Fungsi Pernapasan manusia

2 min read

fungsi pernapasan manusia

Gurusekolah.co.id-Kali ini kita akan membahas materi tentang fungsi pernapasan manusia yang meliputi organ, sistem dan cara kerjanya lengkap

Gurusekolah.co.id – Kali ini kita akan membahas materi tentang fungsi pernapasan manusia, yang memuat organ, sistem, dan cara membagikan sepenuhnya

Fungsi pernapasan manusia

fungsi pernapasan manusia

Paru-paru adalah organ sistem pernapasan dan terkait dengan sistem darah, vertebrata yang menghirup udara.

Fungsinya untuk mengeluarkan oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Perjalanan ini disebut “pernapasan eksternal” atau disebut juga pernapasan. Paru-paru ini juga memiliki fungsi non-pernapasan. Istilah untuk paru-paru juga disebut pulmo, dan dari kata Latin pulmones ke paru-paru.

Masing-masing memiliki dua paru-paru – kanan dan kiri. Sudah ada di rongga dada. Paru-paru kanan lebih besar dari kiri kerana paru-paru kiri terletak di sebelah jantung. Kedua paru memiliki berat sekitar 1,3 kg, tetapi paru-paru kanan lebih berat. Paru-paru ini adalah saluran pernafasan bawah, yang bermula di trakea dan cabang menjadi bronkus dan bronkiolus. Saluran ini menerima udara yang dihirup melalui konduksi pita. Zon konduksi berakhir di terminal bronkiolus.

Organ

  • Hidung dan rongga hidung
  • Tenggorokan
  • Laring (laring)
  • trakea
  • bronkus
  • paru-paru

Sistem

Sistem pernapasan atau sistem pernapasan adalah sistem organ yang digunakan untuk melepaskan gas. Dalam tetrapoda, sistem pernapasan yang biasa digunakan saluran yang digunakan untuk mengarahkan udara ke paru-paru tempat perpindahan gas terjadi.

Diafragma menarik udara dan juga menghilangkannya. Berbagai jenis sistem pernapasan ditemui di pelbagai jenis penemuan hidup. Sebenarnya pohon memiliki sistem pernapasan.

Lihat juga:7 Urutan Organ Pernapasan pada Manusia

Pernafasan dada

Pernapasan payudara adalah pernapasan di mana otot-otot di antara tulang rusuk terlibat. Mekanismenya boleh dibedakan sebagai berikut:

Inspirasi Fasa

Ini bermula dengan kontraksi otot-otot antara tulang rusuk, sehingga rongga dada naik atau naik, oleh itu tekanan di rongga cair menjadi kurang dari tekanan dari luar, sehingga udara luar yang kaya oksigen masuk.

Fasa kedaluwarsa

Fasa ini merupakan relaksasi atau kontraksi otot antara tulang rusuk belakang, diikuti oleh jatuh di dada, sehingga rongga dada menjadi lebih kecil. Meningkatkan, tekanan di dalam rongga dada menjadi lebih besar dari tekanan eksternal, sehingga udara di dalam rongga rongga, kaya dengan karbon dioksida, keluar.

Napas perut

Pernapasan perut adalah pernapasan di mana diafragma otot terlatih. Mekanismenya boleh dibedakan sebagai berikut.

Inspirasi Fasa

Fasa ini adalah fasa kontraksi diafragma otot, sehingga rongga dada meningkat, akibatnya tekanan di rongga dada menjadi kurang dari tekanan eksternal, sehingga udara luar yang diperkaya dengan oksigen masuk.

Fasa kedaluwarsa

Fasa ini adalah relaksasi mabuk atau kembalinya diafragma ke kedudukan semula, diambil dengan penurunan di dada, sehingga rongga dada menjadi lebih kecil. Meningkatkan, tekanan di dalam rongga dada menjadi lebih besar dari tekanan eksternal, sehingga udara di dalam rongga rongga, kaya dengan karbon dioksida, keluar.

Bagaimana ia bekerja

Dalam sistem pernapasan, seseorang yang memiliki organ dalam bentuk saluran pernapasan, organ, pembuluh darah, paru-paru dan pernapasan otot. Organ ini untuk membantu badan dalam pengangkutan gas. Ada juga dua perpindahan gas, antara udara dan darah dan antara darah dan sel-sel di seluruh tubuh. Intinya, organ ini membantu mengarahkan udara ke seluruh tubuh.

Tersedia juga organ yang disebut alveoli dan saluran alveolar. Alveoli adalah dalam bentuk titik-titik anggur yang bersambung. Bersama dengan saluran alveolar, alveoli bertanggung jawab untuk mendapatkan gas dalam tubuh.

Fungsi sistem pernapasan, selain mengendalikan dalam udara dan gas, juga menyaring, melembabkan dan memanaskan udara masuk ke dalam tubuh. Selain itu, sistem pernapasan juga membantu dalam menjaga dan menjaga keseimbangan dalam tubuh tetap stabil. Dalam istilah perubatan, kemampuan untuk menyeimbangkan kondisi ini disebut homeostasis.

Demikian, terima kasih, semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya :