Ekskresi-Pengertian Ekskresi,Sekresi dan Defekasi Secara Lengkap

Posted on

GuruSekolah.co.id – Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang Ekskresi yang meliputi Pengertian Ekskresi,Sekresi dan Defekasi Secara Lengkap

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini :

 

ekskresi

Perbedaan Ekskresi, Sekresi dan Defekasi

Pegertian Ekskresi

Ekskresi  ialah merupakan salah satu proses pengeluaran zat dari tubuh. Selain itu ekskresi ada juga proses sekresi dan defekasi. Apa perbedaan antara ketiganya?

 

Contoh Bagan Alat-Alat Sistem Ekskresi pada Manusia

 

Pegertian Defekasi

Defekasi ialah proses pengeluaran sisa-sisa pencernaan atau juga zat yang tidak mengalami proses pencernaan, zat tersebut berupa feses yang dikeluarkan melalui anus.
Defekasi terjadi saat adanya gerkan peristaltik usus yang mendorong feses ke dalam kolon sigmoid dan rektum. Didalam rektum, saraf sensorik dirangsang dan kemudian sadar akan kebutuhan defekasi.

Pegertian Sekresi

Sekresi ialah merupakan proses dari pengeluaran zat oleh kelenjar yang masih digunakan oleh tubuh, zat yang dihasilkan berupa enzim dan juga hormon.

Kelenjar pada manusia dan hewan bisa dibedakan menjadi kelanjar eksokrin dan endokrin berikut penjelasannya ;

Kelenjar eksokrin ialah kelanjar yang mempunyai saluran langsung menuju organ target, zat yang dihasilkan umumnya adalah berupa enzim.

Contoh: pankreas yang menghasilkan enzim amilase dan mempunyai saluran untuk bisa mengalirkan enzim tersebut menuju usus, amilase dipakai untuk mencerna amilum menjadi maltosa.

Kelenjar endokrin ialah kelenjar yang tidak memiliki saluran langsung menuju organ target dan hasil ekskresinya akan dialirkan ke peredaran darah, zat yang dihasilkan adalah hormon.

Contoh: Kelenjar adrenal yang terletak di atas ginjal menghasilkan hormon adrenalin yang berfungsi meningkatkan kadar gula dalam darah.

Terdapat pula penjelasan lainnya tentang mengenai apa itu kelenjar endokrin dan juga kelenjar eksokrin, dibawah ini adalah penjelasan lainnya ;

Dalam tubuh manusia mempunyai 2 tipe kelenjar, yakni kelenjar eksokrin dan juga kelenjar endokrin.

  1. Kelenjar Eksokrin: kelenjar yang mempunyai saluran yang melepaskan berbagai senyawa cair dan semi yang bukan hormon ataupun jenis sinyal kimia lainnya.
    Misal : kelenjar keringat,  kelenjar susu, kelenjar saliva.
  2. Kelenjar Endokrin: kelenjar yang menghasilkan hormon dan siyal kimia yang dilepaskan langsung ke dalam aliran darah untuk ditujukan ke organ yang membutuhkan
    Yang termasuk juga kelenjar endokrin ialah ;
    1. Pulau Langerhans yang terdapat pada Pankreas
    2. Gonad yang terdapat pada (ovarium dan testis)
    3. Kelenjar adrenal, tiroid, paratiroid, hipofise,  serta timus

Sistem ekskresi pada manusia melibatkan alat-alat ekskresi yakni ginjal, kulit, paru-paru, dan juga hati. Zat-zat sisa yang dikeluarkan dari alat-alat tersebut berasal dari proses metabolisme tubuh.

Ginjal mengeluarkan urine, paru-paru mengeluarkan karbondioksida, kulit mengeluarkan keringat, dan hati mengeluarkan zat warna empedu.

Selain berfungsi sebagai alat pernapasan, paru-paru juga bisa berfungsi sebagai alat ekskresi. Zat sisa yang dikeluarkan oleh paru-paru ialah karbondioksida dan juga uap air.
Organ – organ atau alat-alat ekskresi dan sekresi pada manusia terdiri dari :
1. Paru-paru
2. Hati
3. Kulit
4. Ginjal

FUNGSI DARI SEKRESI SALURAN CERNA

FUNGSI SEKRESI Dijalankan oleh kelenjar ludah, lambung, duodenum, dan juga pankreas yang memiliki fungsi untuk mengeluarkan enzim pencernaan dan juga mengeluarkan mukus untuk proses lubrikasi dan proteksi.

  • KELENJAR PADA SALURAN CERNA
    Kelenjar mukus : terdapat pada permukaan epitel, untuk lubrikasi 

Kelenjar Lieberkhun : invaginasi epitel ke submukosa, banyak di usus halus

Kelenjar Tubular : terdapat pada lambung dan duodenum, menghasilkan asam lambung dan pepsinogen

Kelenjar ludah, pankreas dan hati

Baca Juga : Sistem Saraf Pada Manusia & Pengertian,Susunan saraf,Dan Gambarnya

  • PENGATURAN FUNGSI SEKRESI
    Kontak dengan makanan dan saraf enterikPengaruh susunan saraf otonomPengaruh hormonal

 

  • MEKANISME SEKRESI BAHAN ORGANIK
    Prekursor berdifusi/transport aktif dari kapiler ke basal sel kelenjar Sintesa bahan organik terjadi di RE dan ditransport ke Golgi kompleks, di Golgi mengalami modifikasi dan disimpan pada vesikel sekretoris Perangsangan saraf/hormon menyebabkan pelepasan sekret melalui membran sel (eksositosis)
Gurusekolah.co.id-Demikian Ulasan lengkap tentang pengertian Ekskresi, Sekresi dan Defekasi, semoga bisa menjadi referensi bagi anda semua dan juga dapat bermanfaat. Terimakasih.
Artikel Lainnya :
Related posts: