16+ Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Posted on

Gurusekolah.co.id-Pada Kesempatan Kali ini Kita Akan membahas materi tentang 16+ Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli dan Secara Umum lengkap

Untuk lebih lanjutnya mari kita simak dibawah ini :

 

 

ekonomi menurut para ahli

Penjelasannya

Memahami ekonomi, menurut para ahli, ekonomi adalah bidang studi sains yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya material individu, masyarakat dan negara dalam rangka meningkatkan kesejahteraan kehidupan manusia. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang ekonomi, lihat bagian “Mendefinisikan Ekonomi Menurut Para Ahli” di bawah ini.

Memahami ekonomi

Secara umum, ekonomi adalah bidang penelitian ilmiah yang mengelola sumber daya material individu, publik, dan negara untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan manusia.

Untuk alasan ini, ekonomi adalah salah satu ilmu yang berkaitan dengan tindakan dan perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan mereka yang berkembang dengan mengorbankan sumber daya yang tersedia melalui kegiatan konsumsi, produksi dan distribusi.

Menurut Para Ahli

Untuk meningkatkan pemahaman kita tentang pemahaman ekonomi, pertimbangkan definisi ekonomi menurut beberapa para ahli meliputi:

1. Abraham Maslow

Menurut Abraham, ekonomi adalah bidang ilmiah yang dapat menyelesaikan masalah kehidupan manusia, menggunakan semua sumber daya ekonomi yang tersedia berdasarkan teori dan prinsip dalam sistem ekonomi, yang dianggap efektif dan efisien.

2. von Neumann dan Mogenshtern

Menurut von Neumann dan rekannya Mogenshtern, ekonomi adalah cabang ilmu yang disayangkan jika tidak dipertimbangkan secara ilmiah, karena semua karakter sibuk memahami berbagai jenis solusi agar dapat menahan semua masalah yang mendesak di era itu. .

Baca Juga Tentang : Motif Ekonomi : Pengertian, Macam-Macam, Beserta Contohnya Secara Lengkap

3. Jack Hirschleifer

Menurut Jack, ekonomi adalah studi tentang keputusan ketika memilih setiap tindakan yang dapat diambil, atau ekonomi belajar tentang segala sesuatu yang terjadi jika ada solusi berbeda untuk orang-orang yang berusaha saling mempengaruhi.

4. Aristoteles

Menurut Aristoteles, ekonomi adalah industri yang dapat digunakan dalam dua cara, yang dapat digunakan dan mungkin ditukar dengan barang sehingga ekonomi memiliki nilai tukar dan nilai pakai.

5. Robbins

Menurut Robbins, ekonomi adalah studi tentang perilaku manusia sebagai hubungan antara tujuannya dan ketersediaan sumber daya untuk mencapai tujuan tersebut.

6. Hermavan Kartajaya

Menurut Hermavan Kartajay, ekonomi adalah wadah di mana sektor industri melekat padanya.

7. Mill J. S

Menurut Mill J.S., ekonomi adalah ilmu praktis yang terkait dengan pengeluaran dan penagihan.

8. Amval

Menurut Amwala, ekonomi adalah cabang ilmu yang mempelajari bagaimana mengidentifikasi solusi efektif untuk mengelola semua sumber daya yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan individu atau masyarakat.

9. Sukherman Rosydy

Menurut Sukherman Rosidy, ekonomi adalah cabang ilmu pengetahuan yang berupaya memberikan penjelasan dan pengetahuan tentang semua fenomena dalam masyarakat yang muncul sebagai akibat dari tindakan manusia, dalam semua upaya mereka untuk segera memenuhi kebutuhan atau mencapai kemakmuran.

Baca Juga : Bentuk Kerja Sama Ekonomi Internasional Dan Contohnya

10. M. Manullang

Menurut M. Manulang, definisi ekonomi adalah studi yang membahas kegiatan masyarakat untuk mencapai semua kemakmuran, ketika kemakmuran adalah suatu kondisi di mana orang dapat memenuhi semua kebutuhannya, baik dalam bentuk barang dan jasa.

11. Kasus dan Adil

Menurut Case and Fair, ekonom adalah studi tentang bagaimana orang dan orang membuat pilihan untuk menggunakan semua sumber daya yang tersedia dari alam dan generasi sebelumnya.

12. Lipsy

Menurut Lipey, ekonomi adalah studi tentang penggunaan semua sumber daya yang langka untuk memenuhi semua kebutuhan manusia yang tidak pernah terbatas.

13. M. Akram Khan

Menurut M. Akram, ekonomi adalah ilmu yang tujuannya adalah untuk belajar tentang kesejahteraan manusia, yang dicapai dengan mengatur semua sumber daya yang tersedia di bumi untuk partisipasi dan kerja sama.

14. Adam Smith

Menurut Adam, ekonomi adalah studi tentang keadaan dan penyebab kekayaan negara.

15. Hursid Ahmad

Menurut Hursid Ahmad, ekonomi adalah upaya untuk mensistematisasikan dan memahami semua masalah ekonomi dan semua jenis perilaku manusia dengan masalah-masalah ini, berdasarkan pada prospek Islam.

16. Alfred Marshall

Menurut Alfred, ekonomi adalah ilmu yang mempelajari orang-orang yang hidup, bertindak, bergerak dan berpikir dalam kehidupan sehari-hari.

17. Paul Anthony Samuelson

Menurut Paul Anthony, ekonomi adalah metode yang digunakan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk menggunakan sumber daya terbatas untuk memperoleh berbagai jenis barang dan produk dan distribusinya untuk tujuan konsumsi oleh populasi secara keseluruhan.

Artikel Lainnya :