Lembaga Agama : Pengertian, Fungsi, Dan Contohnya Paling Lengkap

Posted on

GuruSekolah.co.id-Pada Kesempatan Kali Ini, Disini Akan Dijelaskan Tentang Lembaga Agama yang meliputi Pengertian, Fungsi, Dan Contohnya Paling Lengkap

Simak Sama-Sama Penjelasan Yang Ada Dibawah Berikut Ini.

Gambar Lembaga Agama

 

Pengertian Lembaga Agama Menurut Para Ahli :

  • Lembaga Agama Ialah Suatu Sistem Keyakinan Dan Praktik Keagamaan Yang Ada Didalam Masyarakat Yang Telah Dirumuskan Dan Dibakukan (Emile Durkheim). Lembaga Agama Mengatur Kehidupan Dan Juga Tingkah Laku Manusia Dalam Bersosialisasi.
  • Menurut William Kornblum, Agama Ialah Sebagai Jawaban Logis Terhadap Berbagai Macam Permasalahan Dari Keberadaan Manusia Yang Membuat Dunia Menjadi Berarti.
  • Menurut Horton Dan Hunt, Agama Ialah Suatu Sistem Keyakinan Dan Juga Sarana Bagi Sekelompok Orang Untuk Dapat Menafsirkan Juga Menanggapi Terhadap Hal Yang Mereka Rasakan Sebagai Suprantaural Dan Kudus (Suci).
  • Pengertian Lain Dari Lembaga Agama Ialah Organisasi Yang Dibentuk Dengan Tujuan Untuk Memajukan Kepentingan Hidup Beragama Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, Dan Bernegara, Oleh Para Umat Beragama.  Sedangkan Menurut Bruce J, Pengertian Dari Lembaga Agama Ialah Lembaga Yang Memiliki Tujuan Mengatur Kehidupan Menusia Dan Beragama.

 

Contoh Lembaga Agama
Contoh Lembaga Agama

Simak Juga : Sejarah Islam-Pengertian Dan Sejarah kebudayaan Lengkap

Contoh Lembaga Agama

Beberapa contoh institusi agama yang ada dan diakui di Indonesia ini  harus mampu memberikan perlindungan pada semua keyakinan, antara lain sebagai berikut;

Islam

Contoh-contoh lembaga agama yang ada didalam Islam yang sebagai Agama Masyoritas dan diyakini oleh sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki, Majelis Ulama Indonesia atau yang disingkat dengan MUI. Peranan MUI ini sangat penting, selain mempunyai fungsi memberikan jaminan halal/haram juga dapat memberikan fatwa-fatwa yang berhubungan dengan dinamika kehidupan sosial dimasyarakat.

Kristen

Lembaga agama lainnya yang mengatur tentang tata kelola hidup masyarakat, salah satu diantaranya ialah Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia yang lebih dikenal dengan PGI. PGI ini sendiri mempunyai peranan untuk mencitai dan mengasihi anak tuhan.

Katolik

Bentuk-bentuk lembaga keagamaan yang lainnya adalah khatolik, dengan lekat pada keyakinan ini ialah Konferensi Wali Gereja Indonesia yang kemudian disingkat menjadi KWI. Peranan KWI ini adalah berkerjasama untuk memberikan perlindungan atas pemeluknya.

Buddha

Agama Buddha memiliki simbol institusinya adalah Perwakilan Umat Buddha Indonesia yang biasa disingkat menjadi WALUBI. Fungsi institusi ini selain memberikan regulasi juga bisa memberikan fatwa-fatwa tentang keagamaan.

Hindu

Jenis lembaga agama selanjutnya yang ada dalam Agama Hidup ialah Parisada Hindu Dharma Indonesia atau yang lebih dikenal dengan sebutan PHDI. Institusi ini bisa memberikan pengulasan tentang beragam masalah sosial di Indonesia serta dapat memberikan perlindungan bagi seluruh WNI yang beragama Hindu.

Khonghucu

Khonghucu adalah merupakan agama termuda yang ada di Indonesia yang telah diakui secara lagalitasnya oleh Presiden K.H. Abdurrahman Wahid, sebagai salah satu keyakinan, ia mempunyai lembaga agama dengan nama Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN). Dengan penyebaran pemeluknya hampir ada disebagaian besar Provinsi-Provinsi yang ada di Indonesia itu sendiri.

Masyarakat

Adapun secara umum, contoh-contoh lainnya tentang lembaga agama ini yang ada dalam kehidupan masyarakat, antara lain ialah ;

  • KUA (Kantor Urusan Agama) yang memiliki fungsi untuk dapat memberikan regulasi tentang pengaduan KDART maupun Pernikahan.
  • Depag (Departemen Agama), menjadi salah satu contoh lembaga agama yang dapat memberikan kontribusi pada peranan pendidikan-pendidikan secara menyeluruh kepada semua masyarakat.
  • Kementrian Agama (Kemenag), menjadi salah satu jenis lembaga agama yang diakui sebagai peranan tertinggi pada masyarakat dengan upaya memberikan hubungan kepada lembaga legistatif yakni presiden.
  • Pengadilan Agama, adalah merupakan salah satu bentuk lembaga agama yang dapat memberikan regulasi tindakan-tindakan menyimpang dengan norma atau juga hukum yang berlaku di dalam masyarakat.

Fungsi Lembaga Agama

  • Untuk Sebagai Pedoman Hidup
  • Untuk Sebagai Sumber Kebenaran
  • Untuk Sebagai Pengatur Tata Cara Hubungan Antara Manusia Dengan Manusia Dengan Tuhan
  • Untuk Sebagai Tuntunan Prinsip Antara Benar Dan Salah
  • Untuk Sebagai Pedoman Pengungkapan Suatu Perasaan Persaudaraan Didalam Sebuah Agama Yang Diwajibkan Untuk Berbuat Baik Terhadap Sesama Manusia.
  • Untuk Sebagai Pedoman Keyakinan Manusia Yang Melakukan Perbuatan Baik Yang Harus Selalu Disertai Dengan Sebuah Keyakinan Bahwa Perbuatannya Adalah Kewajiban Dari Tuhan,  Dan Yakin Perbuatannya Itu Akan Memperoleh Suatu Pahala, Walaupun Perbuatnnya Sekecil Apapun.
  • Untuk Sebagai Pedoman Keberadaan Yang Pada Hakikatnya Makhluk Hidup Didunia Ini Adalah Merupakan Ciptaan Tuhan.
  • Untuk Sebagai Pengungkapan Perasaan Suatu Nilai Estetika Manusia Yang Cenderung Menyukai Keindahan Karena Keindahan Adalah Merupakan Bagian Dari Jiwa Manusia.
  • Untuk Sebagai Pedoman Buat Rekreasi Dan Hiburan. Dalam Mencari Suatu Kepuasan Batin Yang Melewati Rekreasi Dan Hiburan, Tidak Melanggar Suatu Kaidah-Kaidah Dari Agama.

Didalam Hidup Harus Memiliki Pedoman Dan Keyakinan Agar Hidup Lebih Terarah Dan Juga Mempunyai Tujuan.

Tujuan Lembaga Agama

Tujuan Dari Lembaga Agama Ialah Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Beragama Setiap Umat.

Gurusekolah.co.id-tulah Penjelasan Tentang Lembaga Agama : Pengertian, Fungsi, Dan Contohnya Paling Lengkap. Semoga Apa Yang Dibahas Diatas Dapat Bermanfaat Bagi Pembaca Sekalian. Terima Kasih.

Artikel Lainnya :

Pengertian Cahaya Penjelasan dan Sifatnya Secara Lengkap

Mikrometer Sekrup: Kegunaan,Jenis,Bagian,Fungsi Dan Juga Prinsipnya

Prinsip Etika Bisnis & Pengertian, Tujuan, Manfaat Dan Contohnya Lengkap