Desentralisasi-Pengertian,Sentralisasi, Serta Dekonsentrasi Lengkap

Posted on

Gurusekolah.co.id-Pada kesempatan kali ini kita akan membahas  tentang Pengertian – Desentralisasi, Sentralisasi, Serta Dekonsentrasi Secara Lengkap

Desentralisasi, Sentralisasi & Dekonsentrasi

A. Desentralisasi

Pengertian Desentralisasi

Pengertian Desentralisasi ialah penyerahan wewenang pemerintahan dari pusat kepada pemerintah daerah otonom untuk dapat mengatur dan juga mengurus segala urusan pemerintah dalam NKRI.

Menurut UU No.5 Tahun 1974, Penyerahan wewenang ini mempunyai tujuan agar mencapai pemerintahan yang efisien, kemudian selanjutnya menghasilkan otonomi (kebebasan masyarakat dalam daerah tersebut untuk mengatur dan mengurus kepentingannya sendiri).

Desentralisasi

Tujuan Sistem Desentralisasi

Adapun tujuan desentralisasi yaitu:

  • Untuk mencegah pemusatan keuangan
  • Untuk usaha pendemokrasian pemerintah daerah untuk mengikutsertakan rakyat dalam bertanggung jawab dalam penyelenggaraan pemerintahan
  • Untuk menyusun program guna perbaikan sosial ekonomi di tingkat lokal

Contoh Sistem Desentralisasi

  • Dinas pendidikan mengatur pola pendidikan
  • Dinas perikanan mengatur potensi perikanan di daerah.
  • Pemilihan kepala daerah
  • Dan lain sebagainya

Dampak Positif dan Negatif Desentraliasi

Bidang Ekonomi

Dampak positif dari Desentraliasi dibidang ekonomi yakni pemerintah daerah bisa mengelola Sumber Daya Alam yang dimiliki dengan mudah, sehingga pendapatan daerah dan pendapatan masyarakat akan meningkat.

Dan dampak negatif desentralisasi di bidang ekonomi yaitu bisa mengakibatkan timbulknya KKN apabila ada pejabat daerah yang tidak benar.

Bidang Sosial Budaya

Dampak positif desentralisasi dibidang sosial budaya yaitu bisa memperkuat ikatan sosisal budaya daerah dan mengembangkan kebudayaan yang dimiliki daerah.

Sedangkan dampak positif desentralisi dibidang sosial budaya yaitu setiap daerah berlomba-lomba menonjolkan kebudayaannya. tetapi secara tidak langsung, dapat melunturkan rasa persatuan dan kesatuan.

Bidang Keamanan

Dampak positif desentralisasi di bidang keamanan yaitu upaya mempertahankan NKRI dengan kebijakan dapat meredam setiap daerah memisahkan diri dari NKRI.

Adapun dampak negatif desentralisasi pada bidang keamanan yakni dapat berpotensi konflik antar daerah, jika ada daerah yang kurang puas dengan sistem yang menyangkut NKRI.

Bidang Politik

Dampak possitif Desentralisasi dalam bidang politik yakni daerah lebih aktif mengelolah daerahnya karena sebagian besar keputusan dan kebijakan ada dan diputuskan di daerah.

Sedangkan dampak negatif desentralisasi dibidang politik yaitu adanya euforia berlebihan apabila kewenangan tersebut disalahgunakan untuk kepentingan golongan, kelompok tertentu, atau kepentingan pribadi.

B. Sentralisasi

Pengertian Sentralisasi

Sentralisasi adalah penyerahan kekuasaan dan wewenang pemerintahan sepenuhnya kepada pemerintah pusa (Presiden dan Kabinet). Wewenang tersebut berupa wewenang politik dan wewenang administrasi.

Wewenang politik yaitu wewewnang untuk membuat dan memutuskan kebijakan sedangkan wewenang administrasi yaitu wewenang untuk menjalankan kebijakan.

Sentralisasi

Kelemahan Sistem Sentralisasi

Kelemahan dari istem ini yaitu pengambilan keputusan dan kebijakan daerah berada di pemerintah pusat, pengambilan keputusan dan kebijakan tersebut membutuhkan waktu yang lama maka akan memberikan beban kerja yang semakin bertambah dan menumpuk.

Contoh Sistem Sentralisasi

  • Yang pertama, Lembaga Keamanan Negara yaitu TNI (Tentara Nasional Indonesia) yang melakukan perlindungan pada Indonesia di tiga titik yaitu darat, laut, dan udara.
  • Yang kedua, Bank Indonesia (BI) sebagai pusat pengaturan seluruh kebijakan moneter dan fiskal.

Dampak Positif dan Negatif Sentralisasi

Bidang Ekonomi

Dampak positif sentralisasi di bidang ekonomi yakni, perekonomian akan menjadi lebih terarah dan juga teratur sebab hanya pemerintah pusat yang mengatur sistem perekonomian.

Dan dampak negatifnya sentralisasi di bidang ekonomi yaitu daerah hanya dijadikan sapi perah dan tidak diberi kewenangan untuk mengatur kebijakan perekonomiannya sendiri, sehingga pemusatan keuangan terjadi di pemerintah pusat.

Bidang Sosial Budaya

Dampak positif sentralisasi dalam bidang sosial budaya yaitu, terjadi perbedaan kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia bisa dapat di persatukan.

Terdapat juga dampak negatif dari sentralisasi dalam bidang sosial budaya, ialah pemerintah pusat bisa mendominasi seluruh aktivitas negara, sehingga pemerintah daerah akan menjadi kehilangan eksistensi daerah sebagai tatanan pemerintah lokal dengan keunikan sosial budayanya.

Bidang Keamanan

Dampak positif sentralisasi yang ada di bidang keamanan yaitu keamanan akan menjadi lebih terjamin dan juga akan jarang terjadi konflik antar daerah yang dapat mengganggu stabilitas keamanan nasional di Indonesia.

Adapun dampak negatif sentralisasi yaitu di bidang keamanan adalah menonjolnya organisasi kemiliteran. Sehingga, organisasi militer memiliki hak yang lebih dibandingkan organisasi lain.

Bidang Politik

Dampak positif sentralisasi dibidang politik adalah pemerintah daerah tidak bingung mengambil keputusan dalam perbedaan, karena keputusan dan kebijakan berada di pemerintah pusat.

karenanya keputusan yang dihasilkan dapat terlaksana dengan maksimal karena pemerintah daerah hanya menerima.

C. Dekonsentrasi

Dekonsentrasi

Pengertian Dekonsentrasi

Dekosentrasi adalah pelimpahan wewenang pemerintahan dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah. Kewenangan itu hanya sebatas wewenang administrasi, sedangkan wewenang politik tetap berada di pemerintah pusat.

Dekonsentrasi adalah perpaduan dari sentralisasi dan desentralisasi. hukumnya dituangkan dalam UUD pemerintah Republik Indonesia No.39 Thn 2001 tentang pembagian wilayah dan wewenang yang harus dijalankan oleh badan-badan dari pemerintah tersebut.

Tujuan Sistem Dekosentrasi

Tujuan adanya dekonsentrasi ini yaitu:

  • Untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan
  • Pengelolaan pembangunan dan pelayanan terhadap kepentingan umum
  • Terjaganya komunikasi sosial kemasyarakatan dan sosial budaya dalam sistem administrasi negara
  • Adanya kerharmonisan dalam keselarasan pelaksanaan pembagunan nasional
  • Terjaganya keutuhan NKRI

Contoh Sistem Dekosentrasi

Berikut beberapa contoh dekonsentasi diantaranya:

  • Kantor pelayanan pajak
  • Penyelenggaraan dinas perhubungan
  • Dan lain sebagainya

Itulah penjelasan singkat dan jelas tentang  “Pengertian – Desentralisasi, Sentralisasi, Serta Dekonsentrasi Secara Lengkap” yang bisa gurusekolah.co.id sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima Kasih.

Artikel Lainnya :