Fungsi Tulang Lengan Atas Beserta Cara Merawat Secara Lengkap

Posted on

Gurusekolah.co.id-Pada kesempatan kali ini kita akan membahas  tentang Fungsi Tulang Lengan Atas Beserta Cara Merawat Secara Lengkap

tulang lengan atas

Pengertian Tulang Lengan Atas

Tulang lengan atas adalah salah satu organ tubuh manusia yang sangat sering di gunakan oleh manusia. Fungsi tulang lengan atas untuk menggerakan dan sebagai penyeimbang badan.
Selain itu tulang lengan atas sebagai tulang terpanjang dari tulang gerak lainya yang berbentuk batang. Tulang satu ini memiliki letak diantara tulang belikat dan tulang pengupil hasta. Bagian pada tilang lengan atas ini terbagi menjadi tiga yaitu ujung atas, tengah (batang), dan kemudian ujung bawah.

Bagian Tulang Lengan Atas

1. Ujung Atas

Tulang lengan atas pada bagian ynag pertama adalah bagian ujung atas yang mana hanya terdapat sebuah kepala sepertiga bagiannya. Kemudian adapula leher anatomik yakni sebuah bagian yang terletak pada bawah serta berbentuk ramping.
Perlu anda ketahui bahwa ujung tulang atas ini dapat terhubung dengan bahu. Selain itu terdapat sendi dan otot yang berfungis untuk menggerakan lengan atas yakni dengan cara berputar.

2. Batang

Bagian tulang lengan atas lainnya adalah tulang batang yang terletak di antara tulang ujung atas dan tulang ujung bawah. bentuk dari tulang satu ini adalah berbentuk pipih dan sedikit ramping.
Namun meski demikian bagian batang tulang lengan atas adalah bagian yang cukup kuat di bandingankan dengan bagian tulang lainnya. hal ini di sebabkan oleh karena banyaknya otot pada tulang batang. Tentu di bagian ini sebagai penompang bagian lainnya yang cukup kuat.

3. Ujung Bawah

Ujung tulang bawah ini memiliki bentuk yang pipih namun lebar. Di bagian ini memiliki sendi yang bisa di hubungkan dengan tulang lengan bawah, sehingga menyebabkan anda bisa menggerakan tangan dan sendi di bahian pundak atau bahu sekaligus.
Tidak memiliki tulang lengan atas adalah salah satu hal yang bisa saja terjadi. Namun umumnya hal ini terjadi karena kelainan dan juga kecelakaan.

Baca Juga : Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia Serta Tahap-Tahapannya

Gangguan Tulang Lengan Atas

Setiap tubuh yang di ciptakan oleh Tuhan tentu memiliki fungsi tertentu, meskipun beberapa orang di ciptakan tidak sempurna. Namun hal tersebut seharusnya tidak menyurutkan gairah hidup seseorang.
Banyak dari mereka yang terlahir kurang sempurna namun bisa berguna untuk sesama. Selain itu beberapa orang juga mengalami cacat di karenakan oleh trauma ynag bisa di karenakan kecelakaan. Hal ini bisa membuat lengan atas anda tidak berfungsi.

Perlu anda ketahui bahwa lengan atas juga terbentuk dan terhubung dengan tulang lengan bawah. hal ini juga bisa menyebabkan jika tulang engan atas mengalami cidera yang cukup berat sehingga menyebabakn kelumpuhan maka tulang lengan bawahpun tidak akan berfungsi seperti semestinya. Begitupun dengan pergelangan jari tangan anda.

patah tulang lengan atas

Fungsi Tulang Lengan Atas

Sebagian orang menganggap bahwa tulang lengan atas ini memiliki fungsi hanya untuk berputar saja. Namun siapa sangka bahwa tulang atas ini sebagai penyeimbang tubuh anda. selain itu tulang lengan atas ini dapat juga berfungsi untuk menggerakan bahu anda.

Bayangkan saja jika tulang lengan atas anda sedang mengalami cidera tentunya tulang lengan atas anda semakin sulit untuk di gerakan. Sehingga akan terasa berat jika digerakan keatas.

Selain itu tulang lengan atas juga sebagai penggerak tulang lengan bawah. hal ini di karenakan bahwa tulang lengan bawah ini geraknya sangat bergantung pada tulang lengan atas anda. sehingga andapun akan semakin sulit menggerakan tangan anda sendiri.

fungsi tulang lengan atasBaca Juga : Hormon : Pengertian, Macam-Macam,Fungsi Dan Penjelasannya Lengkap

Cara Merawat Tulang Lengan Atas

Merawat adalah salah satu hal yang sangat berharga bagi semua makhluk. Merawat ini merupakan salah satu halyang bersifat tidak spesifik namun bermakna tinggi. namun tidak dengan merawat tubuh, merawat tubuh adalah salah satu hal yang cukup sering di abaikan oleh banyak orang.

Hal ini karena mereka merasa bahwa di dalam tubuh memiliki tulang yang cukup kuat. Namun siapa sangka hal ini sebenarnya sesuatu yang keliru. Nah inilah beberapa hal yang harus anda lakukan untuk merawat tulang lengan atas anda, di antaranya :

1. Latihan Fisik

Melatih fisik menjadikantubuh anda semakin kuat, hal ini karena tulang sudah terbiasa untuk melakuakn hal yang berat. Namun perlu anda ketahui bahwa menggunakan latihan fisik juga harus bertahap tidak langsung dengan menggunakan beban yang berat. Biasanya melatih fisik di perlukan dengan cara untuk membuat otot dan tulang semakin kuat.

2. Asupan Makanan

Makanan yang bergizi dan mengandung banyak zat besi dan kalsium akan membuat tulang anda semakin kuat. Selain itu dengan memakan makanan yang bergizi juga akan membuat tenaga terkumpul sehingga anda tidak akan lemas dan juga akan terhindar dari cideraa tulang.
Tentunya dengan demikian memberikan arti bahwa bukan hanya kulit saja yang harus di rawat tetapi tulang juga perlu di rawat.

 

Jadi dapat disimpulkan dari materi diatas,

Apa itu tulang lengan atas?

Tulang lengan atas adalah salah satu organ tubuh manusia yang sangat sering di gunakan oleh manusia. Tulang lengan atas biasanya di gunakan untuk menggerakan dan sebagai penyeimbang badan. Selain itu tulang lengan atas sebagai tulang terpanjang dari tulang gerak lainya yang berbentuk batang. Tulang satu ini memiliki letak diantara tulang belikat dan tulang pengupil hasta. Bagian pada tilang lengan atas ini terbagi menjadi tiga yaitu ujung atas, tengah (batang), dan kemudian ujung bawah.

Apa fungsi dari tulang lengan atas?

Sebagian orang menganggap bahwa tulang lengan atas ini memiliki fungsi hanya untuk berputar saja. Namun siapa sangka bahwa tulang atas ini sebagai penyeimbang tubuh anda. selain itu tulang lengan atas ini dapat juga berfungsi untuk menggerakan bahu anda. bayangkan saja jika tulang lengan atas anda sedang mengalami cidera tentunya tulang lengan atas anda semakin sulit untuk di gerakan. Sehingga akan terasa berat jika digerakan keatas.
Selain itu tulang lengan atas juga sebagai penggerak tulang lengan bawah. hal ini di karenakan bahwa tulang lengan bawah ini geraknya sangat bergantung pada tulang lengan atas anda. sehingga andapun akan semakin sulit menggerakan tangan anda sendiri.

Ada berapa bagian tulang lengan atas?

Ada 3 bagian, yakni ujung atas, batang, dan ujung bawah

Demikian penjelasan singkat dan jelas tentang  “Fungsi Tulang Lengan Atas Beserta Cara Merawat Secara Lengkap” yang bisa gurusekolah.co.id sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima Kasih.

Artikel Lainnya :

Related posts: