Merkantilisme : Latar Belakang, Pegertian Dan Tujuannya Lengkap

Posted on
GuruSekolah.co.id-Pada pembahasan kali ini, kita akan menjelaskan Merkantilisme yang meliputi Latar Belakang, Pegertian Dan Tujuannya secara singkat dan jelas.
Mari sama-sama kita bahas penjelasannya berikut ;
Merkantilisme

Pengertian Merkantilisme

Pegertian Merkantilisme Dan Juga Latar Belakang Beserta Tujuannya

Merkantilisme Adalah Sebuah Teori Atau Praktek Ekonomi, Yang Lebih Dominan Di Benua Eropa Dari Abad Ke-16 Sampai Dengan Abad Ke-18, Yang Dipromosikan Melalui Okonomi Pemerintahan Negara Yang Bermaksud Menambah Kekuasaan Suatu Negara Dengan Mengorbankan Kekuatan Nasional Saingannya.

Ini Merupakan Mitra Dari Sebuah Politik Ekonomi Monarki Absolut Atau Juga Absolutisme.

Dalam Penerapannya Terkini Teori Merkantilis Cukup Bervariasi, Dari Satu Penulis Kepada Penulis Lainnya Dan Sudah Berkembang Dari Waktu Ke Waktu.

Terutama Pada Barang-Barang Maufaktur Tarif Lebih Tinggi, Dan Juga Merupakan Fitur Yang Hampir Menyeluruh Dan Sebuah Kebijakan Merkantilis.

Merkantilisme Merupakan nama dari sebuah sistem ekonomi, sistem Tersebut digunakan pada abad ke 16 hingga abad ke 18.

Sistem ekonomi ini bermaksud meningkatkan kekuatan negara sendiri dengan melemahkan kekuatan ekonomi negara lainnya. Sistem ini sangat populer ketika itu disebabkan kebanyakan kerajaan melarang koloninya berdagang dengan koloni dari kerajaan lain.

Sistem ini berjalan dengan menggunakan skema dimana kerajaan disebut dengan Mother CountryMother country ini akan mengontrol  atau menguasai semua perdagangan di koloninya.

Koloni dilarang untuk melakukan perdagangan dengan koloni lain atau kerajaan lain, selain itu juga kerajaan akan berusaha menekan import dan mendukung eksport.

Tujuan Merkantilisme

Yang Dimaksud Dengan Merkantilisme Ialah Suatu Kebijakan Ekonomi Nasional Yang Bertujuan Mengumpulkan Cadangan Moneter Menggunakan Sebuah Keseimbangan Perdagangan Yang Positif, Yang Utamanya Pada Sebuah Barang Jadi.Sejarah Menceritakan, Penyebab Perang Dan Termotivasi Untuk Bisa Melakukan Ekspansi Kolonial Ialah Kebijakan Tersebut.

  • Kebijakan Lainnya
  1. Membuat Koloni Di Luar Negeri
  2. Melarang Daerah Koloni Untuk Bisa Melakukan Perdagangan Dengan Negara-Negara Lainnya
  3. Memonopoli Tau Menguasai Pasar Dengan Port Pokok
  4. Melarang Ekspor Emas Dan Juga Perak, Bahkan Untuk Digunakan Sebagai Alat Pembayaran
  5. Melarang Perdagangan Untuk Dibawa atau Dimasukkan Kedalam Kapal Asing
  6. Subsidi Ekspor
  7. Mempromosikan Manufaktur Melalui Penelitian Atau Juga Subsidi Langsung
  8. Membatasi Upah
  9. Memaksimalkan Atau Meningkatkan Penggunaan Sumber Daya Dalam Negeri
  10. Membatasi Jumlah Konsumsi Domestik Melalui Hambatan Non-Tarif Untuk Perdagangan

Teori Merkantilisme

Semua Ahli Ekonomi Eropa Antara Tahun 1500 Sampai Dengan Tahun 1750 Dianggap Sebagai Merkantilis Meskipun Juga Saat Itu Istilah ‘Merkantilis’ Belum Dikenal.

Istilah Tersebut Pertama Kali Dipromosikan Oleh Victor De Riqueti, Marquis De Mirabeau Pada Tahun 1763, Dan Kemudian Juga Dipopulerkan Oleh Adam Smith Pada Tahun 1776.

Pada Kenyataannya, Adam Smith Menjadi Seorang Yang Pertama Kali Menyebutkan Kontribusi Merkantilis Terhadap Ilmu Ekonomi Dalam Sebuah Bukunya Yang Berjudul The Wealth Of Nations.

Pada Awal Periode Modern, Dari Abad Ke-16 Sampai Dengn Ke-18 Ajaran Merkantilisme Sangat Begitu Dominan Di Seluruh Sekolah Benua Eropa.

Untuk Pertama Kalinya Peristiwa Tersebut Memunculkan Intervensi Suatu Negara Dalam Mengatur Sebuah Perekonomian Yang Pada Akhirnya Pada Zaman Ini Juga Sistem Kapitalisme Mulai Lahir.

Yang Menjadi Pendorong Peperangan Dibanyak Kalangan Negara Eropa Ialah Kebutuhan Akan Pasar Yang Diajarkan Oleh Teori Merkantilisme Itu Sendiri.

Baca Juga : Peninggalan Kerajaan Kutai – Sejarah, Silsilah, Dan Masa Kejayaan

Latar Belakang Merkantilisme

  1. Dengan Adanya Negara-Negara Merdeka Di Eropa Contohnya Perancis, Inggris, Jerman, Belanda Dan Italia
  2. Negara-Negara Tersebut Bermaksud Mempertahankan Kesejahteraan, Kedaulatan Dan Kebebasan Rakyatnya
  3. Dibutuhkan Suatu Kondisi Perekonomian Yang Sangat Kuat Sehingga Ditetapkan Logam Mulia Sebagai Standar Ukuran Kekayaan Suatu Negara
  4. Dibuka Jaringan Perdagangan Ke Luar Negeri Dan Juga Eksploitasi Serta Diadakan Pelayaran Ke Wilayah – Wilayah Yang Baru

 

Demikian Penjelasan Tentang Latar Belakang, Pegertian Dan Tujuan Dari Merkantilisme Secara Lengkap. yang Gurusekolah.co.id sampaikan Semoga Dapat Bermanfaat.

Artikel Lainnya :

sinopsis Lengkap-Pengertian, Contoh, Fungsi dan Cara Membuatnya

E-Bisnis : Model – Model E-Bisnis Dan 7 Strategi Taktis Secara Lengkap

Pengertian Norma : Ciri Dan Macam-Macam Norma Serta Contohnya