Contoh teks Pengumuman Umum Dan Resmi Lengkap

Posted on

GuruSekolah.Co.id – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Contoh teks Pengumuman yang meliputi  Pengertian, contoh pengumuman umum dan resmi lengkap

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini :

contoh teks pengumuman

Pada kehidupan sehari-hari kita tidak bisa terlepas dari istilah yang satu ini, yaitu pengumuman. Bahkan setiap hari kita dapat menemukannya di tempat-tempat umum, atau mungkin juga suatu saat nanti kita juga akan membuat sebuah pengumuman.

Pada pembahasan kali ini adalah untuk menjelaskan tentang pengertian pengumuman, menulis teks pengumuman serta contoh teks pengumuman yang baik dan benar.

Pengertian Pengumunan (announcement)

Pengumuman (announcementadalah merupakan proses, cara, untuk mengumumkan sebuah informasi. Hal yang paling penting dari menulis pengumuman adalah harus efektif dan komunikatif.

Bahasa efektif ialah bahasa yang digunakan haruslah tepat. Jadi jangan sampai bahasa pengumuman tidak jelas karena akan membuat pendengar (apabila pengumuman dibacakan) kebingungan.

Bahasa pengumuman pun harus komunikatif, artinya yaitu bahasa pengumuman mudah dipahami. Dalam menulis suatu teks pengumuman, harus menggunakan kalimat efektif. Kalimat efektif ialah kalimat yang penggunaan kata-katanya lebih singkat, padat, dan jelas.

Oleh sebab itu, penggunaan kata dan kalimat pada pengumuman hendaknya lebih singkat dan padat.
Dengan begitu, yang melihat dapat mengamati dan mencermati teks pengumuman sesuai dengan konteks.

contoh teks pengumuman
Dari siapa dan juga untuk siapa pengumuman tersebut dibuat haruslah sangat jelas. Dan informasi dalam pengumuman tersusun dengan rapih. Hal ini akan membuat mudah pembaca jika harus menyampaikan informasi kepada orang lain. Selanjutya, memajang pengumuman tersebut di mading “majalah dinding” sekolah atau kantor.

Pada saat penulisan pengumuman, kamu harus mengetahui kepada siapa pengumuman ditujukan. Dan hal yang tidak boleh dilupakan adalah identitas surat.

Sebuah pengumuman harus ditulis dengan mencantumkan hal penting seperti informasi, waktu kegiatan, dan tempat kegiatan. Perhatikan contoh pengumuman tentang hari sumpah pemuda dan juga hari kebangkitan nasional berikut ini:

Contoh teks pengumuman

Pengumuman tentang Hari Sumpah Pemuda

Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, kami akan mengadakan beberapa kegiatan. Berbagai acara yang akan diadakan adalah mencerminkan ketangguhan pemuda Indonesia dalam menghadapi tangtangan zaman. Mari Datang dan jadikanlah sejarah dengan mengunjungi Gedung Pemuda pada:

hari        : Senin
tanggal   : 28 Oktober 2007
waktu      : pukul 08.00 s.d. selesai
tempat     : Jl. Pemuda.

Untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mengingat pentingnya acara tersebut ajaklah generasi muda yang lain di sekolah kamu.

Hormat kami,
Panitia Peringatan Sumpah Pemuda


Pengumuman tentang hari Kebangkitan Nasional

Diberitahukan kepada seluruh siswa Kelas VII untuk hadir pada acara peringatan hari Kebangkitan nasional pada:

hari         : Senin
tanggal  : 20 Mei 2007
waktu     : pukul 8.00 WIB
tempat   : Lapangan Timur Sekolah

Mengingat pentingnya pada acara tersebut, para siswa-siswi diharapkan hadir tepat pada waktunya. Terimakasih atas perhatian teman-teman.

Dewan Sekolah
Sekolah Menengah Pertama Negeri I
Jl. Pattimura 113 Semarang
======================================

Kepala sekolah SMP Negeri I mengumumkan bahwa dalam rangka memperingati HUT ke-62 Kemerdekaan Republik Indonesia. Sekolah SMP Negeri I akan mengadakan gerak jalan, kegiatan ini akan diselenggarakan pada:

hari/tanggal     : Minggu, 19 Agustus 2007
pukul               : 07.00 sampai selesai
tempat             : SMP Negeri I Semarang

Mengingat sangat pentingnya  kegiatan tersebut, semua siswa diwajibkan untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Semarang, 6 Agustus 2007
Kepala Sekolah
Ttd.
Yahya Darmawan. S.Pd.

PENGUMUMAN

Telah hilang sebuah dompet berwarna hitam beserta kartu pelajar dan suratsurat penting atas nama Claudia Putri. Dompet hilang di sekitar halaman sekolah.

Barang siapa menemukan dompet tersebut, dimohon mengembalikan kepada pemiliknya, yaitu Claudia Putri kelas VII A atau dapat menyerahkan kepada petugas tata usaha.

Atas pethatiannya dan kerja samanya, saya ucapkan terima kasih.

8 Mei 2007
Ttd.
Ari Suryawan S.Pd.
bagian tata usaha
Karang Taruna Anggrek
Sekretariat : Jl Kebangkitan Nasional 201 Semarang
======================================

Dalam rangka peduli sesama, karang taruna Anggrek akan mengadakan penggalangan dana yang akan disumbangkan, kepada saudara-saudara kita korban bencana alam di beberapa wilayah tanah air. Sumbangan dapat berupa pakaian pantas pakai, sembako, dan uang.

Semua warga diharapkan secara sukarela terlibat dalam penggalangan dana tersebut. Sumbangan dapat diserahkan kepada:
1. Sdr. Andre Perkasa, telepon (024) 711400
2. Sdr. Candra Wijaya, telepon (024) 721870
3. Sdr. Wigar Wicaksana, telepon (024) 712871
4. Sdri. Yosefani, telepon (024) 722811
5. Sdri. Arkalita Widya, telepon (024) 723221
bantuan diserahkan paling lambat tanggal 7 Agustus 2007.

Atas bantuan dan partisipasinya yaitu seluruh warga kampung Menjangan, saya ucapkan terima kasih. Semoga amal baik kita mendapatkan pahala dari Tuhan Yang Maha Esa, Amin

Semarang, 1 Agustus 2007
Ketua penggalangan dana
Ttd.
Tito Pramudita
Itulah tadi pembahasan tentang Contoh teks Pengumuman meliputi pengumumuman secara umum dan resmi Lengkap semoga bermanfaat….
Artikel Lainnya :