Anies Baswedan Respons Jokowi ‘Cawe-cawe’ pada Pilpres 2024

Tanggapan Anies Baswedan, calon presiden dari Koalisi Perubahan terhadap pernyataan Presiden Jokowi yang dengan gamblang memberikan pernyataan terkait Pilpres 2024, telah mengemuka.

Beliau berkata bahwa “Penyelenggaraan pemilu sejak dari calon legislatif sampai calon presiden mengalami hal tidak adil maka dikhawatirkan ada potensi kecurangan. Semua itu muncul karena adanya pernyataan bahwa mereka tidak netral dan mereka merupakan anak muda” ujarnya ketika ditemui di Jakarta Selatan, Selasa (30/5/2023).

Menurut Anies Baswedan, hak untuk mencalonkan capres dan cawapres harus diberikan setara kepada setiap partai. Ia menegaskan bahwa setiap caleg berhak melakukan kampanye dengan kesempatan yang sama.

Hal yang sama berlaku untuk calon presiden, mereka juga memiliki hak yang sama. Penyelenggara pemilu diharapkan menjalankan tugasnya dengan cara yang adil, baik, dan netral. Anies berharap bahwa kekhawatiran yang beredar tidaklah benar, dan yang terjadi adalah proses yang sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi yang jujur dan adil.

Selanjutnya, Anies mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu dalam menyambut pesta demokrasi demi menjamin masa depan yang lebih baik bagi bangsa. Koalisi Perubahan tetap solid dan berfokus pada agenda utama untuk memerangi kemiskinan, mengurangi ketimpangan, mewujudkan keadilan, menjamin kesempatan yang merata, dan menciptakan lapangan kerja di seluruh wilayah.

Dalam paparannya, Anies dan Koalisi untuk Perubahan mengungkapkan sejumlah keprihatinan yang mereka alami. Salah satu keprihatinan tersebut adalah adanya hambatan dalam menjaga netralitas pemilu 2024 dan memaksimalkan potensinya.

“Ada yang mengatakan takut digagalkan, ada yang menyatakan takut terjadi kriminalisasi, ada yang mengkhawatirkan imparsialitas penyelenggara pemilu, ada kekhawatiran calon legislatif diperlakukan tidak adil, partai yang diperlakukan tidak adil, presiden caleg yang diperlakukan tidak adil,” kata mantan gubernur DKI Jakarta tersebut.

Namun, Anies berharap bahwa ungkapan keprihatinan tersebut tidak akan menjadi kenyataan setelah pernyataan Jokowi tentang pernyataan ketidak netralan Jokohi dan melakukan cawe-cawe. Anies sangat mengharapkan agar Pemilu 2024 berlangsung secara netral tanpa adanya praktik kecurangan.

Selain itu, Anies menegaskan bahwa pihaknya akan fokus pada tema-tema tersebut dalam menyambut pilkada. Bagi Anies, kontes lima tahunan ini harus menjadi wadah untuk beradu gagasan, rekam jejak, dan program-program yang diusung.

You May Also Like

About the Author: makka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *