Neuron : Macam-Macam Jenis Dan Struktur Beserta Fungsinya Lengkap

Posted on

Gurusekolah.co.id- Pada Pembahasan kali ini kita Semua akan membahas Pembahasan Mengenai Neuron : Macam-Macam Jenis Dan Struktur Beserta Fungsinya Lengkap

Sebelum kita membahas mengenai macam – macam dari neuron sebaiknya kita ketahui dahulu apa itu neuron itu sendiri. Neuron Ialah suatu unit struktural serta juga  fungsional dari suatu sistem saraf. Neuron atau Sel Saraf memiliki beberapa macam jenis-jenis neuron dan juga fungsi yang juga saling mempunyai suatu  hubungan satu sama dengan yang lain.

Gambar Neuron

Simak Juga :Daur Air Adalah & Pengertian Dan Proses Terjadinya Dalam Ilmu Biologi

Macam-Macam Jenis Neuron

Neuron mempunyai kemampuan adalah sebagai konduktivitas (penghantar) serta juga eksistabilitas (bisa dirangsang, serta memiliki kemampuan merespon rangsangan dengan baik). Neuron atau sel sarah ini terdiri atas tiga bagian-bagian neuron. Bagian-bagian neuron yakni :

  1. badan sel (perikarion),
  2. Dendrit,
  3. Akson.

Pada tiap-tiap bagian-bagian neuron itu memiliki beberapa macam-macam neuron yang dapat dilihat dari sisi struktur serta juga fungsinya. Macam-Macam dari Neuron antara lain sebagai berikut ;

Macam-Macam Neuron dan juga Fungsinya – Berdasarkan strutkur dan fungsinya, Neuron dibedakan dari tiga jenis yakni sebagai berikut :

  • Sel Saraf Sensorik
    Sel saraf Sensorik berfungsi adalah sebagai menghantar impuls dari reseptor kesistem saraf pusat, yaitu otak (ensefalon) dan juga sumsum tulang belakang (medula spinalis).
  • Sel Saraf Motorik
    Sel saraf Motorik berfungsi adalah untuk mengirim impuls dari sistem saraf pusat keotot atau dan kelenjar yang hasilnya berupa suatu tanggapan pada tubuh terhadap rangsangan. Badan sel saraf motor tersebut berada di sistem saraf pusat. Dendritnya yang panjang itu memiliki hubungan juga dengan akson saraf asosiasi, tetapi di aksonnya tersebut bisa sangat panjang.
  • Sel Saraf Intermediete/Sel Saraf Konektor
    Sel saraf Intermediete atau juga Sel Saraf Konektor disebut juga dengan sel saraf asosiasi. Sel tersebut bisa ditemukan pada sistem saraf pusat. Fungsi dari Sel saraf Intermediete atau juga Sel Saraf Konektor ialah berfungsi untuk menghubungkan sel saraf motor dengan sel saraf sensori atau juga  berhubungan dengan sel saraf lainnya yang terdapat  pada sistem saraf pusat. Sel saraf intermediet tersebut dapat menerima impuls dari reseptor sensorik atau juga sel saraf asosiasi lainnya.

Simak Juga : Sel Tumbuhan-Pengertian, Jenis, Karakteristik,Stuktur Dan Fungsinya

Struktur Bagian Sel Saraf (Neuron)

Bagian-Bagian Sel Saraf (Neuron) antara lain adalah sebagai berikut :

1. Badan Sel (Perikarion),
Badan sel tersebut menyimpan inti sel (nukleus) dan juga anak dari inti sel (nukleolus), Badan sel tersebut berjumlah satu bahkan dapat lebih yang dikelilingi dengan sitoplasma granuler. Didalam sitoplasma badan sel itu juga terdapat badan Nissl yang adalah merupakan suatu modifikasi dari retikulum endoplasma kasar (REK). Badan Nissl tersebut mengandung protein yang dipakai adalah sebagai pengganti protein yang telah habis. Selama proses metabolisme, protein tersebut bisa juga bermanfaat bagi suatu pertumbuhan neuron. Jika badan sel mengalami kerusakan maka serabut-serabut dari neuron tersebut akan mati. Fungsi dari Badan Sel adalah untuk bisa menerima impuls (ransangan) dari dendrit serta juga meneruskan ke Akson (neurit).

2. Dendrit,
Dendrit ialah suatu tonjolan dari sitoplasma dibagian dari badan sel. Apabila Di bandingkan dengan akson, dendrit tersebut jauh lebih halus, lebih pendek, dan juga memiliki percabangan yang juga lebih banyak. Fungsi dari dendrit adalah untuk bisa meneruskan ransang dari organ penerima suatu rangsang (reseptor) menuju ke badan sel.

3. Akson,
Akson tersebut biasa juga disebut dengan neurit. Akson ialah suatu tonjolan sitoplasma yang panjang. Fungsi Akson adalah untuk bisa meneruskan impuls saraf yang berupa suatu informasi berita dari badan sel. Akson memiliki  bagian-bagian spesifik.

Didalam Akson tersebut terdapat beberapa Bagian-bagian , bagian-bagian tersebut antara lain sebagai berikut :

  • Neurofibril
    Neurofibril ialah suatu bagian terdalam dari akson, yang dapat berupa serabut-serabut yang halus. Pada Bagian-bagian diakson inilah yang mempunyai tugas pokok. Tugas atau juga Fungsi dari Neurofibril adalah untuk dapat meneruskan impuls
  • Selubung Mielin
    Selubung mielin ialah suatu bagian yang tersusun dari sel-sel pipih yang disebut juga dengan sel Schwann. Selubung Mielin ini ialah suatu bagian paling luar dari akson. Fungsi dari Selubung Mielin ialah untuk bisa melindungi akson. Selain dari hal itu, selubung mielin  ini  bisa memberikan nutrisi serta juga bahan-bahan yang diperlukan untuk dapat mempertahankan kegiatan(aktivitas) dari akson tersebut
  • Nodus Ranvie
    Nodus ranvier ialah suatu bagian akson yang menyempit dan juga  tidak dilapisi dengan selubung mielin. Pada bagian dari Akson tersebut tersusun atas sel-sel pipih. Dengan adanya bagian-bagian tersebut, Nodus ranvier tersebut biasa terlihat seperti berbuku-buku. Fungsi dari Nodus Ranvier ialah suatu sebagai loncatan untuk bisa mempercepat impuls saraf ke otak atau juga sebaliknya.

Demikian Penjelasan tentang Neuron : Macam-Macam Jenis Dan Struktur Beserta Fungsinya Lengkap, Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca GuruSekolah.co.id 

Artikel Lainnya :

Struktur Sel tumbuhan & Pengertian, Jenis, Karakteristik, Dan Fungsinya

Larutan Buffer : Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Beserta Contoh Soalnya

Relif Dasar Laut : Pengertian, Bentuk-Bentuk Dan Contohnya Lengkap