Bentuk Kerja Sama Ekonomi Internasional Dan Contohnya

Posted on

Gurusekolah.co.id-Pada kesempatan kali ini kita akan membahas  tentang Bentuk Kerja Sama Ekonomi Internasional Dan Contohnya dengan singkat dan jelas

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini :

Kerja Sama Ekonomi Internasional

Pengertian

Kerja sama ekonomi internasional merupakan kerja sama yang terjadi antara negara satu dengan negara lainnya dalam bidang ekonomi. Kerja sama ini bertujuan untuk memberikan keuntungan dalam aspek ekonomi di masing-masing negara.

Berikut ini beberapa bentuk kerja sama ekonomi internasional

  • Kerja Sama Bilateral

Kerja sama bilateral merupakan bentuk kerja sama antara dua negara dalam bidang ekonomi. Kerja sama ini bisa berupa perjanjian penawaran produk dengan harga lebih rendah untuk mendapat pangsa pasar yang lebih besar. Negara juga bisa memberikan subsidi lebih untuk negara lain yang diajak kerja sama tersebut. Contoh kerja sama bilateral misalnya kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Jepang dalam industri manufaktur berupa new manufacturing industry development center(MIDEC).

  • Kerja Sama Ekonomi Regional

Kerja sama ekonomi regional merupakan bentuk kerja sama ekonomi yang dilakukan antar negara pada suatu wilayah atau kawasan tertentu. Contoh dari kerja sama ekonomi regional bisa dilihat dari terbentuknya APEC, AFTA, dan ASEAN. APEC misalnya, merupakan kerja sama ekonomi regional di kawasan Asia Pasifik. APEC beberapa kali menghasilkan kesepakatan yang berhubungan dengan ekonomi di negara Asia Pasifik, misalnya diturunkannya bea cukai di lingkungan Asia Pasifik.

Kerja Sama Ekonomi Internasional

  • Kerja Sama Ekonomi Multilateral

Kerja sama ekonomi multilateral merupakan bentuk kerja sama yang dilakukan beberapa negara yang tidak dibatasi wilayah atau kawasan tertentu dan bersifat internasional. Contoh kerja sama multilateral misalnya terbentuknya Bank Dunia, IMF, WTO, dan ECOSOC. IMF contohnya merupakan lembaga keuangan dunia yang berwenang menangani masalah keuangan para negara anggotanya. IMF bisa memberikan pinjaman dana bagi negara anggota yang mengalami masalah keuangan.

  • Kerja Sama Ekonomi Antar Regional

Kerja sama ekonomi antar regional merupakan kerja sama ekonomi yang dilakukan dua lembaga ekonomi regional atau lebih. Contoh kerja sama ini misalnya kerja sama yang dilakukan ASEAN dengan Uni Eropa.

  • Kerja Sama Ekonomi Berdasarakan Tujuan Dan Lapangan Usaha

Kerja sama yang satu ini merupakan kerja sama yang tidak terbatas pada wilayah namun pada tujuan dan lapangan usaha. Contoh kerja sama berdasarkan tujuan dan lapangan usaha yaitu OPEC. OPEC merupakan organisasi negara-negara pengekspor minyak bumi. Negara-negara tersebut bekerja sama dengan menegosiasikan masalah-masalah yang berkaitan dengan produksi dan perdagangan minyak bumi.

Itulah penjelasan singkat yang bisa gurusekolah.co.id sampaikan semoga makalah ini dapat bermanfaat. Terima Kasih

Artikel Lainnya :