E-Bisnis : Model – Model E-Bisnis Dan 7 Strategi Taktis Secara Lengkap

Posted on
GuruSekolah.co.id-Pada pembahasan kali ini, kita akan menjelaskan e-bisnis : model – model e-bisnis dan 7 Strategi  Lengkap secara singkat dan jelas.
Mari sama-sama kita bahas penjelasannya berikut ;
E-Bisnis

Pengertian E-Bisnis

Pengertian Dan 7 Strategi Taktis E-Bisnis Secara Lengkap – Pengertian E-Bisnis Atau Juga Disebut Electronic Bisnis Adalah Kegiatan Bisnis Yang Dilakukan Secara Otomatis Serta Semiotomatis Yang Dilakukan Dengan Menggunakan Cara Teknologi Elektronik.

E-Business Memungkinkan Suatu Perusahaan Untuk Bisa Berhubungan Dengan Sistem Pemrosesan Data Internal Ataupun Eksternal Secara Lebih Efisien Juga Fleksibel.

E-Business Banyak Juga Dipakai Untuk Berhubungan Dengan Suplier Serta Mitra Bisnis Suatu Perusahaan, Serta Dapat Memenuhi Permintaan Maupun Melayani Kepuasan Pelanggan Secara Lebih Baik.

Model – Model E-Bisnis :

  1. Consumer To Consumer (C2C)
  2. B2B (Business To Business)
  3. B2C (Business To Consumers)
  • Pengertian C2C :

Adalah Suatu Sistem Komunikasi Serta Transaksi Bisnis Antar Konsumen Untuk Bisa Memenuhi Kebutuhan Tertentu Pada Saat Tertentu.

Karakteristik C2C :
Pada Lingkup Antara Konsumen Ke Konsumen Bersifat Khusus Karena Transaksi Yang Dilakukan Hanya Antar Konsumen Saja.

Internet Dibuat Sebagai Sarana Tukar Menukar Informasi Seputar Produk, Harga, Kualitas Serta Pelayanannya.
Konsumen Juga Bisa Membuat Suatu Komunitas Pengguna Atau Penggemar Suatu Produk.

Sehingga Jika Terdapat Ketidak Puasan Dari Suatu Produk, Maka Akan Langsung Tersebar Dengan Luas Dan Cepat Melalui Komunitas Tersebut.

  • Pengertian B2B :

Adalah Suatu Sistem Komunikasi Antara Bisnis Antar Pelaku Bisnis Atau Juga Transaksi Secara Elektronik Antar Perusahaan Yang Dilakukan Secara Rutin Serta Dalam Kapasitas Produk Yang Besar

Karakteristik B2B :
Pertukaran Informasi Yang Dapat Dilakukan Antara Pembisnis Itu Adalah Sebab Atas Dasar Kebutuhan Serta Kepercayaan.

Pertukaran Informasi Yang Dilakukan Dengan Menggunakan Format Yang Sudah Disepakati Serta Service Sistem Yang Digunakan Antara Kedua Pembisnis Juga Memakai Standard Yang Sama.

Sarana Yang Dipakai Adalah Electronic Data Interchange (EDI)
Model Yang Umum Biasanya Digunakan Adalah Peer-To-Peer, Dengan Menggunakan Model Ini Antar Pelaku Bisnis Menjadi Lebih Mudah Untuk Dapat Mendistribusikan Informasi Yang Dimilikinya

  • Pengertian B2C :

Adalah  Sistem Komunikasi Bisnis Antara Pelaku Bisnis Dengan Konsumen Untuk Bisa Memenuhi Kebutuhan Tertentu Pada Saat Tertentu

Karakteristik B2C :
Informasi Disebarkan Adalah Secara Umum. Pelayanan Yang Diberikan Adalah Yang Bersifat Umum Sehingga Banyak Dipakai Oleh Banyak Orang.
Pelayanan Yang Diberikan Adalah Berdasarkan Permintaan Atau Keinginan Konsumen.

Jika Seorang Konsumen Melakukan Permintaan, Maka Pelaku Usaha Harus  Bisa Cepat Serta Siap Merespon Permintaan Konsumen Tersebut.

Pendekatan Yang Dilakukan Ini Adalah Client Server, Dimana Seorang Konsumen Berada Pada Di Sisi Client, Dengan Memakai Web Browser Untuk Bisa Mengaksesnya, Serta Juga Pelaku Usaha Berada Pada Sisi Server

7 Strategi Taktis E-Business

7 Strategi Taktis Untuk Dapat Sukses Dalam E-Business Adalah Sebagai Berikut :

  1. Fokus.
    Produk-Produk Yang Dijual Di Internet Mesti Menjadi Bagian Yang Terfokus Dari Masing-Masing Manajer Produk.
  2. Banner Berupa Teks,
    Dikarenakan Respons Yang Diperoleh Dari Banner Berupa Teks Jauh Lebih Tinggi Dibandingkan Banner Berupa Gambar.
  3. Ciptakan 2 Level Afiliasi.
    Memiliki Distributor Penjualan Utama Serta Agen Penjualan Kedua Yang Dapat Membantu Penjualan Produk Atau Bisnis.
  4. Manfaatkan Kekuatan E-Mail.
    E-Mail Adalah Aktivitas Pertama Yang Paling Banyak Dipakai Di Internet, Maka Pemasaran Juga Bisa Dipakai Melalui E-Mail Atas Dasar Persetujuan.
  5. Menulis Artikel.
    Kebanyakan Penjualan Adalah Hasil Dari Proses Edukasi Ataupun Sosialisasi, Sehingga Produk Bisa Dipasarkan Melalui Tulisan-Tulisan Yang Informatif.
  6. Lakukan E-Marketing.
    Sediakan Sebagian Waktu Untuk Melakukan Pemasaran Secara Online.
  7. Komunikasi Instan.
    Terus Mengikuti Perkembangan Dari Seorang Calon Pembeli Maupun Pelanggan Tetap Untuk Bisa Menjaga Kepercayaan Dengan Cara Melakukan Komunikasi Langsung.

Demikian penjelasan tentang E-Bisnis : Model – Model E-Bisnis Dan 7 Strategi Taktis Secara Lengkap

yang Gurusekolah.co.id dapat sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.

Terimakasih.

Artikel Lainnya :

Perjanjian Linggar jati : Perundingan, Sejarah Perjanjian Dan Tokohnya

Rumus deret aritmatika-Pengertian dan Rumus Serta Contoh Soalnya

Infrastruktur Politik : Jenis-Jenis, Dan Masalahnya di Indonesia