Jenis-Jenis Hutan Beserta Gambar Dan Fungsinya Lengkap

Posted on

Gurusekolah.co.id-Pada kesempatan kali ini kita akan membahas materi tentang Jenis-Jenis Hutan Beserta Gambar Dan Fungsinya Lengkap

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini :

Jenis-Jenis Hutan

Jenis-Jenis Hutan

Seperti yang telah kita ketahui, hutan adalah paru-paru dunia dan sebagai habitat bagi hewan dan tumbuhan dari berbagai spesies. Jenis-jenis ini akan dibagi menjadi tipe hutan tergantung pada fungsinya, tergantung pada jenis pohon dan tergantung pada proses terjadinya. Ketiga jenis ini dijelaskan sebagai berikut.

Baca Juga Tentang :Pengertian Reboisasi, Manfaat, Tujuan, dan Fungsi Lengkap

Tipe Hutan Berbasis Fungsi

Jenis hutan, diklasifikasikan menurut fungsinya, dibagi menjadi beberapa bagian lain, yaitu:

Hutan lindung

hutan lindung

Hutan lindung adalah hutan yang dilindungi oleh pemerintah, yang menjamin konservasi sistem tanah dan air di daerah di mana hutan itu berada.

Cadangan hutan

Cadangan hutan

Hutan cagar, yang merupakan hutan di mana hutan memiliki karakteristik sendiri, hutan digunakan sebagai perlindungan khusus untuk habitat dan manfaat lainnya. Metode penggunaannya adalah penciptaan cadangan dan cadangan.

Wisata Hutan

Wisata Hutan

Wisata hutan adalah hutan yang sengaja ditetapkan sebagai hewan peliharaan dan peliharaan, yang kemudian digunakan sebagai tujuan wisata. Penggunaan hutan wisata ini terdiri dari Taman Baru, Taman Wisata, serta Taman Laut.

Selain itu, taman wisata ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Keindahan ini terdiri dari keindahan alam dan keindahan binatang yang ada di dalamnya, dan dapat menarik wisatawan untuk dapat menjelajahi tempat wisata ini.

Hutan Produksi

Hutan Produksi

Hutan industri adalah hutan yang digunakan oleh sumber daya alam, terutama tanaman yang banyak digunakan oleh masyarakat. Penggunaan hutan industri ini dilakukan dengan mengorbankan industri hutan dan industri farmasi.

Jenis hutan berdasarkan jenis pohon

Selain apa yang kita bahas di atas, kita berbicara tentang pengelompokan hutan berdasarkan spesies, oleh karena itu, di sini mengikuti pengelompokan hutan berdasarkan jenis pohon yang terkandung di dalamnya. Pengelompokan hutan berdasarkan spesies pohon akan dijelaskan sebagai berikut.

Hutan heterogen

Hutan heterogen
Hutan heterogen, yang merupakan jenis hutan yang ditumbuhi berbagai jenis pohon, seperti hutan. Hutan umum di daerah tropis seperti Afrika, Amerika Tengah, Amerika Selatan, Asia Tenggara, dan Australia Timur.

Hutan homogen

Hutan homogen

Hutan homogen adalah hutan yang ditumbuhi hanya dengan satu jenis tanaman. Tanaman ini dimaksudkan untuk tujuan tertentu, yaitu untuk reboisasi, penghijauan atau untuk industri. Contoh dari hutan ini adalah hutan pinus dan hutan jati.

Jenis hutan berdasarkan kejadian proses

Jenis hutan ini dibagi menjadi dua bagian: ada hutan yang terjadi secara alami, ada hutan yang terjadi secara artifisial.

Hutan Asli

Hutan Asli

Hutan asli atau hutan alam adalah hutan yang terbentuk secara alami, yang berarti bahwa orang tidak ikut campur di dalamnya, seperti hutan.

Hutan Buatan

Hutan buatan

Hutan buatan adalah hutan yang sengaja dibuat oleh manusia. Sebuah hutan diciptakan untuk dapat memenuhi tujuan tertentu, dan hutan ini juga dibuat berdasarkan keinginan kelompok orang itu sendiri juga untuk keuntungan.

Sekian, ulasan kami Gurusekolah.co.id tentang tipe tipe hutan dan jenisnya semoga makalah ini bermanfaat.

Artikel Lainnya :