Ciri dan Karakteristik Benua Asia lengkap dengan Penjelasannya

Posted on

Gurusekolah.co.id – Pada Kali ini Kita akan membahas materi makalah tentang Ciri dan Karakteristik Benua Asia lengkap dengan Penjelasan secara singkat dan jelas

Untuk Lebih Lanjut silahkan simak dibawah ini :

Karakteristik Benua Asia

 

Karakteristik benua Asia

Di antara beberapa benua di dunia, Asia adalah benua terbesar di belahan bumi utara. Benua Asia itu sendiri termasuk bagian tengah dan timur dari benua Eurasia.

Sedangkan bagian barat benua Eurasia umumnya dikenal sebagai benua Eropa. Jadi, jika Anda melihat dari wilayah regional Banua, Asia dan Eropa adalah satu, benua Eurasia. Dapat dikatakan bahwa agak sulit untuk mendefinisikan batas yang jelas antara benua Asia dan Eropa.

Wilayah, yang berbatasan dengan benua Asia dan benua Afrika, adalah Suez Isthmus. Dan Benua Asia dan Eropa berbatasan juga dengan Dardanelles, Bosphorus, Laut Marmara, Laut Hitam, Pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, Sungai Ural, Sungai Emba, Pegunungan Ural, dan Novaya Zemlya.

Di bagian utara benua Asia, meliputi Siberia dan bagian barat wilayah Asia Tengah, ada dataran rendah dalam bentuk stepa, tundra dan gurun.

peta benua asia

Ciri-Ciri Karakteristik benua Asia

Luas benua Asia: +/- 43 998 920 sq. Km

Total populasi: +/- 3,604,000,000 jiwa.

Astronomi benua Asia: 77º LU-11º LS dan 26º BT-169º BT.

Lokasi geografis benua Asia: Asia terletak di antara benua Eropa dan benua Australia dan antara Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Arktik.

Baca juga: Zaman Perunggu-Perkembangan Dan Kehidupan Manusia Di Asia

Posisi geologis benua Asia: Asia menyatu dengan benua Eropa, sering disebut Eurasia.

Batas wilayah Asia:

Utara: Samudra Arktik dan Laut Utara
Sisi timur: Samudra Pasifik dan Selat Bering
Sisi selatan: Samudra Hindia
Barat: Laut Mediterania, Laut Merah, Laut Hitam, Laut Kaspia, Sungai Ural, Ural.

Plato, yang tingginya 4570 m, terletak di Tibet, dan Cina adalah salah satu dataran tinggi paling luas. Zona ini dikelilingi oleh sejumlah gunung terbesar di dunia, pegunungan Himalaya, Karakoram, Kunlun, Tien Shan, dan Hindu Kush.

dataran Sungai Gangga dan Sungai Tigris-Eufrat adalah penghubung untuk wilayah Plato Semenanjung India dan Arab. Di dataran rendah Asia Timur, terutama di Cina, dibatasi oleh dataran tinggi di tengah puncak gunung

Gunung tertinggi di Asia dan dunia, tempat terendah di dunia

Puncak tertinggi di dunia adalah Gunung Everest (8.856 m) di Nepal. Laut Mati (Laut Mati) terletak 400 m atau lebih di bawah permukaan laut, dan tempat ini adalah yang terendah di dunia.

Sungai di Asia

Ada banyak sekali sungai di benua Asia, beberapa di antaranya adalah yang terpanjang, termasuk sungai Ob-Irtysh, Yenisei-Argan dan Lena di Siberia; Sungai Amur-Argun, Huang Ho, Chang (Yang Zi), Xi, Mekong, Tanvin dan Ai-Yarvada di Asia Timur dan Tenggara; dan sungai Gangga-Brahmaputra, Indus dan Tiger di Asia Selatan dan Barat Daya.

Ini adalah wilayah terluas aliran sungai di Asia, yang melintasi sungai Amu Darya, Syr Darya, Ili dan Tarim dan mengalir ke beberapa danau di gurun internal atau kering Laut Aral, Danau Baikal dan Danau Balkash, termasuk danau terbesar Di dalam dunia.

Mengenai iklim, benua Asia memiliki perbedaan iklim yang ekstrem. Beberapa dari mereka memiliki iklim panas, yang cukup panas, tetapi mereka yang memiliki iklim yang sangat dingin (wilayah Arktik). Selain itu, ada orang-orang yang memiliki hujan lebat karena pengaruh angin musim, tetapi di antara mereka yang memiliki iklim yang sangat kering, mereka yang berada di lembah Tarim.

Gurusekolah.co.id-Inilah beberapa penjelasan yang bisa saya sampaikan tentang karakteristik benua Asia dan karakteristik benua Asia, saya harap ini dapat bermanfaat dan memperluas pengetahuan kita tentang benua di dunia. Terima kasih

Artikel Lainnya :