Energi-Pengertian Energi Dan Jenis – Jenis Energi Lengkap

Posted on

GuruSekolah.Co.id Pada kali ini kita akan membahas tentang materi energi yang meliputi pengertian energi dan jenis – jenis energi lengkap secara singkat dan jelas.

Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini :

Energi

PENGERTIAN ENERGI

Pengertian Energi Dan Jenis – Jenis Energi Lengkap – Energi Adalah Kemampuan Untuk Bisa Melakukan Suatu Tindakan Ataupun Pekerjaan (Usaha). Asal Mula Kata “Energi” TersebutBerasal  Dari Bahasa Yunani Adalah “Ergon” Yang Memiliki Arti “Kerja”.

Dalam Melakukan Sesuatu Kita Selalu Dapat Menggunakan Energi, Baik Itu Menggunakan Secara Sadar Ataupun Tidak Sadar. Akan Tetapi Setiap Kegiatan Memerlukan Energi Dalam Jumlah Dan Juga Dalam Bentuk Yang Berbeda-Beda. Energi Tersebut Tidaklah Dapat Dilihat Tetapi Bisa Di Rasakan Pengaruhnya.

Energi Juga Dapat Berubah Bentuk Dari Satu Bentuk Ke Dalam Bentuk Lainnya. Misalnya Adalah Setrikaan , Pada Sebuah Setrika Terjadi Perubahan Bentuk Dari Energi Listrik Menjadi Energi Panas.

SATUAN ENERGI

Satuan Internasional Untuk Energi Adalah Joule (J), Satuan Tersebut Bisa Digunakan Untuk Menghormati James Presscot Joule Serta Percobaannya Dalam Persamaan Mekanik Panas.
Satuan Lainnya Untuk Energi Adalah Kalori (Kal).

Adapun Hubungan Antara Joule Dengan Kalori , Adalah Sebagai Berikut;

1 Kalori Sama Dengan 4,2 Joule Atau 1 Joule Sama Dengan 0,24 Kalori

Ada Juga Hubungan Joule Dengan Satuan Internasional Dasar Lain Ialah ;

1 Joule Sama Dengan 1 Newton-Meter Dan 1 Joule Sama Dengan 1kg M2 S-2

HUKUM KEKEKALAN ENERGI

Berdasarkan Hukum Kekekalan Energi, Bisa Ditarik Kesimpulan Bahwa :
Energi Tidak Bisa Diciptakan Maupun Dimusnahkan.

Energi Hanya Bisa Dirubah Bentuknya Dari Satu Bentuk Ke Bentuk Lainnya. Oleh Karena Itu Jumlah Total Energi Dalam Suatu Sistem Hanya Akan Bisa Berubah Ketika Masuk Atau Keluarnya Suatu Energi.

Baca Juga : Uang Giral-Pengertian, Jenis-jenis uang dan Contoh Gambarnya

BENTUK-BENTUK ENERGI

Terdapat Berbagai Macam Maupun Juga Jenis Dari Bentuk Energi Yang Dapat Kita Manfaatkan.
Adalah Sebagai Berikut ;

Energi Mekanik

Energi Mekanik Adalah Energi Yang Dimiliki Suatu Benda Yang Dikarenakan Oleh Sifat Geraknya.
Energi Mekanik Dapat Dibagi Lagi Menjadi Dua, Adalah Sebagai Berikut ;

  • Energi Potensial, Ialah Energi Yang Dimiliki Suatu Benda Yang Dikarenakan Oleh Posisi Ataupun Kedudukannya, Maksudnya Saat Benda Tersebut Diam Pada Posisi Tertentu.
  • Energi Kinetik Adalah Merupakan Energi Yang Dimiliki Oleh Suatu Benda Yang Dikarenakan Oleh Pergerakan Ataupun Kelajuannya. Energi Kinetik Secara Jelas Bisa Juga Diartikan Sebagai Suatu Kemampuan Untuk Bisa Melakukan Usaha Supaya Dapat Menggerakkan Benda Dengan Massa Tertentu Hingga Dapat Mencapai Suatu Kecepatan Tertentu.

Energi Bunyi

Energi Bunyi Adalah Energi Yang Ditimbulkan Oleh Adanya Getaran Partikel-Partikel Udara Di Sekitar Sumber Bunyi Tersebut.

Energi Panas (Kalor)

Energi Panas Merupakan Energi Yang Dapat Atau Bisa Ditimbulkan Oleh Adanya Pergerakan Internal Partikel Penyusun Didalam Suatu Benda. Energi Panas Adalah Energi Yang Dapat Berpindah Dari Suatu Partikel Yang Bersuhu Tinggi Menuju Partikel Yang Bersuhu Lebih Rendah.

Energi Cahaya

Energi Cahaya Adalah Energi Yang Dapat Dihasilkan Dari Gelombang Elektromagnetik.

Energi Kimia

Energi Kimia Adalah Energi Yang Dapat Timbul Oleh Adanya Interaksi Secara Kimia Dari Reaksi Kimia Yang Terjadi.

Energi Nuklir

Energi Nuklir Adalah Energi Yang Dihasilkan Oleh Reaksi Inti Oleh Bahan Radioaktif. Energi Itu Dihasilkan Dari Inti Atom Yang Bisa Membelah Maupun Dua Inti Atom Yang Menyatu. Pembelahan Atau Penyatuan Inti Atom Itu Akan Bisa Menghasilkan Energi Yang Sangat Besar Yang  Karenakan Terjadinya Perubahan Pada Inti Atom.

7. Energi ionisasi

Energi ionisasi (IE) Adalah Energi Yang Dibutuhkan Untuk Dapat Mengeluarkan Elektron Dari Setiap Mol Spesies Dalam Keadaan Gas. Energi Tersebut Untuk Dapat  mengeluarkan Satu Elektron Pertama (Dari Atom Netralnya) Disebut Sebagai Energi Ionisasi Pertama Dan Untuk Dapat Mengeluarkan Satu Elektron Kedua Disebut Energi Ionisasi Kedua, Dan  Juga  Begitu Selanjutnya Dntuk Pengeluaran Satu Elektron Selanjutnya.

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Energi Dan Jenis – Jenis Energi Lengkap Yang Gurusekolah.co.id Sampaikan Semoga Bisa Bermanfaat..

Artikel Lainnya :

Pengertian Norma : Ciri Dan Macam-Macam Norma Serta Contohnya

Metabolisme Pengertian,Karbohidrat, Protein,Lemak Dan Prosesnya

Tax Amnesty ; Pengertian, Manfaat, Tujuan, dan Contohnya Lengkap