Fakta Menarik Tentang Desain JIS Yang Mendunia

Dengan penuh antusias, penggemar sepak bola menyambut dengan penuh kegembiraan pembangunan Jakarta International Stadium, atau yang lebih akrab disebut JIS. Indonesia telah meluangkan waktu dan usaha yang besar untuk memastikan bahwa JIS memenuhi standar FIFA dan dirancang dengan tata letak dan fasilitas yang setara dengan stadion-stadion internasional. Dedikasi yang ditunjukkan dalam pembangunan stadion ini mencerminkan semangat kita dalam mempersembahkan pengalaman sepak bola yang tak terlupakan bagi para penggemar di seluruh dunia.

JIS tidak hanya menghadirkan stadion yang megah dan indah, tetapi desainnya juga terinspirasi oleh stadion-stadion terkenal di berbagai negara yang sering menjadi tuan rumah acara olahraga dunia. Dengan JIS yang rampung dan memenuhi panduan FIFA, kita tak perlu lagi pergi ke luar negeri untuk merasakan momen sepak bola bertaraf internasional. JIS akan menjadi tuan rumah yang hebat untuk acara olahraga bergengsi, memberikan pengalaman tak terlupakan bagi penonton dan mengangkat bangga nama Indonesia di mata dunia.

Fakta Menarik Tentang Desain JIS (Jakarta International Stadium)

Jakarta International Stadium, seperti namanya yang menggambarkan sifat internasionalnya, menunjukkan ambisi besar dalam merancang stadion yang memiliki pengaruh global. Dalam setiap aspeknya, dari struktur yang mengagumkan hingga detail yang lengkap, JIS memperhatikan setiap elemen dengan cermat. Tidak hanya fokus pada pengalaman penonton di dalam stadion, tetapi juga mempertimbangkan aspek lainnya seperti fasilitas parkir yang memadai. Semua ini menggambarkan komitmen JIS untuk menjadi tuan rumah yang tak tertandingi, menciptakan pengalaman sepak bola yang istimewa dan mengesankan bagi semua yang hadir.

Desain JIS dirancang dengan tujuan utama untuk memenuhi standar internasional yang ketat. Selain memiliki tampilan yang megah dan mengesankan, JIS juga mengutamakan fungsi yang mewakili kualitas dan prestise. Mari kita jelajahi beberapa fakta menarik tentang desain JIS yang akan mengungkap keunikan dan keistimewaannya. Dalam hal ini, tidak hanya sekadar penampilannya yang memukau, tetapi juga konsep dan fitur yang menjadikan JIS sebagai stadion yang luar biasa.

1. Melibatkan Konsultan Berpengalaman

Dalam upaya untuk meningkatkan peluang agar desain stadion ini mendapatkan persetujuan dari FIFA, langkah yang perlu diambil adalah mencari konsultan yang memiliki pengalaman dalam merancang stadion berstandar internasional. Oleh karena itu, pilihan jatuh pada Buro Happold, sebuah firma konsultan terkenal yang telah sukses dalam membangun banyak stadion kenamaan di dunia. Dengan melibatkan konsultan yang berpengalaman ini, diharapkan desain stadion kita akan memenuhi kriteria FIFA dan mengesankan semua pihak yang terlibat dalam proyek ini.

Sebagai salah satu karya masterpiece dari Buro Happold, Tottenham Hotspur Stadium telah mencuri perhatian sebagai contoh desain terbaik yang mematuhi standar FIFA Stadium dan telah melewati pengawasan ketat dari FIFA. Dengan keberhasilan ini, kolaborasi dengan konsultan ternama ini membuka peluang besar bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah berbagai kegiatan FIFA serta berbagai acara serupa yang akan datang. Dengan standar yang dipegang tinggi dan reputasi yang terbangun, Indonesia dapat menunjukkan potensinya sebagai tuan rumah yang memukau dan memenuhi harapan dunia internasional.

Dalam prosesnya, Buro Happold melakukan kajian mendalam terkait aksesibilitas stadion dan menggabungkan data yang diperoleh dari konsultan lokal. Dengan pendekatan ini, mereka berhasil memberikan rekomendasi terbaik yang mencakup berbagai aspek, termasuk penyediaan transportasi umum yang memadai serta parkir di luar lokasi untuk mengakomodasi stadion dengan kapasitas penuh. Dalam perencanaan ini, Buro Happold berupaya keras untuk memastikan bahwa pengalaman para pengunjung stadion menjadi lebih lancar dan nyaman, serta memberikan solusi terbaik dalam mengatasi tantangan aksesibilitas yang mungkin timbul.

2. Melibatkan Tenaga Kerja Lokal

Dalam desain yang memiliki ciri internasional, terdapat keunikan dalam mempertimbangkan berbagai unsur lokal. Pembangunan JIS melibatkan sekitar 3.036 pekerja yang semuanya adalah anak bangsa Indonesia. Mereka bekerja dengan kekompakan dan dedikasi yang luar biasa untuk menciptakan sebuah stadion yang megah dan menakjubkan. Kolaborasi ini menghasilkan sebuah karya yang membanggakan dan menjadi bukti nyata bahwa kita mampu menciptakan prestasi besar dengan kekuatan bersama. Stadion JIS tidak hanya menjadi monumen olahraga, tetapi juga menjadi simbol kebersamaan dan semangat kreativitas anak bangsa yang tidak terbatas.

3. Salah Satu Stadium Terbesar di Indonesia

Dalam dunia stadion internasional, kita mengetahui bahwa ukuran yang besar dan kapasitas yang luas adalah hal yang umum. JIS tidak ketinggalan dengan memiliki kapasitas luar biasa mencapai 82 ribu penonton, yang mampu menampung jumlah penonton yang mengagumkan. Fenomena ini menjadi hal yang sering terjadi dalam ajang olahraga seperti sepak bola, di mana keramaian penonton yang membludak dapat membuat stadion terasa sangat sesak. Namun, dengan kapasitas yang sangat besar, JIS telah memastikan bahwa semua penonton dapat menikmati pertandingan dengan nyaman dan tidak merasa terbatas oleh ruang yang sempit.

JIS, dengan desainnya yang ditempatkan di atas lahan seluas 221.000 meter persegi, diharapkan mampu menampung penonton dalam jumlah yang sangat besar. Keberadaan bangunan megah ini bahkan sebanding dengan kehebatan Santiago Bernabeu Stadium, kandang legendaris Real Madrid, yang memiliki kapasitas 81.044 orang. Dengan demikian, JIS menjadi salah satu stadion yang dapat berdiri sejajar dengan stadion elite dunia dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi penonton yang memadati tribunnya.

4. Desain Stadium Yang Diapresiasi Dunia

Kita patut bangga dengan berbagai penghargaan yang telah diterima oleh JIS, sebuah stadion yang dibanggakan. Dengan menggunakan material terbaik dan memiliki ukuran yang luar biasa, JIS berhasil meraih prestasi-prestasi yang mengagumkan. Beberapa penghargaan yang diraih antara lain adalah:

  1. Penghargaan MURI untuk kategori Lifting Struktur Atap Stadion dengan Bobot Terberat, dengan bobot mencapai 3.900 ton. Ini membuat JIS memiliki bentang lifting terpanjang di Asia. Selain itu, JIS juga menjadi stadion pertama di Indonesia yang menggunakan sistem atap buka-tutup.
  2. JIS juga menerima penghargaan sertifikasi platinum green building dari MURI, sebagai pengakuan tertinggi dalam hal bangunan yang ramah lingkungan.
  3. Daily Mail UK menobatkan JIS sebagai salah satu dari 10 stadion termegah di dunia, bersaing dengan stadion-stadion megah lainnya seperti Freedom Park, Lusail Iconic, Bramley-Moore Dock, dan masih banyak lagi.

Dengan pencapaian-pencapaian luar biasa ini, JIS telah menegaskan posisinya sebagai salah satu stadion terbesar dan terindah di Asia, dengan kemampuan unik untuk menyesuaikan atapnya.

You May Also Like

About the Author: makka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *