Kloroplas – Pengertian, Struktur, Fungsi, Beserta Gambar Lengkap

Posted on

Gurusekolah.co.id-Pada kesempatan kali ini kita akan membahas  tentang Kloroplas – Pengertian, Struktur, Fungsi, Beserta Gambar Lengkap

KLoroplas

A. Pengertian

Kloroplas atau disebut juga Chloroplast ialah sebuah plastid yang mengandung klorofil, dan dipakai untuk tempat berlansungnya proses fotosintesis. Kloroplas adalah merupakan organel sel yang mempunyai membran yang hanya ditemukan pada sel tumbuhan.

Adapun pengertian lainnya, kloroplas ialah plastida yang berwarna hijau yang banyak mengandung pigmen yang dibsebut dengan klorofil. Berbentuk lensa atau butir dan pipih yang bisa dilihat dengan mikroskop dengan cahaya perbesaran yang paling kuat. Pada tumbuhan tingkat tinggi kloroplas mempunyai bentuk lonjong, sedangkan pada tumbuhan tingkat rendah berbentuk agak kebulatan.

B. Strukturnya

Struktur kloroplas terdri atas beberapa macam yakni :

  • Membran luar

Memiliki fungsi mengatur keluar masuknya zat. Membran luar dalam struktur kloroplas merupakan membran yang sangat permeabel. Membran permeable merupakan tipe membran sel yang dapat dilalui semua zat baik zat padat maupun zat cair tanpa terkecuali.

  • Ruang Antar membran

Memiliki fungsi sebagai ruangan yang memisah antara membran luar dan membran dalam, terbalnya kira-kira 10 nm. Ruang antar mebran adalah bagian dari kloroplas yang menjadi pembatas atau penghalang antara membran dalam dan juga membran luar. Ruang antar membran terletak diantara membran luar dan membran dalam yang memisahkannya menjadi dua bagian yang berbeda.

Struktur Kloroplas

  • Membran Dalam

Memiliki fungsi sebagai penghalang antara sitosol dan stroma.

  • Tilakoid

Memiliki fungsi sebagai tempat reaksi terang, berperan untuk menangkap energi cahaya matahari.

  • Stroma

Merupakan membran bagian dalam yang membungkus cairan kloroplas, memiliki fungsi sebagai tempat berlangsungnya reaksi gelap. Stroma merupakan bagian membran dalam yang membungkus cairan dari kloroplas. Di dalam stroma inilah akan berlangsung reaksi gelap. Stroma adalah suatu bahan dasar (matriks) kloroplas tempat terjadinya reaksi gelap fotosintesis untuk selanjutnya menyimpan hasil fotosintesis yang berupa amilum (pati).

  • Granum

Granum adalah bagan yang berupa kumpulan tilakoid yang bertumpuk-tumpuk seperti uang logam. Granum merupakan sistem membran yang mempunyai fungsi sebagai tempat berlangsungnya reaksi terang fotosintesis.

  • DNA Plastida

Adalah merupakan gen pembawa sifat pada plastida yang memiliki fungsi untuk replikasi kloroplas atau pembelahan sel kloroplas.

  • Ribosom

Memiliki fungsi sebagai sintesis protein. (Pengertian Ribosom, Struktur dan Fungsi Ribosom)

  • Plastoglobula

Adalah merupakan senyawa kimiawi yang terkandung didalam kloroplas, senyawa ini merupakan lipid berbentuk globul.

  • Pati

Adalah merupakan hasil dari fotosintesis yang disimpan dalam bentuk amilum (pati)

C. Fungsi Kloroplas

Fungsi utama adalah sebagai tempat fotosintesis. Fotosintesis ialah suatu reaksi pembentukan ATP dan melibatkan transpor hidrogen dan elektron dalam senyawa-senyawa seperti NADH dan juga sitokrom.

Fotosintesi ini akan mengubah karbon dioksida menjadi gula, yaitu sumber energi kimia dan juga makanan bagi tumbuhan. Fotosintesi memakai cahaya sebagai sumber energi, menggunakan CO2 dan air yang selanjutnya akan menghasilkan oksigen dan karbohidrat.

Ada sekitar setengah juta kloroplas pada tiap mili meter persegi permukaan daun dan warna daun berasal dari klorofil dan pigmen warna hijau yang terdapat di dalam kloroplasma.

Energi cahaya yang diserap oleh klorofil ini yang nantinya akan mengerakkan sintesis molekul makanan di dalam kloroplasma yang ditemukan di dalam sel mesofil yakni jaringan yang terletak di dalam bagian dalam daun. Karbondioksida akan masuk ke daun dan oksigen akan keluar melalui pori pori mikroskopik yang biasa disebut dengan stomata.

Air yang diserap oleh akar akan dialirkan ke daun melalui berkas pembuluh yang digunakan juga oleh daun untuk mengirimkan gula ke akar dan juga bagian bagian dari tumbuhan yang tidak berfotosintesis.

Demikian penjelasan singkat dan jelas tentang yang dapat gurusekolah.co.id sampaikan. Semoga pembahasan  ini dapat bermanfaat. Terima Kasih.

Artikel Lainnya :