Daur Air : Pengertian, Siklus Air, Tahapan, Proses, dan Gambarnya

Posted on

GuruSekolah.Co.id – Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang daur air pada pembahasan kali ini kita akan membahas secara singkat Pengertian, Siklus Air, Tahapan, Proses, dan Gambarnya.

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini :

daur air
Pengertian

Daur air adalah merupakan hasil dari siklus terus menerus yang tak pernah berhenti mulai dari daratan hingga menjadi awan sehingga turunlah hujan selama bumi masih ada. Proses daur air dari air kotor menjadi air bersih sangatlah dibutuhkan oleh manusia untuk kehidupan sehari-hari.

Manfaat dari daur air adalah untuk mengatur suhu yang ada dilingkungan sekitar, menciptakan keseimbangan bumi, mengatur cuaca dan juga bisa menciptakan terjadinya hujan.

Siklus Air

Jumlah air di dunia ini sangat banyak sekali, bahkan permukaan Bumi sendiri sebagian besar dioleh air. Tetapi meski jumlahnya banyak, penggunaan airnya juga sangat banyak. Kita bisa membayangkan sendiri berapa banyak air yang digunakan untuk setiap harinya. Tetapi pernahkah kita berfikir tentang cadangan air di dunia ini? Kenapa tidak habis padahal selalu digunakan setiap hari? terlebih pada waktu musim kemarau. Jawabannya adalah karena adanya siklus air. Siklus air adalah merupakan siklus perputaran air dari asalnya, kemudian hujan dan kembali lagi ke tanah atau dari asalnya. Hal inilah yang menyebabkan mengapa air selalu cukup untuk digunakan setiap harinya. Siklus air ini bisa kita temukan dalam kehidupan sehari- hari, khususnya dalam peristiwa proses terjadinya hujan.

Tahap-Tahapan

Tahapan daur air dimulai dari 7 tahapan proses daur air diantaranya evaporasi, transpirasi, sublimasi, kondensasi, pengendapan, limpasan dan infiltrasi.

Proses Terjadinya

Proses terjadinya daur air, dikarenakan :

  • Evaporasi
    Proses evaporasi merupakan proses awal dari daur air yaitu penguapan air yang terjadi adanya energi panas yang bersumber dari matahari. Air akan berubah menjadi uap air kemudian akan menuju lapisan atmosfer.
  • Transpirasi
    Proses transpirasi merupakan proses yang terjadi dari air yang diserap oleh akar tanaman dan disalurkan ke daun untuk proses fotosintesis kemudian hasil nya akan dikeluarkan dari tanaman melalui stomata.
  • Sublimasi
    Proses sublimasi merupakan perubahan uap air dari es di kutub utara yang mencair yang berperan dalam pembentukan air di udara.
  • Kondensasi
    Proses kondensasi merupakan perubahan uap air menjadi partikel es yang sangat kecil yang dihasilkan dari suhu udara yang sangat rendah yang ada di lapisan atmosfer.
  • Pengendapan
    Proses pengendapan adalah merupakan jatuh nya tetesan air dari awan yang mengandung uap air akibat suhu sangat rendah dikarenakan adanya perubahan suhu.
  • Limpasan
    Proses limpasan adalah merupakan perpindahan air yang mengalir di atas permukaan bumi pada lapisan hidrosfer melalui sungai sampai ke laut.
  • Infiltrasi
    Proses infiltrasi adalah merupakan proses air yang diserap dan merembes kebawah dalam tanah.

Melalui ke 7 proses daur air yang terjadi secara terus menerus, maka daur air akan tetap berlangsung. Jika tidak adanya daur air, maka keseimbangan ekosistem mahkluk hidup tidak akan tercapai dengan sempurna.

 

Daur air

 

Macam-Macam Daur Hidrologi

Daur air sering disebut juga daur hidrologi yang terbagi menjadi 3 macam, yaitu :

  • Daur Hidrologi Pendek

Proses ini terjadi di lautan yang mengalami kondensasi yang di akibatkan banyaknya air di awan yang akan jatuh sebagai hujan.

  • Daur Hidrologi Sedang

Proses ini terjadi di udara yang berasal dari air yang menguap ke atas berbentuk awan. Kemudian hujan akan turun dan meresap kedalam tanah melewati sungai menuju lautan.

  • Daur Hidrologi Panjang

Proses ini terjadi dari sumber air yang ada di bumi kemudian menguap dan berkumpul di awan. Awan akan bergerak terbawa oleh angin. Titit air jatuh menjadi hujan akibat awan yang terhalang pegunungan.

Ada beberapa kegiatan manusia yang sangat mempengaruhi siklus air :

  • Penebangan hutan
    Dengan banyaknya penebangan hutan, menyebabkan hutan menjadi gundul sehingga proses penyerapan air tidak dapat terjadi. Akan mengakibatkan terjadinya banjir dikarenakan tidak ada penghalang.
  • Pencemaran lingkungan
    Dengan adanya pencemaran lingkungan di laut, sangat mempengaruhi proses daur air. Karena akan menghambat penguapan air untuk membentuk awan, sehingga hujan semakin berkurang.
  • Polusi udara
    Dengan adanya gas beracun yang berasal dari bahan bakar kendaraan akan bercampur dengan uap air di atmosfer akan menjadi asam. Air hujan yang asam akan merusak tumbuhan, hewan serta manusia.

Itulah materi makalah lengkap tentang daur air Pengertian, Siklus Air, Tahapan, Proses, dan Gambarnya yang dapat GuruSekolah.co.id sampaikan. Semoga Bermanfaat…

Artikel Lainnya :

Sel Tumbuhan

Tujuan Budi Utomo

Peninggalan kerajaan demak