Limbah Organik : Pengertian, Jenis-Jenis , Penanganan, Serta Contohnya

Posted on

Gurusekolah.co.id- Pada Pembahasan kali ini kita semua akan membahas Pembahasan Mengenai Limbah Organik : Pengertian, Jenis-Jenis , Penanganan, Beserta Contohnya Lengkap

Limbah Organik

Pengertian

Pengertian Limbah Organik ialah limbah yang masih dapat diuraikan kembali oleh suatu Bakteri, dan jika dilihat secara luas, Pengertian Limbah Organik itu sendiri berasal dari berbagai macam dari sisa aktivitas Manusia, Hewan, maupun juga Tumbuhan. Limbah Organik atau juga  sampah organik sendiri bisa didaur ulang lagi menjadi berbagai macam hal yang bermanfaat, seperti contohnya kotoran hewan atau manusia yang dapat dijadikan sebagai sumber gas.

Limbah organik ternyata bisa diolah dan juga dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan, hal ini tentu saja pengolahannya mesti dikerjakan secara kreatif agar mampu dapat menghasilkan produk kerajinan yang mempunyai nilai tinggi. Sebagai negara yang mempunyaii banyak bahan dasar limbah yang dapat dijadikan karya kerajinan, maka Indonesia memiliki produk kerajinan dari bahan limbah yang banyak ragamnya, kreatif, inovatif dan cukup terkenal di mancanegara.

Baca Juga : Cara Mengatasi Dampak Pencemaran Lingkungan

Jenis-Jenis Limbah

Jenis-jenis limbah dapat dibagi menjadi beberapa macam jenisnya  berdasarkan sumbernya, senyawanya, sifatnya, dan juga wujudnya, Seperti yang ada dibawah ini :

  • Limbah Yang Berdasarkan Senyawanya
  • Limbah Yang Berdasarkan Sumbernya
  • Limbah Yang Berdasarkan Sifatnya
  • Limbah Yang Berdasarkan Wujudnya

Limbah Berdasarkan Senyawanya

Limbah organik adalah merupakan limbah yang banyak sekali berasal dari makhluk hidup dan juga alam. Limbah organik ini mudah diurai oleh suatu bakteri atau dekomposer dan juga alam itu sendiri dan bisa dengan cepat diurai oleh bantuan manusia. Limbah organik juga dapat dibagi menjadi 2, yakni limbah organik basah dan juga limbah organik kering. Limbah organik basah misalnya daun-daun, sisa-sisa buah, sisa-sisa sayur, dan lain sebagainya. Limbah organik kering misalnya kertas, tissue, kayu, ranting pohon-pohon, dan lain sebagainya. Limbah jenis ini bisa dipakai sebagai pupuk kompos ataupun dijadikan sebagai kerajinan tangan.

Limbah Berdasarkan Sumbernya

Jenis jenis limbah berdasarkan sumbernya ada 6, yakni :

  1. Limbah industri, ialah yang berasal dari hasil kegiatan suatu industri
  2. Limbah domestik, ialah limbah yang berasal dari kegiatan rumah tangga yang menghasilkan banyak sekali limbah hasil konsumsi dari anggota penghuni rumah
  3. Limbah pertambangan, ialah limbah berasal dari hasil pertambangan, hasil limbah dari pertambangan biasanya bisa berupa material tambang, logam, dan juga bebatuan.
  4. Limbah pertanian, ialah limbah ini berasal dari hasil proses pertanian, misalnya ketika petani sedang memupuk, pupuk cair tersebut yang terbuang akan mengalir dan hanyut di sungai atau juga saluran irigasi dan akan menyebabkan polusi air dan bisa menjadi zat yang beracun.
  5. Limbah pariwisata, ialah limbah yang berasal dari hasil wisata yang dihasilkan oleh sarana transportasi, Kendaraan wisata membuang limbah ke udara dan akan menyebabkan polusi udara.
  6. Limbah medis, ialah limbah yang berasal dari kegiatan kesehatan, biasanya banyak sekali berasal dari rumah sakit, apotek, klinik dan lain semacamnya. Limbah jenis ini banyak sekali dihasilkan dari sisa obat-obatan, dan juga jenis-jenis limbah kimia lainnya.

Limbah Berdasarkan Sifatnya

Jenis limbah yang selanjutnya yakni berdasarkan atas sifat dari limbah tersebut. Jenis ini dapat terbagi menjadi 2 macam, yakni limbah biasa dan limbah bahan berbahaya dan beracun atau juga biasa disebut dengan limbah B3.

Salah satu contoh dari limbah biasa ialah limbah organik, limbah ini dapat menghasilkan pencemaran yang bisa merusak alam, tapi bisa diuraikan oleh bakteri ataupun oleh alam itu sendiri. Limbah jenis ini bisa mengakibatkan kerusakan pada skala kecil maupun pada skala besar. Limbah jenis ini termasuk ke dalam jenis limbah yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis limbah yang kedua adalah limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). Jenis limbah B3 ini memiliki sifat korosif, mudah terbakar, mudah meledak, keracunan, dan lain-lain yang dapat membahayakan lingkungan sekitar, dan ancaman bagi kelangsungan hidup dari manusia dan hewan.

Limbah Berdasarkan Wujudnya

Jenis-jenis limbah yang berdasarkan wujudnya dapat dibagi menjadi 3 macam yakni  limbah cair, limbah padat, limbah gas.

Penanganan Limbah

prinsip-prinsip yang dapat diterapkan dalam penanganan sampah termasuk limbah organik yang dikenal dengan istilah 3R yakni :

  • Mengurangi (Reduce)
    Meminimalisir barang atau juga material yang dipakai, dalam hal ini, semakin banyak memakai material, semakin banyak sampah yang dihasilkan.
  • Menggunakan Kembali (Reuse)
    Memilih barang-barang yang masih layak pakai dengan cara menghindari pemakaian barang-barang yang sekali pakai lalu dibuang atau single use.
  •  Mendaur ulang (Recycle)
    Memanfaatkan dan mengolah kembali barang-barang yang dianggap sudah tidak berguna atau terpakai untuk didaur ulang kembali.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian, Jenis-Jenis , Penanganan, Beserta Contohnya Limbah Organik secara lengkap, semoga dengan adanya penjelasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan para pembaca Gurusekolah.co.id semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. Sampai jumpa pada pembahasan lainnya.

Artikel Lainnya :

Related posts: