Faktor Pendorong Dan Penghambat Mobilitas Sosial

1 min read

Faktor Pendorong Dan Penghambat Mobilitas Sosial

Gurusekolah.co.id-Pada kesempatan kali ini kita akan membahas  tentang Faktor Pendorong Dan Penghambat Mobilitas Sosial secara singkat dan jelas

Untuk informasi lebih lanjut, lihat penjelasan di bawah ini:

Faktor Pendorong Dan Penghambat Mobilitas Sosial

Pengertian Faktor Pendorong Dan Penghambat Mobilitas Sosial

Mobilitas sosial adalah pergerakan individu, keluarga atau kategori strata sosial lainnya dalam masyarakat. Dengan demikian, posisi seseorang atau kelompok sedang mengalami perubahan dalam struktur sosial. Misalnya, orang kaya berubah menjadi miskin, orang biasa menjadi penguasa, dan sebaliknya.

Faktor-faktor yang Mempromosikan Mobilitas Sosial

Status sosial

Status sosial yang diwarisi oleh orang tua terkadang tidak memuaskan siapa pun. Karena itu, ia berusaha mendapatkan posisi yang lebih baik daripada orang tuanya.

Situasi ekonomi

Masalah ekonomi dapat mendorong seseorang untuk mengubah nasib mereka dengan membuka bisnis baru atau dengan mencari pekerjaan yang lebih baik.

Situasi politik

Situasi politik di negara ini dapat berkontribusi pada mobilitas sosial. Misalnya, ketika suatu negara tidak aman karena pemberontak atau kudeta. Masyarakat tidak merasa aman, itulah sebabnya mereka kehilangan pekerjaan atau meninggalkan rumah.

Motif keagamaan

Motif keagamaan dalam mobilitas sosial terwujud dalam kegiatan peziarah. Orang yang sudah berstatus haji biasanya mendapatkan lebih banyak rasa hormat di masyarakat, atau status mereka akan berbeda dari sebelum haji.

Faktor populasi atau demografis

Perubahan demografis, seperti populasi yang lebih padat, dapat menyebabkan penurunan ruang hidup dan kesempatan kerja yang lebih rendah. Ini dapat menyebabkan perubahan status seseorang dan migrasi ke tempat lain.

Ingin melihat area lain

Area lain yang terlihat lebih maju dan nyaman dapat menyebabkan seseorang atau keluarga pindah ke tempat tinggal lain. Tujuannya mungkin hanya menambah pengalaman atau bersenang-senang, tetapi itu juga dapat mengubah status seseorang jika dia tinggal di sana dan memulai kehidupan baru.

Selain faktor pendorong, ada juga kendala mobilitas sosial.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menghambat mobilitas sosial.

Jebakan kemiskinan

Terkadang sulit bagi keluarga yang miskin karena asal untuk mengubah hidup mereka. Anak-anak yang tidak menerima pendidikan yang layak dan lingkungan juga tidak mendukung.

Gender, ras, agama, dan diskriminasi sosial

Di wilayah tersebut, diskriminasi terkadang diamati berdasarkan agama, ras, jenis kelamin, atau status sosial. Mereka memiliki begitu sedikit peluang sehingga mereka tidak dapat mengubah hidup mereka.

Subkultur kelas sosial

Orang-orang di kalangan tertentu kadang-kadang memiliki keinginan rendah untuk mencapai kesuksesan atau budaya kemiskinan.

Ini adalah penjelasan singkat dan jelas tentang faktor-faktor yang mendorong dan mengendalikan mobilitas sosial yang dapat diungkapkan oleh gurusekolah.co.id, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih

Artikel Lainnya :