Lambang Koperasi: Pengertian,Lambang baru,Arti dan Maknanya

Posted on

GuruSekolah.co.id – Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang Lambang Koperasi yang meliputi Pengertian, Lambang baru, Arti dan Maknanya

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini :

Pengertian

Koperasi yang adalah salah satu pelaku kegiatan ekonomi di Indonesia memiliki posisi dan peran yang sangat penting bagi pembangunan dan juga pertumbuhan ekonomi Indonesia dari masa ke masa.

Sebelum jauh masuk ke dalam pembahasan kali ini, sebaiknya anda juga harus mengetahui dan memahami pengertian dari koperasi, sejarah perkembangan koperasi, asas dan landasan dari koperasi, serta fungsi dan tujuan koperasi.

Dari anggota untuk anggota. Istilah ungkapan sederhana tersebut sangat pas untuk menggambarkan suatu kegiatan koperasi. Karena seperti yang dapat kita ketahui, koperasi dihidupkan dari iuran anggotanya, dan pada akhirnya akan menghidupkan anggotanya juga. Dalam istilah bidang politik kita kenal dengan sebutan demokrasi.
Secara bahasa dapat diistilahkan, koperasi berasal dari dua suku kata bahasa inggris, yakni ‘co‘ dan ‘operation‘. Co artinya bersama, dan operationartinya bekerja.
Sehingga dapat juga diartikan co-operation (koperasi) ialah melakukan suatu pekerjaan secara bersama (gotong-royong).Setiap organisasi didirikan dengan suatu tujuan tertentu.
Begitu pula halnya dengan koperasi. Pada intinya, tujuan utama dari didirikannya koperasi ialah untuk mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, sejahtera, dan mandiri atas dasar Pancasila dan UUD 1945.
Tujuan koperasi tertuang dalam UU No. 25 Tahun 1992 mengenai kekoperasian, pada BAB II Pasal 3 menyatakan bahwa tujuan koperasi ialah: Untuk memajukan kesejahteraan semua anggota pada khususnya dan juga masyarakat pada umumnya serta juga ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan juga Undang-undang Dasar 1945 
Menurut Bapak Koperasi Nasional, Bang Hatta, koperasi tidak bertujuan mencari laba dengan sebesar-besarnya, menurut beliau tujuan koperasi tidak lain ialah melayani dan mencukupi kebutuhan bersama, serta sebagai wadah partisipasi untuk seorang pelaku ekonomi skala kecil dan menengah.

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang arti dan makna lambang koperasi Indonesia yang baru, meskipun sebenarnya pada penjelasan yang sebelumnya telah dijelaskan juga arti lambang koperasi indonesia (versi lama-pent).

Lambang Koperasi Indonesia yang Baru

 

Arti dan Makna Lambang Koperasi Indonesia yang Baru

Pada tahun 2012, pemerintah memutuskan untuk mengganti lambang dari koperasi. Lambang koperasi yang baru memiliki tampak lebih modern dan dinamis dengan dominannya warna hijau. Berikut ini ialah arti dari tiap gambar pada lambang koperasi.

Gambar bunga, memiliki makna bahwa koperasi di Indonesia harus senantiasa berkembang mengikuti zaman, dinamis dan berwawasan, variatif, inovatif sekaligus  juga produktif dalam kegiatannya serta berwawasan dan berorientasi pada keunggulan dan juga teknologi.

Gambar 4 (empat) sudut pandang, memiliki makna sebagai arah mata angin, koperasi harus bisa sebagai organisasi penyalur aspirasi, berlandaskan sifat kerakyatan, dan juga memnjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan, kemandirian, keadilan dan demokrasi serta siap untuk dalam menuju persaingan global.

Teks Koperasi Indonesia, ditulis dengan huruf yang modern mengandung arti koperasi harus senantiasa maju sesuai kebutuhan zaman. Teks tersebut ditulis berjejer rapi memiliki arti bahwa ikatan antar anggota dan pengurus yang sangat kuat.

Baca Juga : Perkembangan Dan Pengertian Teknologi Informasi Serta Komunikasi

Warna Pastel dalam Lambang Koperasi Indonesia, mencerminkan sikap yang berwibawa, ketabahan, kemauan dan juga kemajuan serta memiliki kepribadian yang sangat kuat.

4 (empat) kuncup bunga, digambarkan saling bertautan membentuk sebuah lingkaran, artinya bahwa tiap pengurus dan anggota koperasi saling bekerjasama dan membutuhkan satu dengan yang lain.

Gurusekolah.co.id-Demikianlah informasi terkini seputar arti lambang koperasi, mudah-mudahan dapat membantu kalian mengerjakan tugas sekolah. Semoga apa yang dapat disampaikan berguna untuk masa-masa yang datang. Terimakasih

Gurusekolah.co.id -Demikian makalah dan ulasan  yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya. Terima kasih.

Artikel Lainnya :

Sejarah OSIS:Pengertian,Tujuan,Fungsi Serta Perangkat Dan Lambang

Tujuan Budi Utomo, Dan Pendiri, Serta Sejarah Budi Utomo Lengkap

Pakaian Adat Jawa Timur-Upacara beserta Gambarnya Dan Penjelasan