Komponen Kurikulum : Pengertian Dan Fungsi Menurut Para Pakar

Posted on

GuruSekolah.co.id-Pada Kesempatan Kali Ini, Disini Akan Dijelaskan Tentang komponen kurikulum yang meliputi Pengertian Dan Fungsi Menurut Para Pakar Paling Lengkap

Simak Sama-Sama Penjelasan Yang Ada Dibawah Berikut Ini.

Pengertian Kurikulum

Kurikulum : Pengertian Dan Fungsi Menurut Para Pakar Paling Lengkap – Terdapapt Banyak Sekali Pendapat Dari Para Pakar Yang Memberikan Definisi Atau Pengertian Dari Kurikulum. Pengertian Kurikulum Adalah  Program Rancangan Belajar Mengajar Yang Dapat Digunakan Untuk Sebagai Pedoman Oleh Seorang Pendidik.

Kurikulum Terebut Berasal Dari Bahasa Inggris Yaitu “Curriculum” Yang Memiliki Arti “Rencana Pelajaran“, Curriculum Tersebut Berasal Dari Bahasa Latin Yakni “Currere” Yang Memiliki Banyak Arti, Diantaranya Adalah Seperti Maju Dengan Cepat , Berlari Cepat,  Menjalani Dan Juga Berusaha.

Gambar Kurikulum

 

Pengertian Dan Fungsi Kurikulum Menurut Para Pakar – Pengertian Kurikulum Tersebut Yang Sebenarnya Yang Sangatlah Fundamental Atau Mendasar Dari Fungsi Kurikulum Yang Sesungguhnya Adalah Sebagai Sebuah Proses Pendidikan Untuk Mencapai Mencapai Suatu Tujuan, Oleh Karena Itu, Untuk Bidsa Mempermudah Dan Juga Memahaminya Dengan Membaca Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli / Pakar Sebagai Berikut Dibawah Ini :

Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli

  • Menurut Daniel Tanner Dan  Laurel Tanner
    Pengertian Dari Kurikulum Adalah Suatu Pengalaman Pembelajaran Yang Terarah Dan Terencana, Dengan Melewati Proses Rekontruksi Pengetahuan, Serta  Juga Pengalaman Secara Sistematis Yang Berada Dibawah Pada Suatu Pengawasan Lembaga Pendidikan Sehingga Pelajar Tersebut Memiliki Motivasi Dan Juga Minat Atau Keinginan Belajar.
  • Menurut Inlow (1966)
    Pengertian Dari Kurikulum Adalah Usaha Menyeluruh Yang Dirancang Secara Khusus Oleh Sekolah Didalam Membimbing Murid Untuk Dapat Memperoleh Hasil Dari Pelajaran Yang Sudah Ditentukan Tersebut.
  • Menurut Hilda Taba (1962)
    Pengertian Dari Kurikulum Yang Dituangkan Kedalam Bukunya Yang Berjudul “Curriculum Development Theory And Pratice” Ialah Sebagai “A Plan Of Learning” Yang Mempunyai Bahwa Kurikulum Adalah  Sesuatu Yang Direncanakan Untuk Bisa Dipelajari Oleh Siswa Yang Didalamnya Memuat Rencana Untuk Para Peserta Didik(Murid). .
  • Menurut Kerr, J. F (1968)
    Pengertian Dari Kurikulum Adalah Sebuah Pembelajaran Yang Dirancang Dan Juga Dilaksanakan Dengan Individu Serta Juga Berkelompok Baik Itu Di Luar Maupun Di Dalam Sekolah.
  • Menurut George A. Beaucham (1976)
    Pengertian Dari Kurikulum Adalah Suatu Dokumen Tertulis Yang Didalamnya Berisi Mata Pelajaran Yang Akan Diajar Kepada Para Peserta Didik(Murid) Dengan Melewati Berbagai Mata Pelajaran, Pilihan Disiplin Ilmu, Rumusan Masalah Yang Dalam Kehidupan Sehari-Hari
  • Menurut Neagley Dan Evans (1967)
    Pengertian Dari Kurikulum Adalah Semua Pengalaman Yang Telah Dibangung Atau Dirancang Oleh Pihak Sekolah Untuk Bisa Menolong Para Siswa Didalam Mencapai Hasil Belajar Kepada Kemampuan Siswa Yang Paling Baik
  • Menurut UU. No. 20 Tahun 2003
    Pengertian Dari Kurikulum Adalah Suatu Perangkat Rencana Dan Juga Pengaturan Tentang Tujuan, Isi, Dan Juga Bahan Pengajaran Dan Cara Yang Dipakai Adalah Sebagai Suatu Pedoman Didalam Suatu Penyelenggaraan Kegiatan Dalam Pembelajaran Untuk Bisa Mencapai Suatu Tujuan Pendidikan Nasional.
  • Menurut Good V. Carter (1973)
    Pengertian Dari Kurikulum Adalah Kelompok Pengajaran Yang Sistematik Atau Juga Urutan Subjek Yang Dipersyaratkan Untuk Bisa Lulus Atau Juga Sertifikasi Dalam Pelajaran Mayor
  • Menurut Grayson (1978)
    Pengertian Dari Kurikulum Adalah Suatu Perencanaan Untuk Memperoleh Suatu Pengeluaran (Out-Comes) Yang Diharapkan Dari Suatu Pembelajaran
  • Menurut Murray Print
    Pengertian Dari Kurikulum Adalah Sebuah Ruang Pembelajaran Yang Telah Terencana Dan Diberikan Secara Langsung Kepada Para Siswa Oleh Sebuah Lembaga Pendidikan Dan Juga Pengalaman Yang Bisa Dinikmati Oleh Semua Siswa Pada Saat Kurikulum Tersebut Diterapkan.
  • Menurut Crow And Crow
    Pengertian Dari Kurikulum Adalah Rancangan Pengajaran Atau Juga Sejumlah Mata Pelajaran Yang Disusun Secara Sistematis Untuk Dapat Menyelesaikan Suatu Program Untuk Bisa Mendapat Ijazah.

Komponen Kurikulum

Fungsi Kurikulum

Fungsi Kurikulum merupakan sebagai alat dalam pendidikan mempunyai berbagai macam fungsi dalam pendidikan yang sangat berperan dalam prosesnya. Oke, berikut ini fungsi dari kurikulum, untuk lebih lebih jelasnya simak dibawah ini.

  • Fungsi Penyesuaian Atau ( The Adjustive Or Adaptive Function )
    Kurikulum berfungsi sebagai penyesuaian ialah kemampuan untuk bisa menyesuaikan diri dengan perubahan – perubahan yang terjadi pada lingkungannya, karna lingkungan memiliki sifat dinamis yang artinya bisa berubah-ubah.
  • Fungsi Integrasi ( The Integrating Function )
    Kurikulum memiliki fungsi sebagai penyesuaian mengandung arti bahwa kurikulum ialah alat pendidikan yang mampu atau bisa menghasilkan pribadi-pribadi yang utuh yang dapat dibutuhkan dan berintegrasi didalam masyarakat.
  • Fungsi Diferensiasi ( The Diferentiating Function )
    Kurikulum memiliki fungsi sebagai diferensiansi ialah sebagai alat yang memberikan pelayanan dari berbagai perbedaab disetiap siswa yang harus dihargai dan dilayani.
  • Fungsi Persiapan ( The Propaeduetic Function )
    Kurikulum memiliki fungsi sebagai persiapan yang mengandung makna bahwa kurikulum sebagai alat pendidikan mampu mempersiapkan siswa kejenjang selanjutnya dan juga dapat mempersiapkan diri dapat hidup dalam masyarakat, jika tidak melanjutkan pendidikan.
  • Fungsi Pemilihan ( The Selective Function )
    Kurikulum memiliki fungsi sebagai pemilihan ialah memberikan kesempatan bagi siswa untuk menentukan pilihan program belajar yang sesuai dengan minat dan bakatnya.
  • Fungsi Diagnostik ( The Diagnostic Function )
    Kurikulum memiliki fungsi sebagai diagnostik mengandung makna bahwa kurikulum ialah alat pendidikan yang mampu mengarahkan dan memahami potensi siswa serta kelemahan dalam dirinya. Apabila Sudah mengerti potensi dan mengetahui kelemahannya, maka dengan demikian diharapkan siswa dapat mengembangkan potensi dan memperbaiki kelemahannya.

Gurusekolah.co.id-Demikian Penjelasan Tentang Komponen Kurikulum yaitu Pengertian Dan Fungsi Menurut Para Pakar Paling Lengkap, Semoga Dapat Bermanfaat.

Artikel Lainnya :

Contoh Seni Kriya : Pengertian, Fungsi, Macam-Macam Serta Gambarnya

Daur Nitrogen : Pengertian, Tahapan, Proses, ilustrasi Dan Contohnya

Jaring & Jaring Kubus Dan Unsur-Unsur Kubus Beserta Penjelasannya

Perubahan Kimia-Sifat Fisika dan Kimia Serta Contohnya Lengkap

Related posts: