.
  • Timbul rasa malu.
  • Timbul penyesalan dalam batin.
  • Diasingkan, diejek, bahkan dapat diusir dari masyarakat atau kelompoknya serta dapat dituntut oleh hukum.

norma kesusilaan 1

Contoh Norma Kesusilaan

Dibawah ini beberapa contoh dari norma kesusilaan antara lain:

  • Berbicara Perihal Yang Baik

Berbicara kadang dianggap orang hal yang sepele, akan tetapi pada kenyataannya berbicara dengan topic yang dibicarakan dapat berdampak besar bagi diri pribadi maupun orang lain yang mendengarnya. Berbicara yang baik akan berdampak hal baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

  • Tidak Mengambil Hak / Milik Orang Lain

Didalam kehidupan, seseorang nesti menghormati dan menghargai orang lain, dan juga seseorang tidak boleh mengambil hak / milik orang lain. Hal ini dapat merugikan orang lain. Oleh karena itu, semua tindakan tindakan mengambil sesuatu yang bukan milik kita harusnya tidak dilakukan, agar tidak menciptakan kesenjangan antar sesame dan juga dapat berpotensi mengakibatkan kekacauan dalam masyarakat.

  • Bersikap Jujur dan Dalam Berperilaku

Dalam berbicara mestinya kita harus jujur tentang apa yang sedang dibicarakan. Ada juga contoh kejujuran, misalnya kita menemukan suatu barang milik orang lain yang terjatuh, dan kita tahu orangnya,maka kita wajib mengembalikan barang tersebut. Atau jika kita tidak mengetahui orangnyaboleh kita sebarkan di media social tentang berita penemuan barang hilang atau juiga bisa dilaporkan ke pihak berwajib.

  • Meminta Maaf Jika Melakukan Suatu Kesalahan

Bagi sebagian orang, meminta maaf kadang terasa berat karena diikuti oleh rasa ego diri sendiri. Sejatinya jika kita melakukan kesalahan, harusnya kita meminta maaf kepada orang yang telah kita sakiti atau singgung. Meminta maaf adalah sikap dewasa yang mestinya kita tumbuhkan dalam diri, karena hal ini merupakan bentuk sikap tanggung jawab dan pemberani.

  • Berpakaian Sesuai Tempat,Kondisi dan Situasi

Dalam norma kesusilaan,carea berpakaian merupakan bentuk wujud daripribadi seseorang. Cara berpakaian yang sopan dan rapi akan dapat membuat orang lain menghargai dan juga menghormati kita.oleh karena itu semestinya seseorang dapat berpakaian atau berbusana sesuai dengan tempat,kondisidan situasi.

  • Menghormati dan Menghargai Orang Lain

Dalam norma kesusilaan, cara berggaul antar manusia diatur. Hal ini diwujudkan dalam bentuk perilaku seseorang yang harus menghormati dan menghargai orang lain dalam perbuatan, berbicara,dan berperilaku terlebih kepada orang tua. Kemudian juga dalam menyampaikan pendapat kepada orang lain harus dijaga.

Itulah penjelasan tentang  “ Norma Kesusilaan – Pengertian, Sumber, Ciri, Tujuan, Manfaat, Sanksi Beserta Contohnya Secara Lengkap ” yang bisa gurusekolah.co.id sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima Kasih.

Artikel Lainnya :