Multikultural-Pengertian Masyarakat Multikultural Dan Permasalahannya

Posted on

Gurusekolah.co.id-Pada kesempatan kali ini kita akan membahas  tentang multikultural Dan Pengertian Masyarakat Multikultural Dan Permasalahannya

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini :

multikultural

Penjelasannya

Masyarakat multikultural merupakan suatu kelompok masyarakat yang terdiri dari beraneka ragam kebudayaan. Salah satu ciri masyrakat mulikultural, yaitu terbagi-bagi dalam kelompok-kelompok yang memliki sub kebudayaan berbeda. Adanya banyak perbedaan tersebut menyebabkan masyarakat ini relatif sering mengalami konflik.

Permasalahan dalam masyarakat multikultural, antara lain:

  • Konflik Antarsuku

Indonesia adalah termasuk salah satu negara yang memiliki masyarakat multikultural. Ada banyak suku yang ada di Indonesia dengan kebudayaannya masing-masing. Tak jarang terjadi konflik antarsuku karena adanya budaya yang berbeda dan merasa unggul antar satu dengan yang lainnya.

  • Konflik Antaragama

Masyarakat multikultural biasanya juga memiliki agama yang berbeda-beda, seperti yang ada di Indonesia ataupun Amerika Serikat. Toleransi antar umat beragama memang seringkali didengungkan namun kadang konflik tidak bisa dihindari. Misalnya saja konflik karena masalah pembangunan rumah ibadah yang tidak mendapat persetujuan dari masyarakat yang beragama lainnya.

  • Konflik Antargolongan

Pada masyarakat multikultural juga terdapat banyak golongan dengan kepentingannya masing-masing. Kepentingan antargolongan tersebut kadang bentrok sehingga menyebabkan timbulnya konflik.

  • Konflik Vertikal

Konflik vertikal merupakan konflik antara individu atau kelompok dengan kelompok lain yang memiliki kekuasaan, kewenangan dan status sosial. Misalnya konflik antara masyarakat dengan pemerintah daerah karena dianggap tidak dapat memenuhi kebutuhan yang diharapkan oleh masyarakat yang multikultural.

  • Lunturnya Identitas Budaya

Masyarakat kadang harus berhadapan dengan masalah lunturnya identitas budaya. Ini bisa terjadi karena ada terlalu banyak sub kebudayaan di setiap suku atau kelompok. Perbedaan budaya yang ada kadang membuat individu lebih nyaman dengan tidak menonjolkan budayanya sendiri apalagi seiring perkembangan zaman.

Sebagai negara yang mempunyai masyarakat multikultural indonesia juga sering menghadapi permasalahan tersebut. Namun adanya ideologi Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika selalu mengingatkan agar masyarakat dapat menjadikan perbedaan tersebut sebagai anugerah untuk menjaga persatuan dan kesatuan bukannya sumber permasalahan.

Tak hanya Indonesia, negara lain seperti Malaysia juga memiliki masyarakat multikultural. Jika Indonesia lebih pada beragamnya suku, maka di Malaysia masyarakatnya juga terbagi dalam kaum Melayu, China, dan India.

Itulah penjelasan singkat dan jelas yang bisa gurusekolah.co.id sampaikan semoga makalah ini dapat bermanfaat. Terima Kasih

Artikel Lainnya :