Konflik Sosial – Faktor-Faktor Penyebab Munculnya Konflik Sosial

Posted on

Gurusekolah.co.id-Pada kesempatan kali ini kita akan membahas  tentang  konflik sosial yang meliputi Faktor-Faktor Penyebab Munculnya Konflik Sosial

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini :

konflik sosial

Pengertian

Konflik sosial atau pertentangan adalah proses sosial antara dua pihak atau lebih yang berusaha untuk saing menyingkirkan/melenyapkan dan atau membuat orang lain tidak berdaya. Adanya konflik di masyarakat sangat umum terjadi karena setiap individu dan kelompok tersebut memiliki berbagai perbedaan.

Berikut ini faktor-faktor penyebabnya

  • Perbedaan Kepribadian

Setiap individu memiliki kepribadian yang unik sehingga berbeda antara satu dengan lainnya. Adanya perbedaan ini bisa menimbulkan munculnya konflik sosial. Ada individu yang penakut sedangkan yang lain pemberani, ada yang pendiam dan ada pula yang senang bersosialisasi. Perbedaan tersebut bisa tidak menimbulkan konflik jika antar individu bisa memahami dan menghargai kepribadian yang berbeda tersebut.

  • Perbedaan Pendirian

Pendirian seseorang bisa berbeda dengan yang lain, misalnya tentang ideologi dan pendapatnya akan suatu masalah. Jika dalam sebuah kelompok pendirian ini dibentrokkan dengan pendirian yang lain maka bisa jadi menimbulkan konflik sosial.

  • Perbedaan Kepentingan

Kepentingan suatu kelompok kadang berbeda dengan kepentingan kelompok lainnya meskipun dalam satu daerah atau negara. Misalnya saja kelompok A setuju dengan pengiriman wakil untuk suatu kompetisi namun kelompok B tidak setuju karena menganggap bahwa kompetisi tersebut tidak memiliki dampak yang baik.

  • Perbedaan Kebudayaan

Kebudayaan yang melekat pada diri seseorang atau suatu kelompok dapat mempengaruhi pola pemikiran dan tingkah laku mereka. Misalnya orang dari suatu daerah dikenal terbiasa berbicara kasar dan keras, hal tersebut kadang tidak bisa diterima oleh orang di daerah lain yang terbiasa berbicara lembut sehingga bisa menyebabkan munculnya konflik.

  • Perubahan Sosial

Perubahan sosial pada masyarakat bisa juga disebabkan karena adanya perubahan kondisi geografi, komposisi penduduk, kebudayaan material, ideologi, juga adanya difusi atau penemuan-penemuan baru di masyarakat. Misalnya adanya kelompok baru yang datang ke suatu daerah sehingga menyebabkan komposisi penduduk menjadi berubah. Hal tersebut dapat menyebabkan munculnya konflik sosial.

Faktor-faktor penyebab konflik sosial tersebut biasanya tak bisa dihindari sehingga perlu adanya penyelesaian konflik. Penyelesaian konflik sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara antara lain koersi, kompromi, arbritase, mediasi, konsiliasi, toleransi, stalemate, dan ajudikasi.

Itulah penjelasan singkat yang bisa gurusekolah.co.id sampaikan semoga makalah ini dapat bermanfaat. Terima Kasih

Artikel Lainnya :

Related posts: