Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran Secara Lengkap

Posted on

GuruSekolah.co.id –Pada kesempatan kali ini akan membahas materi tentang Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran faktor harga dan biaya Secara singkat dan jelas

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini :

Pada faktanya banyak faktor yang memengaruhi penawaran penjual. Namun saat merumuskan penawaran, cukup dengan menghubungkan harga dan jumlah barang dan jasa yang akan ditawarkan. Faktor-faktor selain harga dianggap tidak berubah atau berganti (ceteris paribus).

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Penawaran dan produksi memiliki hubungan yang sangat erat. Hal-hal yang memajukan dan menghambat kegiatan produksi berpengaruh terhadap jumlah penawaran.

Berikut dibawah ini faktor-faktor yang memengaruhi penawaran :

a. Harga Barang itu Sendiri

Jika harga barang yang ditawarkan mengalami kenaikan, maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan menjadi meningkat.

Baca Juga :Sarekat Dagang Islam-Sejarah Dan Tujuan Sarekat Islam

Namun sebaliknya jika barang yang ditawarkan turun, jumlah barang yang ditawarkan penjual juga akan menjadi turun. Contohnya, jika harga sayur bayam meningkat dari Rp.2000,00 menjadi Rp.3000,00, maka jumlah sayur bayam yang penjual tawarkan akan menjadi meningkat pula.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran

b . Harga Barang Pengganti

Jika harga barang pengganti meningkat, maka penjual akan meningkatkan jumlah barang yang ditawarkan.

Penjual berkeinginan, konsumen akan beralih dari barang pengganti ke barang lain yang ditawarkan, sebab harganya lebih rendah.

Misalnya harga teh meningkat menyebabkan harga barang penggantinya yaitu teh lebih rendah, sehingga penjual lebih banyak menjual kopi.

c . Biaya Produksi

Biaya produksi berhubungan dengan biaya yang dipakai dalam proses produksi, seperti misal biaya untuk membeli bahan baku, biaya untuk gaji pegawai, biaya untuk bahan-bahan penolong, dan lain sebagainya.

Jika biaya-biaya produksi meningkat, maka harga barangbarang diproduksi akan semakin tinggi. Akibatnya produsen akan menawarkan barang produksinya dalam jumlah yang lebih sedikit.

Hal ini disebabkan karena produsen tidak mau rugi, sebaliknya jika biaya produksi turun, maka produsen akan meningkatkan jumlah produksinya. Dengan demikian penawaran juga akan menjadi meningkat.

d . Kemajuan Teknologi

Kemajuan teknologi sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya barang yang akan ditawarkan. Adanya teknologi yang lebih modern akan lebih memudahkan produsen dalam menghasilkan barang dan juga jasa.

Dengan memakai mesin-mesin modern akan menurunkan biaya produksi dan akan memudahkan produsen untuk bisa menjual barang dengan jumlah yang banyak.

Contohnya untuk menghasilkan 1 kg gula pasir biaya yang mesti dikeluarkan oleh perusahaan Manis sebesar Rp4.000,00. Harga jualnya menjadi sebesar Rp7.500,00/ kg.

Namun dengan menggunakan mesin yang lebih modern, perusahaan Manis dapat menekan biaya produksi menjadi Rp3.000,00.

Harga jual untuk setiap 1 kilogramnya tetap yakni Rp7.500,00/kg. Dengan demikian, perusahaan Manis bisa memproduksi gula pasir lebih banyak lagi.

Dalam hubungannya dengan penawaran suatu barang, kemajuan teknologi menciptakan dua efek, yakni produksi bisa ditambah dengan lebih cepat dan biaya produksi menjadi semakin murah. Dengan begitu, keuntungan menjadi bertambah tinggi lagi.

e. Pajak

Pajak adalah merupakan ketetapan pemerintah terhadap suatu produk sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya harga suatu barang. Jika harga suatu barang tersebut menjadi tinggi, akibatnya permintaan akan menjadi berkurang, sehingga penawaran juga akan menjadi berkurang.

f. Perkiraan Harga di Masa Depan

Perkiraan harga di masa datang sangat memengaruhi besar kecilnya jumlah dari penawaran. Jika perusahaan memprediksikan harga barang dan jasa naik, sedangkan penghasilan masyarakat tetap, maka perusahaan akan menurunkan jumlah barang dan jasa yang akan ditawarkan.

Contohnya pada saat krisis ekonomi melanda, harga-harga barang dan jasa menjadi naik, sementara penghasilan relatif tetap. Akibatnya perusahaan akan mengurangi jumlah dari produksi barang dan jasa, karena takut tidak akan laku dibeli oleh masyarakat.

g. Bencana Alam

Jika suatu daerah penghasil suatu produk terjadi bencana alam, maka bisa dipastikan, jumlah dari produksi barang tersebut akan menurun dan mempengaruhi tingkat penawaranya.

Demikian penjelasan tentang Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran Secara Lengkap yang Gurusekolah.co.id dapat sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.Terimakasih

Artikel Lainnya :

Konversi Satuan-Pengertian,Panjang, Massa, Waktu, Luas dan Volume

Tujuan Budi Utomo, Dan Pendiri, Serta Sejarah Budi Utomo Lengkap

Daur Air : Pengertian, Siklus Air, Tahapan, Proses, dan Gambarnya