Kebugaran Jasmani : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Tujuan, Unsur Lengkap

Posted on

GuruSekolah.co.id-Pada Kesempatan Kali Ini, Disini Akan Dijelaskan Tentang Kebugaran Jasmani yang meliputi Pengertian – Manfaat – Fungsi – Tujuan – Unsur Secara Lengkap

Simak Sama-Sama Penjelasan Yang Ada Dibawah Berikut Ini.

Gambar Kebugaran Jasmani

Pengertian Kebugaran Jasmani

  • Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Prof. Sutarman Ialah Suatu Aspek, Yaitu Aspek Fisik Dan Kebugaran Yang Menyeluruh (Total Fitness) Yang Memberi Kesanggupan Kepada Seseorang Untuk Menjalankan Hidup Yang Produktif Dan Dapat Menyesuaikan Diri Pada Tiap Pembebanan Fisik (Physical Stress) Yang Layak.

 

  • Proff. Soedjatmo Soemowardoyo Menyatakan, Bahwa Kesegaran Jasmani Ialah Kemampuan Tubuh Untuk Dapat Menyesuaikan Fungsi Alat Tubuhnya Dalam Batas Fisologi Terhadap Lingkungan (Ketinggian, Kelembapan Suhu, Dan Sebagainya) Dan Atau Kerja Fisik Yang Cukup Efisien Tanpa Lelah Secara Berlebihan. Secara Umum Pengertian Kebugaran Jasmani Ialah Kemampuan Seseorang Untuk Bisa Menjalankan Pekerjaan Sehari Hari Dengan Ringan Dan Mudah Tanpa Merasakan Kelelahan Yang Berarti Dan Masih Mempunyai Cadangan Tenaga Untuk Melakukan Kegiatan Yang Lain.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Berikut Ini Adalah Manfaat Yang Didapat Dari Kebugaran Jasmani Yang Diantaranya Yakni:

  1. Dapat Meningkatkan Sirkulasi Darah Dan Juga Sistem Kerja Jantung.
  2. Dapat Meningkatkan Stamina Dan Kekuatan Tubuh Sehingga Tubuh Akan Menjadi Lebih Energik.
  3. Memiliki Kemampuan Pemulihan Organ-Organ Tubuh Secara Tepat Setelah Latihan Kebugaran.
  4. Memiliki Respon Tubuh Yang Tepat.
  5. Dapat Mengurangi Risiko Obesitas.
  6. Dapat Mencegah Penyakit Jantung.
  7. Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi.
  8. Dapat Mengatasi Depresi.
  9. Dapat Terhindar Dari Osteoporosis “Tulang Keropos”.

kebugaran jasmani

Macam-Macam Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

  • Latihan Kebugaran Jasmani

Tujuan Utama Dari Latihan Kebugaran Jasmani Ialah Untuk Dapat Mempertahankan Dan Meningkatkan Tingkat Kebugaran Jasmani.

Unsur-Unsur Dari Kebugaran Jasmani Yang Berhubungan Dengan Konsep Kebugaran Jasmani Dalam Kehidupan Sehari-Hari Terdiri  Atas Kekuatan, Kelenturan Dan Juga Keseimbangan.

Bentuk- Bentuk Latihan Dari  Kekuatan, Kelenturan, Dan Keseimbangan  Yang Bisa Dilakukan Dengan Cara Yang Mudah Dan Murah, Akan Tetapi Dapat Menghasilkan Kebugaran Yang Maksimal Apabila Dilakukan Dengan Benar, Teratur, Dan Dalam Jangka Waktu Yang Lama.

 

  • Kekuatan (Strength)

Kekuatan Ialah Kemampuan Otot Tubuh Untuk Bisa Melakukan Kontraksi Guna Membangkitkan Tegangan Terhadap Suatu Tahanan. Bentuk Latihan Yang Cocok Untuk Mengembangkan Kekuatan Yakni Latihan-Latihan Tahanan (Resistance Exercice), Dimana Kita Mesti Mengangkat, Mendorong, Atau Juga Menarik Suatu Beban. Beban Tersebut Bisa Berasal Dari Anggota Badan Kita Sendiri (External Resistance). Agar Hasilnya Menjadi Bagus, Latihan Tahanan Harus Maksimal Untuk Bisa Menahan Beban Tersebut Dan Beban Harus Sedikit Demi Sedikit Bertambah Berat Agar Perkembangan Otot Meningkat. Bentuk Latihannya Antara Lain Misal : Mengangkat Barbell, Dumbell, Weight Training (Latihan Beban), Dan Juga Latihan Dengan Alat-Alat Menggunakan Per (Spring Divices).

 

Kekuatan Otot Adalah Komponen Yang Sangat Penting Agar Dapat Meningkatkan Kondisi Fisik Secara Keseluruhan. Manfaat Kekuatan Bagi Tubuh Ialah :

  1. Sebagai Penggerak Setiap Aktivitas Fisik,
  2. Sebagai Pelindung Dari Kemungkinan Cedera Yang Mungkin Terjadi
  3. Dengan Kekuatan Akan Membuat Seseorang Berlari Lebih Cepat, Melempar Atau Menendang Lebih Jauh Dan Lebih Efisien, Memukul Lebih Keras, Dan Bisa Membantu Memperkuat Stabilitas Sendi-Sendi.

 

  • Latihan Kelenturan (Flexibility)

Kelenturan Ialah Kemampuan Seseorang UntukDapat Melakukan Gerak Dalam Ruang Gerak Secara Maksimum Tanpa Hambatan Yang Berarti. Terdapat (2) Dua Teknik Gerakan Latihan Kelenturan, Yakni Kelenturan Dinamis Dan Kelenturan Statis.

 

  • Latihan Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan Ialah Mempertahankan Tubuh Dari Suatu Tekanan Atau Beban Dari Badan Dalam Keadaan Diam Atau Juga Sedang Bergerak. Latihan Keseimbangan Ini Bisa Dikerjakan Dengan Jalan Mengurangi Atau Memperkecil Bidang Tumpuan. Latihan Keseimbangan Juga Dapat Diartikan Latihan / Bentuk Sikap Badan Dalam Keadaan Seimbang Baik Pada Sikap Berdiri, Duduk, Maupun Jongkok.

kebugaran jasmani

Fungsi Dan Tujuan Kebugaran Jasmani

Untuk Dapat Meningkatkan Kebugaran Jasmani, Harus Melakukan Latihan-Latihan Yang Teratur. Kurangnya Daya Tahan Dari Kelenturan Persendian, Kekuatan Dan Kelincahan Bisa Menyebabkan Kondisi Fisik Seseorang Tidak Sempurna. Adapun Fungsi Dan Tujuan Kebugaran Jasmani Yang Diantaranya Yakni ;

  • Dapat Meningkatnya Sistem Sirkulasi Darah, Sistem Saraf Dan Fungsi Jantung.
  • Dapat Meningkatnya Komponen Kelenturan, Stamina Dasn Kecepatan.
  • Dapat Mempercepat Pemulihan Fungsi Organ Tubuh Setelah Berlatih Atau Bahkan Pada Kondisi-Kondisi Tertentu Misalnya Ibu Hamil, Orang Tua Dan Pemulihan Setelah Sakit.
  • Bagi Olahragawan Derjat Kebugaran Jasmani Yang Tinggi Dapat Berfungsi Untuk Meningkatkan Prestasi.
  • Dapat Merangsang Perkembangan Dan Pertumbuhan Bagi Balita Dan Anak-Anak.

Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

Adapun Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani Yang Diantaranya Yakni:

Kekuatan “Strength”

Kekuatan Adalah Kemampuan Dalam Mempergunakan Otot Untuk Bisa Menerima Beban Sewaktu Bekerja. Kekuatan Otot Bisa Diraih Dari Latihan Dengan Beban Berat Dan Frekuensi Sedikit.

Daya Tahan “Endurance”

Daya Tahan Adalah Kemampuan Seseorang Dalam Memakai Organ Tubuhnya Seperti Jantung Dan Juga Paru-Paru Secara Efektif Dan Efisien Dalam Melakukan Aktivitasnya.

Daya Otot “Muscular Power”

Daya Otot Disebut Juga Dengan Daya Ledak Otot “Explosive Power” Adalah Kemampuan Seseorang Dalam Memakai Kekuatan Maksimum Yang Dikerahkan Dalam Waktu Sesingkat-Singkatnya.

Kecepatan “Speed”

Kecepatan Adalah Kemampuan Seseorang Dalam Melakukan Gerakan Berkesinambungan Dalam Waktu Yang Sesingkat-Singkatnya. Bentuk Latihan Yang Dapat Dilakukan Untuk Meningkatkan Kecepatan Adalah Berlari 50-200 Meter.

Daya Lentur “Flexibility”

Daya Lentur Melihat Pada Efektivitas Tubuh Manusia Dalam Menyesuaikan Diri Dengan Gerakan Atau Juga Aktivitas Yang Mengandalkan Kelenturan Tubuh.

Kelincahan “Agility”

Kelincahan Adalah Merupakan Kemampuan Seseorang Dalam Menyesuaikan Diri Dengan Posisi-Posisi Tubuh Seperti Dari Depan Ke Belakang Atau Juga Dari Kiri Ke Kanan.

Koordinasi “Coordination”

Koordinasi Adalah Merupakan Kemampuan Seseorang Dalam Menyatukan Gerakan Tubuh Berbeda Ke Dalam Satu Gerakan Yang Efektif.

Keseimbangan “Balance”

Keseimbangan Adalah Merupakan Kemampuan Untuk Mengendalikan Organ Dan Syarat Otot Sehingga Bisa Mengendalikan Gerakan Tubuh Dengan Baik.

Ketepatan “Accuracy”

Ketepatan Adalah Kemampuan Dalam Mengendalikan Gerakan Sesuai Dengan Sasaran.

Reaksi “Reaction”

Reaksi Adalah Merupakan Kemampuan Seseorang Dalam Menanggapi Rangsangan Atau Stimulus Yang Diberikan Orang Lain.

Gurusekolah.co.id-Demikianlah Pembahasan Mengenai Kebugaran Jasmani : Pengertian – Manfaat – Fungsi – Tujuan – Unsur Secara Lengkap Semoga Dengan Adanya Ulasan Tersebut Dapat Menambah Wawasan Dan Juga Pengetahuan Kalian Semua, Terimakasih.

Artikel Lainnya :

Gaya Gesek : Pengertian, Jenis, Rumus Dan Contohnya Secara Lengkap

Rumus kerucut-Pengertian,Rumus Volume,Rumus Luas Dan Contoh Soal

Jaring & Jaring Kubus Dan Unsur-Unsur Kubus Beserta Penjelasannya

Perubahan Kimia-Sifat Fisika dan Kimia Serta Contohnya Lengkap