Jaring – Jaring Kubus Dan Unsur-Unsur Kubus Beserta Penjelasannya

Posted on

Gurusekolah.co.id-Pada kesempatan kali ini kita akan membahas materi tentang Jaring – Jaring Kubus Dan Unsur-Unsur Kubus Beserta Penjelasannya

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini :

Jaring - Jaring Kubus

Sebelum kita mambahasnya lebih lanjut mari kita ketahui dahulu apa itu pengertian kubus ?. Pengertian dari kubus, yakni bisa disimpulkan ternyata kubus ialah bangun ruang yang mempunyai enam sisi yang memiliki bentuk persegi dan mempunyai 12 rusuk yang penjangnya sama.

Gambar Kubus

Jaring – Jaring Kubus

Jaring-jaring kubus ialah merupakan sebuah bangun datar dari bukaan bangun ruang menurut rusuknya, dan jika dipotong menurut rusuk-rusuknya juga kemudian tiap sisinya direntangkan, maka akan menghasilkan jaring-jaring kubus juga. Jaring-jaring kubus terdiri atas enam buah persegi kongruen yang saling berhubungan.

Membuat Jaring-jaring Kubus

Jika pada bagian sebelumnya tadi kita telah membuat jaring-jaring kubus dengan menggunakan cara memotong kubus yang sudah jadi menurut rusuk-rusuknya, maka sekarang kita akan membuat jaring-jaring kubus.
Enam buah persegi yang kongruen kalau disusun belum tentu merupakan dari jaring-jaring kubus.
Susunan persegi tersebut adalah merupakan jaring-jaring kubus jika dilipat kembali keenam sisi kubus  tepat tertutup oleh 6 buah persegi yang kongruen tersebut.

Jaring-jaring Kubus contoh 1

Jaring-jaring Kubus contoh 2

Unsur – Unsur Kubus

Berikut ini termasuk dari unsur-unsur kubus adalah ;

1. Sisi atau bidang

Sisi-sisi dari kubus ialah bidang yang membatasi kubus. Jika kita bisa perhatikan gambar kubus ABCD.EFGH secara seksama dan juga teliti, maka dari gambar tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa kubus adalah merupakan bangun ruang yang memiliki 6 buah sisi yang semuanya memiliki bentuk persegi.

Sisi-sisi dari kubus tersebut ialah;
a) Pada Sisi bawah (ABCD)
b) Pada Sisi atas (EFGH)
c) Pada Sisi depan (ABFE)
d) Pada Sisi belakang (DCGH)
e) Pada Sisi samping kiri (BCGF)
f) Pada Sisi samping kanan (ADHE)

2. Rusuk

Rusuk kubus ialah garis potong antara dua sisi bidang kubus dan terlihat seperti kerangka yang menyusun kubus.

Masih pada gambar kubus yang sama yakni kubus ABCD.EFGH yang mempunyai 12 rusuk, yaitu; AB, BC, CD, DA, AE, BF, CG, DH, EF, FG, GH, dan juga HE.

3. Titik sudut

Titik sudut ialah titik potong antara dua atau juga tiga rusuk. Pada gambar kubus yang sama yaitu pada kubus ABCD.EFGH terlihat, bahwa kubus tersebut mempunyai 8 sudut, yakni ; A, B, C, D, E, F, G dan juga H.

4. Diagonal bidang atau diagonal sisi

Sekali lagi ayo kita perhatikan dengan seksama gambar kubus ABCD.EFGH yang ada di atas tadi, jika kita menginginkan menarik garis pada masing-masing sudut yang berhadapan pada setia sisi atau juga bidang, maka kita akan menemukan garis yang akan membentuk segitiga sama kaki, garis tersebut juga biasa disebut diagonal bidang atau diagonal sisi.

Pada kubus ABCD.EFGH mempunyai 12 diagonal bidang atau diagonal sisi yakni AF, BE, BG, FC, CH, DG, AH, DE, BD, AC, EG dan juga HG.

5. Diagonal ruang

Diagonal ruang ialah garis yang menghubungkan dua titik sudut yang saling berhadapan dalam satu ruang.

Pada kubus ABCD.EFGH tersebut memiliki 4 diagonal ruang, yakni garis BH, DF, AG, dan juga EC.

6. Bidang diagonal

Bidang diagonal ialah bidang yang dibentuk dari dua garis diagonal bidang dan dua rusuk kubus yang saling sejajar.

Pada kubus ABCD. EFGH tersebut mempunyai 4 bidang diagonal, yakni ; bidang diagonal ACGE, DBFH, ABGH dan juga EFCD.

Gurusekolah.co.id-Demikian Penjelasan lengkap mengenai Jaring – Jaring Kubus Dan Unsur-Unsur Kubus, semoga bisa bermanfaat bagi anda semua. Terimakasih..
Artikel Lainnya :