Membaca Intensif – Pengertian,Tujuan,Manfaat,karakteristik Dan Diagram

Posted on

GuruSekolah.co.id – Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang Membaca Intensif yang meliputi Pengertian,Tujuan,Manfaat,karakteristik Dan Diagramnya lengkap

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini :

Membaca Intensif

Pengertian membaca intesif

Membaca intensif ialah kegiatan membaca yang dilakukan secara cermat dan juga teliti terhadap teks yang dibaca.

Membaca intensif ini diterapkan dalam upaya untuk mencari informasi secara detail atau juga bisa diterapkan pada pencarian informasi sebagai bahan diskusi.

Tujuan membaca intensif

Membaca intesif, selain bertujuan untuk mendapatkan informasi sebagai bahan diskusi, juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk menentukan sebuah pokok persoalan atau perihal yang menarik dari suatu teks bacaan, untuk bisa atau  layak dijadikan sebagai bahan diskusi.

Membaca intensif  juga bisa dipakai sebagai sarana untuk memilih salah satu atau beberapa pokok pikiran yang paling tepat untuk dijadikan sebagai bahan diskusi bersama teman.

Selain dengan cara tersebut, kita juga bisa menentukan bahan diskusi dengan cara membuat kesimpulan dari pokok-pokok pikiran itu kemudian mengambil inti sari dari persoalannya.

Yang perlu dierhatikan berkenaan dengan informasi yang layak untuk bisa menjadi bahan diskusi, antara lain adalah bisa menambah pengetahuan atau juga wawasan, bermanfaat, dan akan lebih baik jika sedang menjadi bahan pembicaraan oleh masyarakat.

Membaca Intensif

Ataupun perihal yang layak dibuat sebagai bahan diskusi dari suatu teks, kita perlu melakukan hal-hal di antaranya sebagai berikut;

1. Membaca dengan jeli sehingga bisa menentukan hal yang paling menarik dari hal-hal yang lain. Akan lebih baik jika kita menemukan pokok-pokok pikiran yang ada kemudian memilih yang paling layak untuk dapat dijadikan sebagai bahan diskusi.

2. Dapat mempertimbangkan kemampuan diri dan juga kemampuan teman diskusi berkaitan dengan kemampuan diri menguasai atau juga memahami perihal yang akan kalian diskusikan. Jangan sampai kita menentukan bahan diskusi yang menarik, akan tetapi kita sendiri tidak memahami persoalan yang didiskusikan.

3. Mempertimbangkan referensi yang dimiliki oleh para peserta diskusi terkait perihal yang ingin didiskusikan.

Keutuhan informasi bisa terjaga jika informasi yang didapatkan benar-benar dipahami. Cermatilah informasi yang diterima secara teliti dan juga pahamilah pokok-pokok yang penting.

Manfaat Membaca Intensif

Adapun manfaat dalam membaca intensif antara lain:

  • Dapat menguasai isi teks secara mantap.
  • Dapat mengetahui latar belakang ditulisnya teks tersebut.
  • Dan juga mempunyai daya ingat yang lebih lama yang berhubungan dengan isi teks.

Karakteristik Membaca Intensif

Karakteristik dalam membaca dengan intensif meliputi:

  • Membaca untuk meraih tingkat pemahaman yang tinggi dengan harapan dapat mengingatnya dalam kurun waktu relatif lama.
  • Membaca dengan detail agar mendapatkan pemahaman seluruhnya yang meliputi isi dan bagian teks.
  • Cara membaca ini sebagai dasar untuk belajar pemahaman yang lebih baik dan untuk mengingatlebih lama.
  • Membaca intensif tidak memakai cara membaca tunggal namun dengan berbagai variasi teknik membaca yakni scanning, membaca komprehensif, skimming dan teknik lainnya.
  • Dengan tujuan membaca intensif yakni pengembangan keterampilan dalam membaca dengan detail yang menekankan pada pemahaman kata, pengembangan kosakata, kalimat dan pemahaman seluruh dari isi wacana.
  • Dengan adanya kegiatan ini dapat juga melatih siswa membaca kalimat pada teks secara cermat dan dengan penuh konsentrasi, kecermatan, sehingga dapat menemukan kesalahan struktur, kosakata, serta penggunaan ejaan atau tanda baca.
  • Kegiatan ini juga dapat melatih siswa untuk berpikir lebih kritis, kreatif dan juga inovatif.

Cara Membaca Intensif

Sebagai bahan untuk diskusi dari suatu teks, kalian perlu melakukan hal-hal diantaranya sebagai berikut:

  • Membaca dengan sangat jeli sehingga dapat menentukan hal yang paling menarik dari hal-hal yang lain. Akan tetapi lebih baik jika kalian menemukan pokok-pokok pikiran yang ada kemudian memilih yang paling layak untuk dijadikan sebagai bahan diskusi.
  • Mempertimbangkan kemampuan diri dan kemampuan teman diskusi berkenaan dengan kemampuan pada diri menguasai atau memahami perihal yang akan kalian diskusikan. Jangan sampai kalian menentukan diskusi yang menarik namun kalian sendiri tidak memahami persoalan tersebut.
  • Mempertimbangkan referensi yang dimiliki oleh para peserta diskusi terkait perihal yang akan didiskusikan.

Gurusekolah.co.id-itulah tadi pembahasan makalah tentang  Membaca Intensif meliputi Pengertian,Tujuan,Manfaat,karakteristik Dan Diagramnya semoga dengan adanya ulasan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian, semua terima kasih banyak atas kunjungannya.

Artikel Lainnya:

Prisma-Rumus Luas,Rumus Volume,Prisma Segitiga Dan Contoh Soalnya

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran Secara Lengkap

Rumus Usaha-Pengertian,Rumus,Dan Jenis Usaha Serta Contoh Soalnya